Berbagai penyebab bayi rewel dan cara mengatasinya.
Berbagai penyebab bayi rewel dan cara mengatasinya. (mamanatural.com)

Mempunyai buah hati tentu akan sering dan akrab dengan tangisan sang bayi. Tidak siang dan malam, bayi baru lahir hanya dapat berkomunikasi menggunakan tangisannya.

Ibu dan ayah harus mulai memahami kenapa bayi mengangis. Pada umumnya bayi menangis karena kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi.

Oleh sebab itu, mencari tahu seluruh kebutuhan bayi baru lahir sangatlah penting untuk menjaganya tetap tenang dan menangis dalam tahap normal.

Baca juga: Raisa Alami Baby Blues Pasca Melahirkan, Berikut Gejala & Cara Mengatasinya

Penuhi Kebutuhan Dasar Bayi agar Tidak Rewel dan Terus Menangis

Mengetahui kebutuhan bayi untuk mencegah rewel dan menangis
Mengetahui kebutuhan bayi untuk mencegah rewel dan menangis. (Today.com)
  1. Penuhi kebutuhan makan bayi. Berikan ASI secukupnya kepada sang bayi, catat kapan bayi membutuhkan ASI agar mudah dikenali dan diberi ASI oleh sang ibu ketika bayi lapar.
  2. Penuhi jam tidur bayi. Pada beberapa minggu setelah bayi lahair, ia akan membutuhkan banyak waktu tidur, total jam tidur sang bayi dalam sehari sekitar 16-18 jam. Catat kapan bayi mulai tidur dan bangun untuk membantu mengambil keputusan menidurkan bayi.
  3. Membutuhkan kebersihan dan kenyamanan. Bayi masih sangat sensitif terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan, termasuk kebersihan terhadap dirinya sendiri. Jika bayi rewel dan menangis, periksalah popok bayi, jika basa dan kotor segera ganti dengan yang baru. Salain itu, buat suasana lingkungan tenang dan sejuk untuk membuat nyaman sang bayi.
  4. Dampingi dan buat bayi menjadi aman. Ketika bayi membutuhkan hadirnya sang ibu maka tanda utamanya adalah bayi menangis. Maka gendonglah bayi dan buat dia menjadi aman. Berikan perhatian dan buat bayi senyaman mungkin selama dalam gendongan.
  5. Jaga kesehatan bayi. Ada kalanya bayi begitu rewel dan terus menangis padahal seluruh kebutuhannya telah dipenuhi. Periksalah tanda-tanda vital bayi mulai dari suhu tubuh hingga detak jantungnya. Jika disinyalir mengalami sakit, bawalah ke rumah sakit untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari dokter.

Cara Mengatasi Bayi Rewel

Setelah mengetahui dan memenuhi kebutuhan dasar bayi namun tetap tidak berhasil untuk menenangkan bayi, ada kalanya hal-hal berikut harus dilakukan untuk mengatasi bayi rewel di malam hari atau siang hari.

Berikut cara mengatasi bayi rewel berdasarkan kategorinya:

Cara Mengatasi Bayi Rewel Umur 1 Bulan

cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan
Cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan. (practicalparenting.com.au)

Usia bayi yang masih 1 bulan adalah hal yang wajar jika ia kerap menangis karena sang bayi masih beradaptasi dengan lingkungan barunya. Lingkungan yang baru inilah yang menyebabkan kenapa bayi menangis dan cenderung rewel.

Selama bayi umur 1 bulan rewel tanpa diikuti dengan keluhan kesehatan seperti batuk, demam, pilek, gangguan BAB/BAK dan muntah maka masih tergolong hal yang wajar.

Untuk mengatasi bayi terus menerus menangis dan rewel dalam usia 1 bulan, maka lakukanlah hal-hal berikut ini:

  • Tenangkan diri dan buatlah suasana hati sang ibu atau ayah tidak cemas. Erat kaitannya emosi sang ibu dengan bayi amatlah sangat dekat. Maka jika sang ibu tidak cemas saat merawat bayi maka banyi akan mudah untuk ditenangkan.
  • Gendong dan tenangkan bayi. Sembari menggendong bayi yang rewel, hiburlah ia dengan ucapan-ucapan yang menenangkan dan menghibur. Elus bagian kepala dan punggung bayi agar semakin tenang.
  • Berikan ASI. Memberikan ASI dengan cukup sesuai dengan kebutuhannya juga efektif membuat bayi berhenti menangis karena fokus menyusu. Harap tidak memberikan susu formula kepada bayi.
  • Berikan kenyamanan. Menciptakan lingkungan yang nyaman bebas dari berisik, panas atau dingin, kotor dan berdebu sangat wajib. Selain itu perhatikan pakaian sang bayi, berikan pakaian yang nyaman tidak terlalu ketat, bersih dan sejuk.

Baca juga: Jasa Perawat Bayi Live-in di Rumah Anda

Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Mengatasi bayi rewel di malam hari
Mengatasi bayi rewel di malam hari. (hackinglawpractice.com)

Jangan panik dan berpikir negatif jika bayi rewel dan menangis tiada henti di tengah malam. Bayi mengangis di malam hari adalah hal yang wajar karena sang bayi masih dalam proses penyesuaian lingkungan luar setelah sekian lama berada di dalam rahim.

Dokter anak Harvey Karp, MD di Amerika Serikat mengatakan jika kebanyakan bayi rewel di malam hari dikarenakan kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim.

Untuk mengatasi bayi rewel di malam hari ini, maka lakukanlah beberapa hal di bawah ini:

  • Gendong bayi. Buatlah bayi tenang dengan cara menggendongnya. Buatlah dia tenang dan nyaman.
  • Berikan perhatian kasih sayang. Mengusap kepala bayi dengan sentuhan yang lembut penuh perhatian akan membuat bayi merasan nyaman dan aman. Selain itu, menyentuh bagian tubuh bayi seperti kaki, perut dan punggung dapat dengan efektif menenangkan bayi menangis di tengah malam.
  • Dengarkan musik atau nyanyikan lagu. Mendengarkan musik instrumental yang lembut atau menyanyikan lagu bayi juga efektif untuk menentramkan perasaan sang bayi di malam hari.
  • Menenangkan bayi dengan ucapan. Suara sang ibu sangat ampuh untuk menenangkan tangisan sang bayi. Berbicara pelan dan lembut seperti “Tenang sayang, semua baik-baik saja,” dan sebagainya cukup efektif menenangkan sang bayi yang rewel di tengah malam.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Menggunakan Jasa Perawat dan Baby Sitter

Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi

mengatasi bayi rewel setelah imunisasi
Mengatasi bayi rewel setelah imunisasi. (Youngparents.com)

Kebutuhan akan kesehatan bayi di masa depan amatlah sangat penting. Melakukan imunisasi pada bayi sejak dini sangat dibutuhkan untuk menghindarkan berbagai penyakit, cacat dan kematian akibat virus.

Imunisasi bayi sangat efektif untuk mencegah penyakit menular dan berbahaya berikut ini: Tuberkolosis, Hepatitis B, Difteri, Pertusis, Tetanus, Polio, Campak, Pneumonia, Gondongan, Diare Rotavirus, Rubella dan Kanker Serviks.

Walau manfaat imunisasi sangat baik untuk bayi, namun ada kalanya mempunyai efek samping. Efek sampingnya dari imunisasi yang tidak berbahaya, yaitu bayi menjadi rewel dan mudah menangis.

Imunisasi adalah memasukkan virus yang telah dilumpuhkan ke dalam tubuh bayi, oleh sebab itu ketika bayi mendapatkan imunisasi maka akan terlihat bayi seperti terkena virus yang disuntikkan.

Hal ini sangat wajar dan tidak akan menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh virus yang telah disuntikkan ke butuh sang bayi justru tubuh bayi akan membangun sistem kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Untuk mengatasi bayi rewel setelah imunisasi, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Gendong bayi dan ciptakan suasana nyaman. Lagi-lagi menggendong dan membuat suasana menjadi nyaman untuk bayi sangat efektif mengatasi bayi rewel pasca imunisasi. Interaksi kedekatan sang ibu terhadap bayi mampu membuat bayi menjadi tenang.
  • Berikan ASI yang cukup. Walau ada efek bayi susah untuk menyusu, namun jika diberikan perhatian dan memberikan ASI sesuai waktu yang tepat maka bayi akan mau menyusu dengan tenang. Saat bayi mendapatkan ASI akan membantu meringankan rasa sakit yang dialami oleh bayi.
  • Berikan hiburan. Mengalihkan perhatian sang bayi dari efek imunisasi dengan memberikan hiburan dapat menenangkan bayi yang rewel.
  • Ajak berjalan-jalan dan Berikan Gula. Memberikan suasana yang berbeda di tempat yang kondusif akan membuat bayi tenang apa lagi ditambah dengan memberinya gula-gula. Berdasarkan John Harrington seorang dokter anak di Children’s Hospital of the King’s Daughters mengatakan “Banyak ahli neonatologi menggunakan gula untuk bertahan dari rasa sakit”, jelasnya seperti dikutip dari CNN.

Itulah berbagai cara efektif untuk mengatasi bayi menangis yang dapat dipraktikkan saat bayi rewel.

Jika Anda membutuhkan perawat bayi lulusan D3 Kebidanan yang sudah berpengalaman merawat puluhan bayi dan anak di seluruh kota di Indonesia dan siap bekerja live-in, Anda dapat menggunakan jasa home care perawat bayi dan anak Insan Medika. Garansi unlimited, biaya transparan dan pemesanan cepat ke seluruh Indonesia. Pesan sekarang dan dapatkan harga khusus pembaca artikel ini*.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here