Perbedaan perawat dengan caregiver
Perbedaan perawat dengan caregiver

Membedakan perawat dengan caregiver bisa dilihat dari pendidikan dan ruang lingkup pekerjaannya. Sama-sama bekerja di bidang merawat orang, namun kedua profesi tersebut amatlah berbeda.

Sering kali perawat kita temui di rumah sakit, karena memang perawat mempunyai keahlian dan pendidikan untuk bekerja dan merawat orang di rumah sakit.

Sedangkan caregiver sangat tidak mungkin bekerja di rumah sakit karena memang caregiver tidak mempunyai pengalaman dan pendidikan lebih lanjut seperti para perawat.

Walau begitu, perawat home care satu ini sangat umum ditemui di rumah-rumah pasien yang sedang membutuhkan pendampingan dan pengasuhan secara langsung dan intensif.

Baca juga: Jasa Perawat Lansia Profesional di Indonesia

Pengertian Perawat

Pengertian perawat
Pengertian perawat

Perawat atau lebih lengkap disebut dengan keperawatan adalah profesi yang membutuhkan bidang keilmuan dan pengalaman sesuai dengan yang diatur oleh pemerintah.

Mempunyai keilmuan dan pengalaman belum bisa menjadikan seorang lulusan sarjana keperawatan lantas dapat bekerja, mereka harus mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) terlebih dahulu sebelum akhirnya dapat bekerja sepenuhnya menjadi seorang perawat.

Pendidikan keperawatan di Indonesia dapat digolongkan dalam 4 kelompok, yaitu:

  1. Pendidikan vokasi yang dapat ditempuh dalam waktu 3 tahun untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep) dan jika ingin mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapat (S.ST) maka harus menambah 1 tahun lagi (D4).
  2. Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) dapat ditempuh dengan waktu 4 tahun dan jika ingin mendapatkan pendidikan profesi Ners (Ns.) maka harus menambah 1 tahun lagi.
  3. Pendidikan Master dan Spesialis. Berbagai universitas di Indonesia mempunyai program Master Keperawatan (M.Kep) untuk beberapa spesialisasi, mulai dari Spesialisasi Keperawatan Anak (Sp.Kep.A), Spesialisasi Keperawatan Jiwa (Sp.Kep.J.), Spesialisasi Keperawatan Maternitas (Sp.Kep.Mat.), spesialisasi Keperawatan Medikal Bedah (Sp.Kep.MB) dan Spesialisasi Keperawatan Komunitas (Sp.Kep.Kom.).
  4. Tingkat pendidikan keperawatan paling atas adalah Pendidikan Doktoral yang ditempuh untuk melakukan riset dan penelitian mengenai keperawatan.

Jenis Keperawatan

Terdapat dua jenis keperawatan yang dibedakan dari tugas dan tanggung jawab yang diterima oleh seorang perawat ketika bekerja, yaitu:

Keperawatan Medis

Seluruh perawat medis diwajibkan mempunyai STR yang aktif untuk kemudian dapat melakukan tindakan medis kepada pasien. Beberapa tindakan medis umumnya menggunakan alat-alat medis ICU seperti NGT dan sejenisnya.

Keperawatan Non Medis

Sedangkan keperawatan non medis tidak menggunakan berbagai alat medis ICU dikarenakan tindakan yang diberikan hanya berupa pendampingan dan pengasuhan. Ada pun perawatan yang dilakukan kepada orang sakit tanpa bantuan alat medis oleh caregiver, sedangkan untuk merawat lansia dapat dilakukan oleh caretaker dan untuk perawatan kepada anak berkebutuhan khusus dilakukan oleh governess.

Pengertian Caregiver

Pengertian caregiver
Pengertian caregiver

Caregiver adalah seseorang yang memiliki profesi mengasuh atau merawat orang tua (lansia) dan orang sakit dengan melayani kebutuhan fisik pasien mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Kebutuhan personal seperti hygiene, eliminasi, mobilitasasi dan kebutuhan medis, yaitu minum obat, terapi fisik dan kontrol/periksa ke dokter.

Profesi caregiver masih merupakan cabang dari ilmu keperawatan. Pembekalan keilmuan umumnya dilakukan oleh perusahaan home care seperti Insan Medika sebelum akhirnya para caregiver dapat bekerja untuk merawat lansia atau orang sakit.

Jenis Caregiver

Secara resmi pemerintah Indonesia belum menggolongkan jenis-jenis caregiver, sejauh ini caregiver digolongkan berdasarkan pengalaman kerja yang telah dilakukan.

Jenis-jenis caregiver mulai dari caregiver junior, medium dan senior. Pada umumnya caregiver diisi oleh lulusan SMK Kesehatan dengan melalui pelatihan dan pembekalan selama di asrama.

Ingin mendapatkan layanan home care perawat caregiver profesional dan berpengalaman di rumah live-in 24 jam? Home care Insan Medika menyediakan layanan perawat lansia, perawat orang sakit dan perawat anak dengan harga transparan, garansi unlimited dan pemesanan cepat. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here