Daftar pekerjaan untuk lulusan D3 dan S1 Keperawatan
Daftar pekerjaan untuk lulusan D3 dan S1 Keperawatan

Jumlah lulusan Keperawatan dari D3 dan S1 di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya.

Hal tersebut mengakibatkan sulitnya tenaga perawat terserap langsung di dunia kesehatan. Berdasarkan data dari Badan PPSDMK jumlah perawat banyak terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Sedangkan di luar Pulau Jawa masih kekurangan tenaga perawat. Berdasarkan data dari Kep. Bangka Belitung mempunyai rasio perawat dengan penduduk 1:1.813.

Standar kebutuhan tenaga kesehatan yang dibutuhkan oleh Puskesmas saat ini adalah 59.487 orang, sedangkan jumlah perawat yang ada telah mencapai 118.249, yang artinya Indonesia surplus perawat hingga 58.762 orang.

Jumlah Tenaga Kesehatan Indonesia Overproduksi dan Maldistribusi

Banyaknya sekolah kesehatan di Indonesia yang tidak diimbangi dengan kebutuhan standar nasional mengakibatkan banyaknya SDM tidak bisa diserap di dunia kerja.

Selain banyaknya sekolah kesehatan yang setiap tahunnya terus meluluskan perawat juga tidak dibarengi dengan pendayagunaan.

Meski pun jumlah tenaga perawat terbilang banyak namun di beberapa wilayah masih kekurangan tenaga perawat karena maldistribusi atau penyaluran yang tidak tepat sasaran.

Berdasarkan urian di atas yang mengakibatkan sulitnya bersaing untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan keperawatan, berikut adalah daftar pekerjaan untuk lulusan D3 dan S1 Keperawatan.

Daftar Pekerjaan untuk Lulusan D3 dan S1 Keperawatan

1. Tenaga Ahli Keperawatan

Menjadi seorang perawat tidak hanya membantu dokter tapi juga langsung berhadapan dengan pasien yang mempunyai beraneka ragam karakter.

Pekerjaan umum seorang suster mulai dari menyuntik, mengganti infus, memberikan obat, melakukan pencatatan riwayat penyakit pasien dan perkembangan kesehatan pasien hingga membantu kebersihan pasien.

Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Suryadi sebagai Anggota Perwakilan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) “Perawat seorang tenaga medis yang membantu orang agar tetap sehat. Karena setiap harinya mereka mau melayani pasien sakit dalam situasi apa pun” paparnya dikutip dari Okezone.com

2. Tenaga Pengelola Pelayanan Kesehatan

Bagi kamu yang berminat untuk bekerja di ruang lingkup Rumah sakit, Puskesma, Poliklinik, Departemen, Dinas Kesehatan Pusat atau Daerah sangat cocok mengambil karier sebagai Tenaga Pengelola Pelayanan Kesehatan.

Tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada penduduk di suatu daerah mulai dari desa hingga provinsi di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang tersedia.

3. Peneliti Keperawatan/Kesehatan

Ingin menjadi seorang peneliti atau pengajar di Lembaga Penelitian dan Pengembangan bidang Kesehatan, Institusi Pendidikan Negeri atau Swasta?

Namun tidak semua lulusan S1 Keperawatan bisa menjadi peneliti keperawatan, kamu harus mempunyai pengetahuan yang luas dan kuat sesuai dengan bidang yang akan diteliti.

Dalam bidang kesehatan (UU No. 23 1992) dinyatakan terdapat 4 ilmu bidang kesehatan, mulai dari kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat dan farmasi.

4. Tenaga Perawat di Tambang, Minyak dan Gas

Siapa yang tidak tergiur untuk bekerja di pertambangan, perminyakan hingga gas? Semua orang pasti ingin mendapatkan gaji yang besar dari bekerja di perusahaan tersebut.

Bagi kamu yang lulusan keperawatan baik D3 atau pun S1 mempunyai peluang besar untuk bergabung menjadi tenaga medis atau pun non medis di perusahaan tambang, minyak dan gas.

Gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan, bahkan berkali-kali lipat UMR di Jakarta, namun ya kamu harus mau ditempatkan di lokasi tambang.

5. Menjadi Perawat di Home Care

Walau gaji yang di tawarkan oleh perusahaan home care tidak sebesar perusahaan tambang, namun gajinya lebih menarik ketimbang di rumah sakit bagi kamu lulusan baru (fresh graduate) lho.

Saat ini banyak perusahaan home care di Indonesia yang dapat kamu jadikan batu loncatan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan langsung di lapangan.

Bagi kamu lulusan D3 atau S1 Keperawatan baik yang belum mempunyai STR atau pun sudah mempunyai STR dapat mendaftar di home care dengan cukup mudah berbeda dengan mendaftar di rumah sakit.

Ingin berkarier sebagai perawat profesional di home care? Bergabung saja dengan Insan Medika. Satu-satunya perusahaan home care terbaik di Indonesia dengan puluhan penghargaan dari dalam dan luar negeri.

6. Menjadi Perawat di Rumah Sakit

Seyogyanya lulusan D3 atau S1 Keperawatan adalah menjadi perawat di rumah sakit, namun banyak juga lulusan keperawatan yang kesulitan berkarier di rumah sakit.

Berbagai kendala mulai dari penuhnya bagian keperawatan hingga tidak sesuai dengan standar dan administrasi yang diperlukan.

Menjadi seorang perawat di Indonesia memang sangat dilematis mengingat seluruh perawat lulusan D3 atau S1 haruslah mempunyai STR agar bisa bekerja di rumah sakit.

Namun jika seluruh syarat dan mempunyai kompetensi sesuai standar yang berlaku di Indonesia, kamu bisa coba untuk melamar pekerjaan menjadi seorang perawat rumah sakit di kota-kota besar seperti Jakarta.

Banyaknya rumah sakit di kota-kota besar di Indonesia memungkinkan kamu untuk diterima sebagai perawat lho.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here