HomeLowongan Kerja PerawatIngin Kerja di Jerman Sebagai Perawat? Yuk Baca Ini Dulu

Ingin Kerja di Jerman Sebagai Perawat? Yuk Baca Ini Dulu

Banyaknya kebutuhan tenaga kerja di luar negeri khususnya bidang kesehatan, dewasa ini negara-negara maju seperti Jepang, Belanda, Jerman dan lainnya sedang membutuhkan tenaga perawat.

Hal itu terlihat dari banyaknya kerja sama yang dilakukan antara pemerintah Indonesia dengan negara-negara tersebut guna pemenuhan tenaga perawat di negara-negara maju.

Belum lama, Jepang telah melakukan kerja sama G to G dengan Indonesia dalam bidang kesehatan khususnya caregiver. Selain negri Sakura, negara di Eropa seperti Belanda dan Jerman juga membutuhkan tenaga kerja perawat dari Indonesia.

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) tengah melakukan kerja sama G to G Triple Win dengan Jerman untuk rekrutmen dan pengembangan perawat asal Indonesia.

Berdasarkan rencana, pelaksaan rekrutmen perawat Indonesia bekerja di Jerman akan dilakukan pada tahun 2020.

Persiapan tengah dilakukan oleh kedua negara untuk memberikan pembekalan berupa pelatihan Bahasa Jerman dan penyesuaian kurikulum.

Baca juga: Erick Thohir Ingin Perbanyak Tenaga Kerja Perawat Indonesia di Jepang

Persyaratan pendaftaran

  • Mampu dan bisa berbahasa Jerman dengan baik.
  • Mampu dan bisa berbahasa Inggris sebagai faktor pendukung.
  • Memiliki berbagai dokumen pribadi yang dibutuhkan.

Gaji dan fasilitas

Gaji yang ditawarkan dari pemerintah Jerman kepada para pekerja asing di bidang kesehatan khususnya keperawatan bisa mencapai $8,19, ditambah dengan berbagai tunjungan seperti asuransi kesehatan, asuransi masa tua, bonus tahunan, tiket kedatangan dari Indonesia ke Jerman (PP) serta akomodasi.

Prosedur sebelum bekerja di Jerman

Seluruh tenaga kerja yang berminat untuk bekerja di Jerman dapat melakukan pengajuan permohonan visa perwakilan luar negeri Jerman di Indonesia.

Mengenai informasi persyaratan administrasi berupa dokumen dan sebagainya dapat menghubungi Konsulat Jenderal atau Kedutaan Besar Jerman melalui situs www.diplo.de.

Informasi tambahan yang harus Anda ketahui

  1. Pengajuan permohonan izin tinggal apa bila Anda sudah berada di Jerman dengan mengunjungi kantor imigrasi yang berwenang sebelum masa berlaku visa berakhir.
  2. Pengajuan visa khusus. Apa bila Anda mempunyai ijazah perguruan tinggi di Jerman atau ijazah yang diakui resmi dan setara dengan ijazah Jerman maka dapat mengajukan permohonan visa khusus yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan selama setengah tahun di Jerman.
  3. Mengurus izin tempat tinggal di Jerman. Pengurusan izin tempat tinggal ini bertujuan untuk mengizinkan Anda mencari nafkah selama di Jerman.
  4. Memperoleh EU Blue Card. Apa bila Anda mempunyai kualifikasi tinggi atau sedang melakukan penelitian dan sedang menjadi wisatawan dengan bekal ijazah dari Jerman atau ijazah yang setara dengan ijazah Jerman maka Anda berhak mendapatkan EU Blue Card.
  5. Negara Jerman tidak menganut sistem kerja expat.

Jam Kerja di jerman

Banyak perusahaan di Jerman yang membatasi jam kerja karyawan hanya 7-8 jam sehari dan diharuskan melakukan istirahat setiap 4 jam sekali.

Pada dasarnya waktu kerja di Jerman sama seperti waktu kerja di negara lain yaitu 40 jam seminggu dengan libur di hari Sabtu dan Minggu.

Peraturan terbaru, setiap pekerja di Jerman wajib melakukan istirahat 30 menit setelah bekerja selama 6 jam dan dalam sehari dibatasi tidak boleh bekerja lebih dari 10 jam.

Kontrak kerja di jerman

Pada umumnya kontrak kerja yang berlaku di Jerman dimulai dengan 6 bulan masa percobaan dan setelah itu baru dilakukan kontrak hingga seumur hidup.

Pemerintah Jerman sangat melindungi karyawan dan pegawai sehingga tidak ada istilah “hire and fire” sehingga kebanyakan orang Jerman hanya bekerja di satu perusahaan hingga pensiun.

Orang Jerman dapat pensiun ketika telah memasuki usia 67 tahun bagi laki-laki dan lebih cepat bagi perempuan.

Hari libur dan asuransi di Jerman

Pemerintah Jerman membuat aturan yang sangat menguntungkan bagi karyawan untuk dapat melakukan cuti atau libur sebanyak 20-30 hari dalam setahun.

Selain itu, setiap pegawai diwajibkan untuk mengambil libur setidaknya 20 hari dalam setahun dan dalam 10 hari libur dapat diambil dalam satu waktu.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga karyawan di Jerman tidak mengalami “burn out” atau stres. Selain itu, perusahaan di Jerman juga wajib memberikan asuransi kesehatan bagi pegawainya.

Dengan mendapatkan asuransi kesehatan maka ketika ada pegawai yang sakit maka seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh asuransi yang telah dipotong dari pajak bulanan gaji pegawai.

Jenis visa di Jerman

Terdapat dua jenis visa Jerman, yaitu Visa Schengen dan Visa Nasional. Kedua visa tersebut mempunyai dua perbedaan baik dari masa berlaku, penggunaan, proses pembuatan hingga pengisian data pada visa.

Visa Schengen

  • Hanya digunakan untuk kunjungan dan berlaku selama 90 hari dalam kurun waktu setengah tahun.
  • Berlaku untuk semua negara Schengen seperti Jerman, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Yunani, Islandia, Italia, Latvia, Lituania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia dan seterusnya.
  • Proses pembuatan visa Schengen memakan waktu tiga hari kerja.
  • Pengisian formulir permohonan visa Schengen dapat diisi menggunakan Bahasa Indonesia atau Jerman.

Visa Nasional

Visa nasional digunakan untuk masa tinggal dalam jangka panjang dengan tujuan perjalanan tertentu. Biasanya visa nasional diberikan untuk masa tinggal selama 90 hari dan ada pula yang bisa sampai satu tahun.

Visa nasional dapat diperoleh untuk beberapa tujuan seperti:

  • Berkumpul dengan keluarga
  • Au-pair dan Kerja sosial
  • Kuliah, praktik dan penelitian
  • Bekerja

Banner Lowongan Kerja Perawat Home care

Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan menjadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Daftar Sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care