lowongan kerja perawat di jepang dan belanda
Lowongan kerja perawat di jepang dan belanda

Lowongan pekerjaan untuk lulusan sekolah keperawatan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, mengingat pemerintah telah dan akan bekerja sama dengan beberapa negara di Asia atau pun Eropa. Salah satu negara di Asia yang meminati tenaga perawat Indonesia adalah negara Jepang.

Lowongan Kerja Perawat di Jepang

Lowongan kerja perawat Indonesia di Jepang 2019
Lowongan kerja perawat Indonesia di Jepang 2019. Credit: japantimes.co.jp

Negara Sakura belakangan telah melakukan kerjasama antar pemerintah dengan Indonesia alias G to G (Government to Government) sehingga kerja sama ini langsung ditangani oleh masing-masing pemerintah antar negara, hal ini tidak lagi melibatkan pihak swasta.

Terakhir pemerintah melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI atau BNP2TKI pada tahun 2018 telah memberangkatkan 328 perawat ke Jepang. Ada pun tenaga perawat ini terbagi menjadi dua bidang perawat, yaitu tenaga medis dan perawat lansia.

Gaji Perawat di Jepang

Salah satu tenaga perawat panti lansia di Yokohama Jepang, Rian Setiawan mengatakan gaji perawat di Jepang berkisar 175 ribu yen. “Kalau gaji di tempat saya bekerja sekitar 175 ribu Yen atau sekitar 21 juta.” Hal tersebut diungkapkan Rian kepada Tempo pada 4 Juni 2018.

Baca juga: Daftar Pekerjaan untuk Lulusan D3 Kebidanan

Kontrak Kerja di Jepang

Mengingat kerja sama ini antar pemerintah G to G sehingga seluruh persiapan dan keberangkatan ditanggung oleh pemerintah. Ada pun pembekalan tenaga perawat ke Jepang berupa kursus Bahasa Jepang selama 6 bulan.

Selain itu, biaya pemberangkatan perawat dari Indonesia akan dibiayai langsung oleh pemerintah Jepang.

Untuk sistem kontrak kerja perawat di Jepang akan berkisar antara 3 (tiga) tahun sampai 4 (empat) tahun setelah melewati proses seleksi yang memakan waktu kurang lebih satu tahun.

Lowongan Kerja Perawat di Belanda

Lowongan kerja perawat Indonesia di Belanda 2019
Lowongan kerja perawat Indonesia di Belanda 2019. Credit: nursing-midwifery.tcd.ie

Selain negara Jepang dari benua Asia, negara Kincir Angin dari Eropa yaitu Belanda juga akan melakukan kerjasama dengan Indonesia untuk menyediakan tenaga perawat lansia. Tidak tanggung-tanggu, tenaga perawat yang dibutuhkan mencapai ribuan.

Hal tersebut diungkapkan oleh M. Hanif Dhakiri sebagai Menteri Ketenagakerjaan Indonesia “Ini tentu menjadi peluang kerja baru bagi pekerja Indonesia untuk menjadi perawat di Belanda.” tulis beliau pada Rabu (13/12/2019).

Baca juga: 6 Daftar Pekerjaan untuk Lulusan SMK Kesehatan

Sebelum ribuan perawat Indonesia diberangkatkan ke Belanda, akan mendapatkan pembekalan berupa pelatihan teknis dan Bahasa Asing di Semarang selama 6 bulan.

Hanif menambahkan bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan pelatihan untuk kompetensi yang relevan melalui balai pelatihan kerja yang dinaungi oleh Ketenagakerjaan (Kemnaker).

“Kami akan menyiapkan sumber daya mansuia Indonesia untuk menjadi perawat di sana (Belanda) melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja yang kami miliki …” tutup Hanif.

Fasilitas Bagi Calon Perawat

Selain memberikan pelatihan kepada calon tenaga perawat, pemerintah Indonesia juga akan menanggung seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh calon perawat di Belanda kelak. Hal ini melingkupi berbagai dokumen, mulai dari paspor, visa, izin tinggal dan izin kerja.

Dikutip dari situs resmi BNP2TK, Tak ketinggalan biaya akomodasi, transportasi, konsumsi dan pelatihan akan ditanggung oleh pihak Laborflex yang bekerja sama dengan pemerintah.

Gaji Perawat di Belanda

Pekerja di Belanda umumnya mendapatkan upah paling sedikit sekitar Rp 25-30 juta per bulan. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Indonesia Diaspora Network, Ebed Litay. Ia mengatakan “Gaji perawat di Belanda saya tidak tahu pasti tapi minimum gaji di Belanda itu 1.500 Euro atau setara Rp 25-30 juta rupiah. Kalau perawat pasti lebih tinggi.”

Untuk melihat persyaratan dan pengumuman lebih lanjut mengenai lowongan kerja perawat ke luar negeri, Anda bisa menghubungi BNP2TKI atau Kemaker.

Selain itu Anda bisa berlangganan artikel dan berita terkini mengenai kesehatan dan lowongan kerja perawat secara gratis seumur hidup. Daftarkan email kamu di bawah ini.

Baca juga:

8 COMMENTS

    • Untuk pendaftaran perawat ke Jepang atau Belanda bisa langsung menghubungi BNP2TKI setempat.
      Untuk mendaftar menjadi perawat medis dan non medis, Anda bisa mengunjungi website http://www.insanmedika.co.id.

      Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai berita seputar lowongan kerja perawat, kesehatan dan artikel lainnya, Anda bisa berlangganan secara gratis dengan mendaftarkan email Anda di blog Insan Medika.

    • Saat ini pemerintah sedang menyiapkan semuanya, mulai dari perancangan, pembekalan hingga nantinya siap memberangkatkan para perawat Indonesia ke Belanda.
      Ibu Puput bisa menghubungi BNP2TK atau Kemnaker untuk lebih lengkapnya. Ikuti terus berita terkini mengenai lowongan pekerjaan perawat, kesehatan dan artikel lainnya secara gratis dengan mendaftarkan email ibu Puput di Insan Medika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here