Daftar Pekerjaan D3 Kebidanan-min
Daftar Pekerjaan D3 Kebidanan

Bidan adalah profesi yang sangat penting mengingat keselamatan ibu dan bayi ada di tangan para bidan. Semakin banyak bidan yang berkompeten dan terserap di dunia kerja maka semakin sedikit pula angka kematian ibu dan bayi saat proses melahirkan.

Namun dewasa ini cukup susah untuk menerapkan disiplin ilmu yang telah ditempuh oleh para bidan ke dunia kerja mengingat membludaknya lulusan D3 Kebidanan.

Indonesia surplus Perawat dan Bidan?

Seperti yang disampaikan oleh Elia Rosalina sebagai Deputi Kerja Sama Luar Negeri dan Promosi, BNP2TKI bahwa Indonesia saat ini surplus tenaga perawat dan bidan, dilansir dari Beritasatu.com

Di lain tempat Dede Yusuf Macan Efendi dari Ketua Komisi XI DPR RI mengatakan jika persebaran bidan 60% ada di pulau Jawa namun di luar pulau Jawa defisit bidan.

“Jika kami lihat penyebaran distribusi dari 357 ribu bidan tersebut, 60 persennya itu berada di Pulau Jawa. Jadi kita mengatakan pulau Jawa ini surplus bidan atau pun perawat tapi daerah lain belum surplus,” papar Dede dikutip dari TribunJabar.com

Berdasarkan jumlah rasio ideal yang disaranakn oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) seorang bidan melayani 1.000 penduduk atau 1:1000.

Walau pun begitu, bagi kamu yang telah mengambil kuliah jurusan D3 Kebidanan atau malah saat ini sudah lulus dan menyandang gelar A.Md, kamu tetap dapat bekerja di bidang serupa lho.

Apa saja pekerjaan yang cocok untuk lulusan D3 Kebidanan tahun 2019 ini? Berikut adalah daftar pekerjaan untuk lulusan D3 Kebidanan.

1. Peneliti, Dinsos dan PNS

Banyak orang yang sudah tahu jika lulusan Kebidanan bisa menjadi PNS, namun tahu kah kamu jika lulusan D3 Kebidanan juga bisa menjadi peneliti dan bekerja di Dinas Sosisal (Dinsos)?

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Widayatni selaku Pembantu Direktur II Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri, “Sudah 16 angkatan lulusan Akbid Giri Satria Husada bekerja di berbagai tempat dan posisi, baik di Wonogiri dan Surakarta bahkan di luar Pulau Jawa.” kata dia dilansir dari Joglosemarnews.com

Ia pun menambahkan jika beberapa lulusan Akademi Kebidanannya telah direkrut oleh Dinsos (Dinas Sosial) dan ada juga yang menjadi tenaga peneliti demografi kesehatan yang dilakukan UGM dan BPJS.

2. Klinik dan Balai Pengobatan

Saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan dari perusahaan swasta, klinik atau balai pengobatan. Beberapa situs lowongan kerja masih terus menayangkan iklan lowongan pekerjaan untuk D3 Kebidanan.

Rumah Sakit

Banyaknya rumah sakit yang di bangun pemerintah atau pun swasta saat ini menjadi peluang seorang lulusan D3 Kebidanan untuk bekerja di sana.

Selain itu banyak juga rumah sakit khusus ibu dan anak di beberapa kota besar di Indonesia semakin membuka pintu untuk berkarier semakin lebar.

3. Menjadi Governess

Banyaknya perusahaan home care saat ini dapat menjadi bantu loncatan buat kalian lulusan D3 Kebidanan. Menjadi governess bukanlah sama dengan menjadi baby sitter.

Jauh lebih bertanggung jawab dan krusial karena urusan didik mendidik dan merawat seorang bayi atau anak ada di tangan seorang governess.

Kamu akan mendapatkan gaji, tunjangan, fasilitas dan konsumsi yang tidak akan ditemukan di tempat lain bahkan sekelas rumah sakit atau klinik.

Hebatnya, jika kamu menjadi governess di Insan Medika maka akan mendapatkan pelatihan dan pembekalan lebih mendalam sebelum bekerja.

Baca juga: Lulusan Perawat & Bidan Kerja di Home Care? Why Not?

4. Membuka Klinik

Sudah cukup pengalaman dan keilmuan dalam menjalankan klinik secara mandiri? Kamu bisa mendirikan klinik sendiri dengan syarat telah mendapatkan sertifikasi profesi seorang bidan.

Selain itu juga harus mempunyai izin praktik yang berlaku dan syah dari pemerintah.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here