Cara Mencegah Stroke

Stroke adalah kondisi yang menyebabkan fungsi jaringan otak terganggu akibat kurangnya pasokan darah dan oksigen. Kondisi ini mengakibatkan lumpuhnya sebagian fungsi organ tubuh hingga mengancam jiwa.

Walau diketahui faktor keturunan mempunyai andil cukup besar terhadap stroke, namun ada banyak faktor lain yang menyebabkan orang dapat terkena stroke terlepas dari faktor genetik.

Dukutip dari lama Health Harvard menyebutkan faktor tertinggi atau nomor 1 risiko stroke diakibatkan oleh rokok. Tidak ada cara lain untuk mencegah stroke kecuali berhenti merokok.

Enam Kiat Mencegah Stroke

Siapa pun dapat mengikuti kiat untuk mencegah atau menghindari risiko stroke sebelum terlambat.

Sebelumnya Anda bisa membaca 6 Tanda Gejala Stoke untuk mengetahui kesehatan Anda terhadap stroke.

1. Menurukan Tekanan Darah

Mempunyai tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan risiko terkena stroke hingga 2 hingga 4 kali lipat. Sebaiknya kendalikan tekanan darah Anda dengan rutin melalukan pemeriksaan tensi.

Menurut Dokter Rost dilansir dari Health Harvard mengatakan “Tekanan darah tinggi adalah penyebab terbesar terhadap risiko stroke pada pria atau wanita.”

Tekanan darah yang ideal adalah kurang dari 135/85 atau 140/90 bagi sebagian orang.

Cara Mempertahankan tekanan darah ideal:

  1. Kurangi konsumsi garam berlebih pada makanan. Batah aman asupan garam setiap harinya adalah 1.500 miligram atau setengah sendok teh.
  2. Hindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol seperti burger, otak sapi atau kambing, jeroan, daging sapi, kambing, bebek, telur puyuh, bebek, kuning telur, ati ayam, caviar atau telur ikan. Batas aman kolesterol dalam sehari adalah 200 sampai 300 miligram.
  3. Konsumi lebih banyak buah, sayur dan biji-bijian dalam setiap hari, untuk konsumsi ikan cukup satu atau dua porsi dalam seminggu, selain itu konsumsi juga susu rendah lemak.
  4. Aktivitas fisik (olahraga) dalam sehari minimal 30 menit atau lebih bagi yang mempunyai risiko stroke lebih tinggi.
  5. Jika perlu, minumlah obat untuk tekanan darah tinggi. Ekstrak kulit manggis sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda bisa mengetahui Daftar Makan Untuk Penderita Stroke untuk menjaga pola makan yang sehat.

2. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obisitas menyumbang risiko berbagai penyakit mematikan, tidak ketinggalan risiko stroke terbuka lebar.

Menjaga berat badan ideal adalah salah satu cara menekan berbagai risiko mematikan seperti stroke.

Mengukur berat badan ideal (BMI) bisa dengan melihat tabel di bawah ini:

Tabel Body Mass Index (BMI)
Tabel Body Mass Index (BMI). Credit: farm13.blogspot.com

Keterangan warna tabel BMI:

  • Warna Biru: Kurang berat badan
  • Warna Hijau: Berat Badan Ideal atau Sehat
  • Warna Kuning: Kelebihan Berat Badan
  • Warna Orange: Obesitas
  • Warna Merah: Obesitas Berlebih

Cara Mempertahankan atau Mendapatkan Berat Badan Idel Sesuai BMI

  1. Tidak makan lebih dari 1.500 hingga 2.000 kalori dalam sehari untuk aktivitas normal. Jika mempunyai aktivitas kurang atau berlebih, silahkan sesuaikan dengan asupan kalori dan BMI yang dimiliki saat ini).
  2. Tingkatkan aktivitas fisik seperti olahraga seperti jogging, tenis, batminton atau sejenisnya yang mempunyai banyak gerakan. Lakukan secara rutin setiap hari.

3. Rutin dan Disiplin Olahraga

Mempunyai kedisiplinan untuk melakukan olahraga setiap hari adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dan mengontrol tekanan darah agar tetap atau mencapai titik normal.

Cara Agar Disiplin Olahraga Setiap Hari:

  1. Olahraga setiap hari tidak harus melulu tentang keringat bercucuran, cukup lakukan aktivitas seperti berjalan-jalan di pagi hari setelah sarapan.
  2. Ikutilah kelompok olahraga seperti Zumba, Senam atau bersepeda
  3. Budayakan berjalan kaki untuk membeli sesuatu di luar rumah atau gunakan tangga daripada lift.
  4. Jika aktivitas Anda padat sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk meluangkan waktu 30 menit setiap harinya, Anda bisa membagi menjadi 15 menit di pagi hari, 15 menit di sore hari.

Baca

4. Jangan Minum Alkohol

Mengkonsumsi minuman keras atau alkohol menyebabkan risiko terkena stroke mingkat lebih besar. Sebuah studi membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman keras atau alkohol mampu menaikkan risiko terkena storke lebih tajam.

Cara Berhenti atau Mengurangi Minuman Keras:

  1. Mungkin beberapa orang adalah peminum, sehingga tidak bisa berhenti total. Mulailah untuk membatasi dalam sehari tidak lebih dari 1 gelas.
  2. Pilihlah anggur merah daripada minuman alkohol lainnya karena dipercaya dapat melindungi jantung dan otak dengan kadar yang tepat.
  3. Mulai berhenti minum minuman berakohol adalah cara terbaik untuk menghindari risiko stroke.

5. Waspadai Penyakit Atrial Fibrilasi Jantung

Atrium jantung menyebabkan detak jantung menjadi tidak beraturan yang menyebabkan gumpalan pada jantung. Gumpalan darah ini dapat menuju ke otak hingga mengakibatkan stroke.

Gejala yang akan terjadi ketika terserang penyakit atrium jantung adalah jantung berdebar, sesak napas, nyeri dada, pusing hingga lemas atau bahkan pingsan.

Cara Mengobati Atrial Fibrilasi Jantung:

  1. Saat terjadi fibrilasi atrium jantung, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat ke dokter.
  2. Konsumsi rutin obat yang diberikan oleh dokter, biasanya dokter akan meresepkan obat pengencer darah (obat antikoagulan) seperti warfarin, sotalol, amiodarone atau flecainide.

6. Waspadai Penyakit Diabetes

Penyebab utama dari diabetes adalah terlalu banyak mengkomsui gula yang terkandung dalam makanan atau minuman. Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah hinga seiring waktu dapat menjadi gumpalan yang menyumbat pembuluh darah.

Menjaga gula darah terkendali dengan berhenti atau mengurangi makanan atau minuman yang mengandung gula adalah cara terbaik untuk menghindari risiko diabetes penyebab stroke.

Cara Menjaga Gula Darah Normal:

  1. Rutinlah memeriksakan gula darah ke dokter
  2. Diet dan mulailah melakukan olahraga
  3. Konsumsi obat-obatan yang disarankan oleh dokter untuk menjaga kadar gula tetap normal

F.A.S.T

Waspadai gejala stroke sejak dini dan jika terjadi stoke, segera lakukan tidakan medis secepat mungkin. Berikut adalah tanda jika seseorang terkena stoke.

Mengenal metode F-A-S-T
Mengenal metode F-A-S-T

F.A.S.T adalah metode yang digunakan untuk mengenali dan menolong orang terkena stroke. Berikut adalah penjelasan FAST:

Face Dropping

Face dropping adalah kondisi bagian kanan atau kiri dari wajah akan kehilangan kekuatannya dan terlihat dengan jelas wajah tidak lagi simetris atau sebagian wajah akan terlihat terjatuh.

Arm Weakness

Arm Weakness adalah kondisi dari lengan atau tangan kehilangan fungsinya yang mana lengan tidak akan bisa digunakan atau hilang rasa.

Speech Difficulties

Kesulitan bicara akan terjadi pada penderita stroke, bisa terlihat dengan kesulitan berbicara kata yang mudah diucapkan sekalipun.

Time

Waktu adalah kunci utama untuk menolong korban dari stroke, lakukan dengan cepat untuk meminimalisir terjadi gangguan yang lebih serius. Segera lakukan panggilan medis untuk menolong pendertia stroke, semakin cepat semakin baik untuk menyelamatkan dan mempertahankan sel otak yang dapat dilindungi.

Baca juga bagaimana melakukan terapi paca stoke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here