Cara merawat orang sakit stroke di rumah
Cara merawat orang sakit stroke di rumah

Stroke adalah penyakit yang umum diderita oleh orang tua atau lansia baik di Indonesia atau pun luar negeri. Setiap tahunnya kasus kematian akibat penyakit stroke terus meningkat bahkan hingga 1,9%.

Selain itu, biaya pengobatan penyakit stroke juga sangat tinggi apa lagi jika melakukan perawat di rumah sakit.

Hadirnya layanan home care kiranya dapat membantu meringankan beban keuangan di sebuah keluarga. Tidak ada lagi biaya rawat inap untuk menyewa kamar dan biaya konsumsi yang harus dikeluarkan.

Cara merawat orang stroke

Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui bagaimana merawat orang sakit stroke di rumah, oleh sebab itu melalui artikel ini harapannya dapat memberikan pengetahuan yang tepat untuk merawat penderita stroke.

Tindakatan perawatan yang diberikan kepada pasien stroke harus disesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh penderita stroke.

Jenis Kondisi Stroke

1. Kondisi Stroke ringan

Stroke ringan adalah kondisi kehilangan fungsi terhadap bagian tubuh tertentu seperti lengan, tangan, pipi atau kaki dalam kurun waktu tertentu.

Umumnya penderita stroke ringan dapat kembali pulih dalam beberapa menit atau jam tanpa dibutuhkan tindakan medis. Namun melakukan pemeriksaan ke dokter sangat dianjurkan guna menanggulangi gejala yang akan kambuh lagi.

Pada tahap ini penderita stroke ringan masih dapat beraktifitas seperti biasa namun lebih baik perlu adanya pendampingan khususnya ketika gejala stroke melanda.

Menggunakan perawat orang sakit stroke dari home care Insan Medika dapat menjadi solusi bagi kebutuhan keperawatan di rumah.

2. Kondisi stroke iskemik

Stroke iskemik adalah kondisi terjadinya pembekuan darah yang menuju ke bagian otak sehingga menimbulkan masalah terhadap fungsi anggota tubuh dan hilangnya kesadaran diri.

Penderita stroke iskemik dapat segera ditolong dengan dilarikan ke rumah sakit selambatnya maksimal 4 jam setelah gejala pertama terjadi.

Keterlambatan penanganan terhadap penderita stroke iskemik dapat berakibat fatal bahkan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Penggunaan obat stroke iskemik seperti aspirin dapat digunakan untuk mengatasi gejala yang muncul. Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan darah yang membeku menuju otak.

3. Kondisi stroke hemoragik

Stroke hemoragik adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah yang berada di bagian otak mengalami kebocoran atau pecah.

Penggunaan obat untuk mengatasi kondisi stroke hemoragik sudah tidak bisa digunakan lagi, satu-satunya adalah dengan membawa penderita stroke ke rumah sakit.

Dibutuhkan penanganan yang cepat untuk menolong pasien stroke hemoragik, keterlambatan penangan terhadap pasien jenis ini dapat membahayakan keselamatan jiwanya.

Pada kondisi ini, hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yaitu pasien mengalami koma atau meninggal dunia. Oleh sebab itu kecepatan penanganan pasien stroke hemoragik sangat dibutuhkan.

Pemulihan pasien stroke hemoragik dapat dilanjutkan di rumah sendiri dengan mengikuti panduan pada artikel ini atau menggunakan jasa perawat medis home care Insan Medika.

Baca juga: 6 Terapi Dasar Pacsa Stroke untuk Mempercepat Pemulihan

Perawatan orang sakit stroke di rumah

Memberikan terapi pasca stroke sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi pasien agar dapat mandiri dan percaya diri kembali.

1. Membersihkan pasien dan tempat tidurnya

Saat pagi tiba, hal yang harus dilakukan untuk merawat orang sakit stroke adalah memandikannya dan membersihkan tempat tidur atau kamarnya.

Dalam urusan memandikan bisa dengan mengajak pasien ke kamar mandi dan bisa juga dengan melakukan seka atau menggosok kulit pasien menggunakan kain basah di tempat tidur.

Tidak lupa untuk membantu membersihkan gigi dan mulut pasien dengan menggosok gigi setiap hari minimal 1 kali sehari yaitu pada pagi hari.

2. Memberikan kebutuhan makan pasien

Beberapa pasien stroke hanya dapat memakan makanan dalam bentuk cair seperti jus dan susu.

Mulailah untuk menyiapkan makanan yang disukai oleh pasien atau buatkan makanan khusus untuk penderita stroke.

Jika ada, maka buatkanlah susu khusus kebutuhan medis yang dapat dibeli di Insan Medika Store.

Susus khusus kebutuhan medis
Susus khusus kebutuhan medis

3. Memberikan pendampingan untuk mengembalikan kemandirian dan kepercayaan diri (Psikologis)

Mendampingi pasien baik saat pasien terbaring di tempat tidur atau pun duduk di kursi roda sangat dibutuhkan untuk memberikan perhatian khusus kepadanya.

Berikanlah movitasi atau ceritakan hal-hal yang membuatnya nyaman. Jangan biarkan pasien stroke terlalu lama sendiri. Tidak ada salahnya untuk berkeliling ruangan rumah menggunakan kursi roda.

4. Membantu penderita stroke untuk bergerak (Fisioterapi)

Mendampingi pasien stroke untuk melakukan kegiatan seperti mobilitas atau lakukan terapi pergerakan lengan kaki dan tangan.

Membawa pasien untuk berkeliling halaman rumah dan menikmati sinar matahari pada hari sangat cocok untuk mengembalikan kemandirian dan kepercayaan diri seorang pasien stroke.

Waktu yang tepat untuk berjemur adalah pukul 07:30-09:00 setiap pagi.

5. Membantu penderita stroke dalam mobilitas

Penderita stroke yang mampu untuk melakukan mobilitas seperti berjalan dapat dibantu menggunakan walker atau tongkat bantu berjalan.

Bantulah langkah demi langkah pasien stroke untuk berjalan, jangan memaksakan jika pasien tidak sanggup berjalan lagi.

6. Memberikan terapi bicara

Beberapa penderita stroke ada yang kehilangan fungsi gerak mulut baik dalam hal kemampuan untuk berbicara atau pun menelan.

Dibutuhkan terapi khusus bicara agar pasien stroke dapat melatih kekuatan rahang dan kemampuan berbicara.

7. Memberikan pelatihan kesehatan otak (Kognitif)

Kondisi stroke dapat mempengaruhi kemampuan berpikir, bahkan ada yang kehilangan memori otak. Melakukan terapi memori dapat dilakukan untuk membantu pasien stroke mendapatkan kembali memori yang hilang tersebut.

Selain itu juga dapat berfungsi untuk mempertahankan atau mencegah hilangnya momori pikiran yang dimiliki oleh pasien stroke.

Cara untuk melakukan pelatihan kesehatan otak kepada pasien stroke bisa dengan memberikan permainan yang membutuhkan kemampuan berpikir.


Butuh perawat medis atau perawat orang sakit stroke di rumah secara live-in dari para perawat home care profesional? Insan Medika memberikan kualitas layanan terbaik dengan garansi tak terbatas. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan haga spesial*, pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here