Penyebab Anak Masih Sering Mengompol dan Cara Mengatasinya

0
1245
Penyebab dan cara mengatasi anak masih sering ngompol
Penyebab dan cara mengatasi anak masih sering ngompol. (magzter.com)

Semua orang pasti pernah mengalami pipis saat tidur di masa kecilnya. Tentu hal ini wajar bagi anak-anak, namun apa bila sudah tumbuh besar dengan usia di atas 5 tahun tapi masih sering mengompol, maka orang tua harus berusaha membantu anak agar tidak lagi mengompol.

Pertumbuhan organ tubuh anak usia 5 tahun ke bawah umumnya masih dalam penyempurnaan, salah satu organ tersebut adalah kandung kemih. Maka tidak heran jika anak-anak sering tidak sadar buang air kecil atau ngompol ketika sedang tidur.

Mengompol atau disebut juga dengan enuresis noktural dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor dari kondisi medis tertentu atau karena adanya kebiasaan buruk.

Baca juga: Tidak Beri ASI, Bayi Berisiko Terkena Hipertensi. Ini Penjelasannya

Faktor medis tertentu penyebab anak sering mengompol:

Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk mengetahui penyebab pasti kenapa anak masih sering mengompol meski sudah besar.

Apa bila pemeriksaan dokter negatif tanpa ada gangguan medis, maka penyebab anak sering mengompol bisa dikarenakan adanya kebiasaan buruk.

Faktor kebiasaan buruk penyebab anak sering mengompol:

  • Tidak buang air kecil sebelum tidur.
  • Mengkonsumsi banyak air minum sebelum tidur.
  • Menahan kencing di malam hari.
  • Takut buang air kecil ketika terasa ingin pipis.

Kebiasaan-kebiasaan seperti di atas dapat diatasi dengan merubah dan menerapkan “ritual” sebelum tidur agar tidak mengompol.

Baca juga: Ingin Menggunakan Jasa Perawat Bayi dan Anak? Yuk Baca Ini Dulu

Cara mengatasi anak ngompol

Beberapa orang tua mengeluhkan anaknya yang sudah berusia 5, 7, 8, 9 atau bahkan 12 tahun masih mengompol. Apa bila tidak ada gangguan secara medis yang menyebabkan anak suka ngompol maka dapat melakukan cara berikut ini:

  • Atur pola minum anak. Perbanyak mengkonsumsi air putih di siang hari dan batasi di malam hari. Usahakan tidak minum air putih lagi sebelum 30 menit menjelang tidur.
  • Biasakan buang air kecil sebelum tidur. Bagaimana pun, anak yang masih suka mengompol harus dibiasakan pipis sebelum benar-benar hendak tidur.
  • Berikan solusi dan dorongan kepada anak. Anak-anak yang masih sering mengompol pada dasarnya mereka tidak menyadari jika ia mengompol ketika tidur. Keterlibatan orang tua dalam memberikan solusi dan dorongan kepada anak sangat dibutuhkan.
  • Hindari memarahi anak. Ketika anak masih sering mengompol cara mengatasinya bukan dengan memarahi atau membuatnya tidak nyaman atas apa yang tidak sengaja ia lakukan.
  • Selalu terbuka, menyenangkan dan tidak segan untuk mengapresiasi jika anak tidak mengompol pada malam hari. Hal ini sangat baik untuk anak dapat berusaha sebaik mungkin agar tidak mengompol.
  • Tawarkan atau temani anak ke toilet. Apa bila anak bangun di malam hari, Anda dapat menawarkan diri untuk menemaninya ke toilet apa bila ia ingin pipis.
  • Berikan tanggung jawab. Ketika anak pada malam harinya mengompol, maka ajaklah ia untuk mengganti sprey, menjemur kasur hingga memasangnya kembali.

Membuat anak agar tidak lagi mengompol dengan menerapkan cara-cara di atas tidak sepenuhnya akan langsung membuahkan hasil. Perlu proses dan bimbingan dari orang tua yang tidak sebentar agar anak tidak lagi mengompol.

Obat agar anak tidak mengompol

Pemberian obat anti ngompol kepada anak harus berdasarkan resep dan anjuran dari dokter. Selain itu, obat-obatan untuk mencegah anak mengompol mempunyai efek samping seperti sakit kepala, mual hingga retensi air.

Daripada memberikan obat-obatan kimia, lebih baik menggunakan alternatif obat herbal supaya anak tidak ngompol berikut ini:

  • Madu. Selain berkhasiat meningkatkan stamina, madu dipercaya ampuh mencegah anak-anak hingga orang dewasa mengompol lho. Caranya cukup campurkan satu sendok teh madu dengan segelas susu sebelum tidur.
  • Pisang. Berikan buah pisang kepada anak sebanyak tiga kali sehari. Selain bermanfaat untuk mencegah anak ngompol, pisang juga sangat baik untuk kesehatan anak.
  • Kayu manis. Bahan aktif yang terkandung dalam kayu manis dipercaya dapat mengatasi kebiasaan mengompol sang anak.

Selain memberikan asupan makanan yang baik untuk anak agar tidak mengompol, hindari pula anak mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat dan teh sebelum tidur.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Kini tersedia empat layanan keperawatan profesional, seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[os-widget path=”/moreinsan/jika-butuh-bunda-pilih-menggunakan-layanan-baby-sitter-atau-perawat-bayi-anak”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here