Viral Pedagang Bakso Memasak Mie Instan Bersama dengan Bungkusnya
Viral Pedagang Bakso Memasak Mie Instan Bersama dengan Bungkusnya. (Twitter)

Sebuah video yang diunggah oleh salah seorang pengguna media sosial Twitter memperlihatkan bagaimana penjual bakso memasak mie instan bersamaan dengan bungkusnya.

Akibat cara memasak yang tidak wajar tersebut, video yang berdurasi 59 detik tersebut banyak dikomentari oleh warga net. Kebanyakan mereka menyayangkan dan mempertanyakan bahaya dari memasak mie instan tersebut.

Pasalnya, tidak hanya satu bungkus mie yang dimasak dengan cara tidak wajar tersebut melainkan berbungkus-bungkus. Hal ini terlihat dalam video yang mana pedang bakso mengeluarkan beberapa bungkus mie instan yang telah dimasak untuk disajikan kepada pembeli.

Menurut Andreas seorang Ahli Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa memasak mie instan bersama dengan bungkusnya dapat membuat bahan kimia dalam plastik ikut larut.

“Dalam bungkus itu kan bahan materialnya ada plastik, kedua ada warna tinta packaging. Plastik kalau dimasukkan ke dalam air panas, otomatis banyak bahan kimia yang masuk ke dalam air rebusan tersebut,” terang Andreas seperti yang dikutip dari detikcom.

Kebanyakan bungkus plastik yang digunakan untuk mengemas sebuah produk makanan tergolong jenis plastik polimer 1 (pet) yang mana hanya dapat digunakan sekali saja.

Artinya bahan plastik tidak akan kuat untuk bertahan dalam jangka panjang apa lagi terkena suhu ekstrem seperti panas. Hal ini dapat menyebabkan material karsiogenik dalam plastik dapat melebur dengan produk makanan.

“Kalau cara penyajiannya langsung dimasukkan ke dalam air panas, yang namanya air panas itu bisa mempercepat proses ekstrak, keluarnya flatat (zat fleksibilitas plastik) dari plastik tersebut ke dalam makanan,” tambah Adreas.

Mengkonsumsi mie instan yang dimasak bersamaan dengan bungkusnya dapat membahayakan kesehatan khususnya mengganggu hormon endokrin hingga dapat meningkatkan risiko kanker.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Andreas bahwa zat karsinogenik pada kemasan plastik dapat menyebabkan kanker dan mengganggu homron endokrin yang dapat menyebabkan gangguan pada kelenjar tiroid.

Agar mengkonsumsi mie instan tetap aman, perhatikan petunjuk dan cara penyajiannya. “Apa bila ingin memasak produk makanan, harus sesuai dengan petunjuk dan cara penggunannya. Kalau misalnya kemasan plastik, jangan sekali-kali langsung mencelupkan bersama plastik dicampur jadi satu. Itu tidak baik untuk kesehatan,” seru Andreas.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here