HomeKesehatanPenyakit Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Penyakit Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Penyakit yang disebabkan oleh naiknya cairan asam lambung menuju ke kerongkongan dapat membuat seseorang mengalami sakit kepala, pusing, sensasi dada atau ulu hati seperti terbakar hingga mual dan muntah.

Naiknya asam lambung disebabkan oleh adanya produksi asam lambung yang berlebihan ditambah dengan melemahnya otot LES atau katup lambung sehingga tidak dapat berfungsi normal seperti membuka dan menutup secara sempurna.

Penyakit asam lambung disebut juga dengan Gastroesophageal Refulux Disease (GERD) mempunyai gejala yang mirip dengan sakit maag.

Kebanyakan penderita asam lambung (GERD) juga mempunyai penyakit maag. Kedua penyakit tersebut sama-sama disebabkan oleh asam lambung.

Produksi asam lambung yang berlebihan dapat merusak bagian dinding lambung dan mengakibatkan reaksi inflamasi.

Gejala asam lambung (GERD)

Mempunyai pola makan yang tidak sehat seperti jarang makan tepat waktu dan sekalinya makan dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan risiko terserang penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung dapat dibagi menjadi dua, apa bila asam lambung menyebabkan ketidaknyamanan yang timbul sebanyak minimal 2 kali dalam seminggu maka perlu penganganan dari dokter.

Sedangkan apa bila gejala asam lambung hanya muncul sebanyak 1-2 kali dalam sebulan maka tidak memerlukan bantuan dokter. Hanya perlu memerhatikan pola makan dan konsumsi obat maag yang dijual bebas seperti di apotek.

Gejala asam lambung (GERD) yang umum terjadi

  • Sering bersendawa meski tidak setelah makan.
  • Perut terasa begah atau kembung.
  • Bagian dada, ulu hati dan perut sering timbul rasa nyeri.
  • Mengalami mual hingga muntah.
  • Susah tidur hingga mengalami insomnia.
  • Rasa asam pada mulut dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  • Mengeluarkan fases dengan warna yang gelap.

Diperlukan penanganan khusus dan pemberian obat asam lambung dari resep dokter agar penyakit asam lambung (GERD) tak menimbulkan komplikasi seperti asma dan terjadi peradangan pada saluran pita suara (laringitis).

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat terjadi ketika otot bagian bawah pada kerongkongan yaitu otot les mengalami gangguan yang tidak bisa menutup secara sempurna ketika makanan telah turun ke lambung.

Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan dan menyebabkan sensasi pada area yang dilalui asam menimbulkan rasa seperti terbakar.

Selain dari gangguan otot les, asam lambung dapat disebabkan oleh 3 hal di bawah ini:

  • Pola makan yang tidak sehat. Sering menunda waktu makan dan sekalinya makan dalam jumlah banyak, makanan susah dicerna, makanan pedas, makanan berlemak, minuman manis atau junk food.
  • Mengalami stres berkepanjangan. Kondisi stres dapat memicu produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan reaksi radang pada lambung.

Beberapa makanan penyebab asam lambung di bawah ini juga wajib diperhatikan:

  • Tomat dan bawang. Kandugnan asam sitrat dan asam malat pada tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Sedangkan mengkonsumsi bawang (bawang merah, putih dan bombay) dapat menyebabkan otot bagian bawah kerongongan (otot les) menjadi lemah.
  • Makanan pedas, asam dan berlemak. Harap hindari mengkonsumsi jenis makanan-makanan tersebut agar asam lambung tidak naik.
  • Kopi, alkohol minuman bersoda. Ketiga minuman ini merangsang naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan. Terlebih minuman beralkohol dapat meperburuk refluks asam lambung dan meningkatkan produksi asam lambung berlebih.
  • Cokelat. Kandungan senyawa pada cokelat seperti theobromine menyebabkan otot esophageal sphincter menjadi mengendur dan berpotensi membuat asam lambung naik ke keronkongan.

Cara mengatasi asam lambung

Beberapa kondisi penyakit asam lambung yang ringan dan tidak menimbulkan masalah serius tidak memerlukan obat atau penanganan dari dokter.

Dibutuhkan penerapan pola hidup sehat seperti olahraga, berhenti merokok dan berhenti minum minuman beralkohol. Selain itu, pola makan yang sehat dan teratur juga wajib diterapkan.

Apa bila merasakan tidak nyaman karena asam lambung naik maka beberapa dokter akan memberikan obat-obatan yang mampu menetralkan asam lambung, menurunkan produksi asam lambung dan memepercepat pengosongan lambung.

Tindakan operasi dibutuhkan apa bila penyakit asam lambung tidak dapat disembuhnya menggunakan obat.

Makanan untuk penderita asam lambung

Pengidap penyakit asam lambung wajib memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk mencegah naiknya asam lambung dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

Beberapa jenis makanan berikut ini dapat dikonsumsi untuk mencegah dan memperingan gejala asam lambung.

  • Oatmeal. Makanan jenis ini banyak mengandung serat yang ternyata efektif untuk menyerap asam lambung sehingga ampuh meredakan gejala refluks.
  • Jahe. Penggunaan jahe dapat dijadikan sebagai obat asam lambung alami tradisional. Kandungan antiradang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan sekaligus mengobati penyakit asam lambung dan maag.
  • Buah-buahan. Beberapa jenis buah seperti pisang, pir, apel dan melon sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.
  • Roti gandum. Malas makan nasi? Konsumsilah roti yang terbuat dari gandum yang kaya akan vitamin, serat dan nutrisi.

Bahaya asam lambung

Penyakit asam lambung yang tidak diobati dengan tepat dapat membahayakan kesehatan dan berisiko memunculkan masalah baru seperti peradangan pada lambung hingga timbul luka pada jaringan parut kerongkongan yang menyebabkan penderita kesulitan ketika menelan.

Selain itu, pengobatan atau penanganan pada penyakit asam lambung yang tidak tuntas dapat memicu esofagus barret yang menjadi awal mula munculnya kanker esofagus.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan utama keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care