5 Anjuran Makanan dan Minuman untuk Pendertia Asam Lambung
5 Anjuran Makanan dan Minuman untuk Pendertia Asam Lambung. (Img: milkandhoneynutrition.com)

Asam lambung atau Gastroesphageal Reflux Disease (GERD) akan menimbulkan sensasi seperti terbakar pada area ulu hati sampai mulut, rasa pusing dan sakit kepala hingga demam.

Ketika seseorang dinyatakan mempunyai penyakit asam lambung (GERD) maka wajib memperhatikan jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan kondisi asam lambung menjadi semakin buruk, namun apa bila mengkonsumsi jenis makanan tepat maka dapat membantu menyembuhkan asam lambung.

Baca juga: Daftar Makanan Untuk Penderita Stroke Ringan

5 Menu Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Selain mengkonsumsi makanan untuk asam lambung, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat asam lambung yang tepat.

Berikut 5 anjuran makanan untuk penderita asam lambung jenis yang dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakan gejala dan mempercepat penyembuhan.

1. Oatmel

Oatmeal dan Olahan Gandum untuk penderita stroke
Oatmeal adalah makanan yang tepat untuk meredakan gejala asam lambung.

Kandungan kaya serat pada oatmel dapat membantu mengurangi asam yang ada di dalam lambung dengan cara menyerap cairan tersebut sehingga gejala asam lambung dapat dikurangi.

Tidak hanya itu saja, beberapa kandungan oatmel seperti vitamin, mineral dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan berat badan ketika diet, mengurangi kadar gula darah hingga meminimalisir risiko penyakit jantung.

2. Pisang

Pisang untuk penderita darah tinggi
Konsumsi pisang untuk meredakan gejala asam lambung. (hsph.harvard.edu)

Buah yang identik dengan warna kuning dan mempunyai tekstur lembut serta mudah untuk dikunyah ini ternyata sangat baik untuk meredakan gejala asam lambung.

Kandungan pH 5,6, kalori energi 109, protein 0,8, lemak 0,5 gram, karbohidrat 26,3 gram, serat 5,7 gram serta vitamin dan berbagai jenis mineral dapat berfungsi untuk melindungi kerongkongan (esofagus) dari iritasi.

Sempatkanlah untuk mengkonsumsi buah pisang minimal sehari sekali khususnya ketika asam lambung sedang kambuh.

Selain bermanfaat mengatasi asam lambung dan maag, mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Sayuran

Sayuran hijau untuk penderita tekanan darah tinggi
Sayuran hijau untuk penderita asam lambung. (healthcentral.nz)

Baca juga: Waspada! Sayur dan Buah Terpapar Pestisida Meningkatkan Penyakit Parkinson Hingga 80%

Meski beberapa orang tidak menyukai sayur, namun cobalah untuk mengkonsumsi sayur-sayuran hijau untuk meredakan asam lambung agar cepat sembuh.

Mengkonsumsi sayur-sayuran khususnya yang berwarna hijau dapat membantu mengurangi produksi asam lambung sehingga mencegahnya untuk naik hingga sampai ke kerongkongan atau bahkan mulut.

Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat Anda konsumsi adalah sawi, seledri, bayam, brokoli, kandung dan sejenisnya.

Anda dapat mengolah sayuran hijau dengan berbagai menu seperti sayur, sop, salad atau bahkan jus untuk asam lambung.

4. Ikan dan Daging

Olahan ikan salmon sangat bagus untuk penderita stroke
Ikan atau daging tanpa lemak untuk meredakan sakit asam lambung.

Meski sedang sakit asam lambung, Anda tetap dapat mengkonsumsi lauk pauk untuk penderita asam lambung seperti ikan, seafood dan daging tanpa lemak.

Perhatikan pengolahannya, jangan mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan cara digoreng, hal ini untuk menghindari kandungan minyak dan lemak.

Sebaiknya masaklah ikan atau daging tanpa lemak tersebut dengan cara dipanggang, direbus atau dipepes.

5. Minuman rempah

Kerap Dijadikan Obat Herbal,Berikut
Minuman untuk meredakan asam lambung. (Img: medicalnewstoday.com)

Baca juga: Kerap Dijadikan Obat Herbal, Berikut Manfaat Jahe, Kencur & Kunyit Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Jahe mempunyai kandungan antiinflamasi atau anti peradangan yang baik untuk kesehatan sistem penceranaan khususnya pada lambung.

Mengkonsumsi minuman jahe hangat terbukti membuat perut menjadi lebih nyaman hingga dipercaya ampuh untuk mengobati iritasi lambung dan mencegah pemicu asam lambung.

Cara membuat minuman asam lambung dari jahe cukup mudah, seduhlah jahe baik dengan cara ditumbuk atau menggunakan bubuk jahe dan minum selagi dalam keadaan hangat.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here