Bahaya! Ditemukan Radiasi Nuklir di Serpong. Ini Dampaknya

0
296
Bahaya! Ditemukan Radiasi Nuklir di Serpong
Bahaya! Ditemukan Radiasi Nuklir di Serpong. (Img: Twitter @bapetenRI)

Beberapa hari lalu dikabarkan bahwa terdapat serpihan radioaktif, Caesium-137, yang ditemukan di area tanah kosong samping lapangan voli blok J, Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Banten.

Serpihan tersebut sudah diamankan pada tanggal 7 & 8 Februari 2020 kemarin, menurut Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Banten, Indra Gunawan.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) yang telah mendeteksi paparan radiasi nuklir tersebut bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam membersihkan lokasi dari radiasi sejak hari Sabtu, tanggal 15 Februari 2020.

Hendianto Hadi Tjahjanto, Sekretaris Utama BAPETEN, dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa air tanah di kawasan tersebut sudah dilakukan pengukuran, dan dipastikan air tanah sekitar wilayah yang terpapar radiasi dalam kondisi tidak terkontaminasi.

Dalam wawancaranya pun ia menjelaskan bahwa serpihan tersebut berasal dari limbah.

Img: Tempo.co

Badan Tenaga Nuklir Nasional pun telah melakukan WBC (whole body counting) pada 9 orang warga perumahan setempat.

Heru Umbara, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BATAN, menyebutkan bahwa hasil WBC tersebut untuk mengetahui dampak radiasi.

Dalam tautannya, detiknews.com menjelaskan bahwa penemuan radiasi ini bermula ketika pengujian rutin fungsi alat pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (Mobile RDMS-MONA), alat kepunyaan BAPETEN sejak tahun 2013 ini selalu digunakan berdasarkan uji fungsi alatnya.

Pada tanggal 30 dan 31 Januari 2020, uji fungsi dilakukan, meliputi target area Pamulang, Stasiun KA Serpong, Perumahan Batan Indah, Perumahan Dinas Puspitek, Daerah Muncul dan Kampus ITI.

Baca Juga : 5 Daftar Hp dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Namun, kenaikan paparan radiasi yang terjadi di wilayah tanah kosong Perumahan Batan Indah dari tingkat normal membuat Tim melakukan pengecekan ulang.

Indra Gunawan (Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapetan), pada hari sabtu tanggal 15 Februari 2020 menegaskan bahwa hal ini bukan kebocoran atau kejatuhan, melainkan mungkin memang ada yang meletakkan, menaruh, membuang, atau apapun itu. Investigasi akan dilakukan lebih lanjut, katanya.

Tapi, tak dapat dipungkiri bahwa radioaktif, atau radioisotop memiliki kegunaan tersendiri dalam kehidupan manusia, pengelolaan bahan-bahan ini dapat ditemui kegunaannya di beberapa bidang seperti:

foto dari atmnews.id

Bidang Industri

  1. Mengontrol ketebalan bahan, seperti kertas film dan lempeng logam.
  2. Pada lampu petromaks, larutan horium di dalamnya membantu nyala lampu agar lebih terang.
  3. Radiasi ini juga digunakan untuk pengawetan kayu, ataupun barang-barang seni lainnya.

Bidang Hidrologi

  1. Dengan pancaran sinar gamma, penyelidikan kebocoran pipa mampu terditeksi olehnya (Tc-99).
  2. Juga digunakan dalam mempelajari kecepatan air sungai (Na-24).

Baca Juga : Mengatasi Balita dan Anak Kecanduan Gadget

Bidang Biologis

  1. Mempelajari kesetimbangan dinamis.
  2. Mempelajari reaksi pengesteran.
  3. Mempelajari mekanisme reaksi fotosintesis.

Bidang Pertanian

  1. Membantu benih tumbuh lebih unggul dari induknya.
  2. Pemberantas hama/hama kubis.

Bidang Kedokteran

  1. Membunuh sel-sel kanker (Co-60).
  2. Mendeteksi diabet & anemia (C-14).
  3. Memeriksa kerusakan getah bening (Ga-67).
  4. Mendeteksi kerusakan tulang dan paru-paru (Tc-99).
  5. Deteksi kerusakan pankreas (Se-75).
  6. Deteksi kerusakan limpa (Cr-51).
  7. Deteksi gangguan peredaran darah (Na-24).
  8. Deteksi kerusakan jantung (Ti-201).
  9. Energi listrik dari alat pacu jantung (Pu-238).
  10. Terapi penyembuh kanker tiroid (I-131).
  11. Deteksi kerusakan kelenjar, hati dan otak (I-131).

Jika kita lihat kembali kasus radiasi yang terpapar di Perumahan Batan Indah, dosen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Universitas Gajah Mada pada laman kompas.com juga mengutarakan perihal pemanfaatan Caesium-137 di rumah sakit terkait penggunaannya untuk membunuh kanker, tapi dengan dosis dan radiasi yang tinggi.

Pada bidang industri pun beliau mengatakan bahwa Caesium-137 ini biasa digunakan untuk pengujian tak merusak, dan fungsinya seperti foto rontgen, karena energinya lebih besar.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here