Kerap Dijadikan Obat Herbal, Berikut Manfaat Jahe, Kencur & Kunyit Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

0
2661
Kerap Dijadikan Obat Herbal,Berikut
Kerap Dijadikan Obat Herbal, Berikut Manfaat Jahe, Kencur dan Kunyit. (Img: medicalnewstoday.com)

Ramuan alami yang tepat pada campurannya selalu memberikan efek mujarap.

Beberapa rasa di antaranya mungkin asing di lidah, tapi di situ lah letak esensial dari khasiatnya.

Seperti Jahe, Kunyit, dan Kencur, si kembar tiga tapi beda, dengan bermacam kebaikannya.

Secara umum, Jahe, Kunyit, Kencur biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi gangguan kecil pada aktivitas sehari-hari:

Jahe

Jahe untuk obat sakit yang ada di bumbu dapur
Manfaat jahe untuk obat herbal (Img: shutterstock.com)

Zingiber Officinale adalah nama lain dari Jahe. Selain untuk bumbu dapur, hasil bumi ini juga sering kali mendapat peran penting sebagai salah satu bahan dasar racikan obat herbal warisan nenek moyang.

Umur tumbuhan ini dapat dibilang tahunan, dan tanaman ini berdiri tegak mencapai 40-100 senstimeter.

Namun yang sering kali disebut Rimpang Jahe ialah akarnya, akar yang ketidakteraturan cabangnya mengeluarkan aroma yang harum dan serasa pedas.

Minyak atsiri dalam kandungan Jahe yang menyebabkan kekhassan aromanya, sedangkan rasa pedas yang ditimbulkan oleh rimpang ini disebabkan oleh kandungan yang bernama oleoresin.

Rasa pedas dalamnya yang menimbulkan rasa hangat pada tubuh:

  1. Menanggulangi Masalah Pencernaan. Gejala iritasi Gastrointestinal, mencegah kontraksi pada bagian perut, menstimulasi air liur, dan membantu pergerakan makanan serta minuman yang sedang dicerna.
  2. Mencegah Infeksi Kulit. Selain membantu proses detoksifikasi, ia juga berperan untuk menjaga tubuh dari mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pada kulit.
  3. Mengurangi Nyeri. Mengurangi rasa nyeri otot sehabis olahraga atau aktivitas.
  4. Meringankan Tekanan Darah. Rangsangan pelepasan hormon adrenalin yang bekerja dalam tubuh akibat Jahe memperlebar pembuluh darah. Maka dari itu, aliran darah pada kerja pompa jantung mengalir lebih cepat dari biasanya.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam rimpang ini membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh zat radikal bebas.

Baca Juga : 5 Obat Tradisional Ini Efektif Menurunkan Demam atau Panas Pada Anak

Kencur

Kencur untuk obat sakit yang mudah didapatkan di dapur
Manfaat kencur untuk obat herbal. (Img: spiceography.com)

Kaempferia Galangga sebagai nama lain dari Kencur. Tidak berbeda jauh dengan Jahe, rimpang pada Kencur juga terdapat kandungan minyak atsirin.

Hanya saja, akar dari Kencur terlihat lebih terstruktur, bentuknya yang bergerombol serta bercabang-cabang seakan mengitari induk rimpang yang berada di bagian tengah.

Pemanfaatan Kencur secara umum sering kali kita dengar sebagai minuman penyegar, beras kencur.

Pula banyak diberikan ke pada anak-anak yang masih dalam tahap konsentrasi pertumbuhan gizi, khasiatnya menambah nafsu makan anak disebut sebagai tonikum.

Memang khasanah masakan tradisional Indonesia meliputi Kencur sebagai salah satu bahan dasarnya, tapi peran lainnya sebagai tanaman obat pun tak urung memberikan dampak baik, seperti:

  1. Mencegah Kerusakaan gigi. Bakteri Lactobacillus Acidophilus (pemicu rusaknya gigi) dapat dihambat perkembangannya oleh kadungan antimikroba dalam kencur.
  2. Menangani Diare. Zat sitotoksik dan antibakteri dengan jumlah yang banyak dalam Kencur berpotensi untuk menanggulangi dan meneruskan redanya gejala diare.
  3. Menyembuhkan Batuk. Perasan sari yang telah disaring dari parutan Kencur biasanya ditambahkan sedikit madu dan dibubuhi tetesan jeruk nipis.
  4. Menghilangkan Stress. Seperti obat sedatif, saraf-saraf yang menegang pada tubuh direnggangkan oleh karakter bawaan dari tumbuhan ini yang memiliki sifat antidepresan.

Baca Juga : Jenis Narkotika Baru? Yuk Kenali Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Daun Kratom

Kunyit

Kunyit untuk obat sakit yang ada di bumbu dapur
Kunyit untuk obat herbal. (Img: shutterstock.com)

Kurkumin, senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit. Memiliki beberapa khasiat yang tak kalah hebat dengan jahe dan kencur, seperti:

  1. Penanggulangan Perut kembung. Dalam hal ini, Kunyit berperan untuk mengurangi produksi asam berlebihan dalam perut. Ketika kamu buang gas berlebihan maka bisa jadi pencernaan mu sedang tidak baik-baik saja.
  2. Menetralkan Maag. Infeksi bakteri dapat membuat luka pada lambung, karena penyebab itu kita merasakan maag. Namun, Peningkatan produksi lendir pada dinding lambung yang disebabkan oleh Kunyit yang meredakan nyeri pada luka di lambung ini.
  3. Menanggulangi Peradangan. Zat aktif bernama kurkumin membawa efek antiradang, dan kurkumin yang menghambat peradangan dalam tubuh.
  4. Mengobati Metastasis Kanker. Biasanya digunakan dalam perawatan pasien kanker rahim, payudara dan usus besar. Kandungan kurkumin berperan serta dalam memberantas sel tumor ganas penyebab kanker. Penyebaran kanker atau metastis ke seluruh tubuh dihambat oleh kandungan-kandungan yang terdapat dalam Kunyit.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here