HomeMakanan5 Daftar Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

5 Daftar Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan untuk mempercepat penyembuhan luka dapat diperoleh atau dibuat dengan cukup mudah. Menurut sebuah penelitian membuktikan bahwa makanan yang mempunyai nutrisi dan vitamin tinggi mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Penyebab seseorang mempunyai luka yang diakibatkan oleh kecelakaan, terbakar, operasi atau karena penyakit tertentu seperti diabetes, kanker dan sejenisnya.

Beberapa jenis luka dapat disembuhkan menggunakan obat atau salep untuk mencegah luka bernanah dan mempercepat proses penyembuhan luka.

5 Menu Makanan Yang Terbukti Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain menggunakan obat dan salep, mengatur menu makanan berikut ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka secara alami.

1. Kedelai

Kedelai makanan untuk mempercepat proses penyembuhan luka
Kedelai makanan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. (img: flipboard.com)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa olahan kedelai dan olahannya terbukti mampu membantu proses penyembuhan luka baik luka pasca operasi, luka terbakar, luka bernanah dan luka terbuka lainnya.

Kedelai mengandung banyak vitamin seperti A, C, D, E dan K yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kedelai juga banyak mengandung nutrisi untuk membantu pembentukan jaringan baru yang rusak akibat terluka.

Jenis-jenis makanan dari olahan kedelai yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka adalah:

  • Tahu
  • Tempe
  • Susu kedelai

2. Brokoli

Brokoli makanan untuk mempecepat penyembuhan luka
Brokoli makanan untuk mempecepat penyembuhan luka. (Img: The Spruce)

Ketika sedang mempunyai luka maka rekomendasi terbaik untuk mempercepat proses penyembuhan luka adalah dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli.

Kandungan zat fitonutrien pada brokoli dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan pada bagian luka sehingga mencegah munculnya nanah.

Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang terbukti secara ilmiah untuk membantu proses pembentukan jaringan baru pada bagian tubuh atau kulit yang luka.

3. Lemon atau Jeruk

Buah lemon untuk membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit
Buah lemon untuk membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. (Img: natural-cure.org)

Sebenarnya tidak hanya lemon dan jeruk saja yang berkhasiat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sebuah luka. Seluruh buah atau sayur yang mengandung vitamin C dapat dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka.

Beberapa sumber vitamin C bisa didapatkan dari:

  • Tomat.
  • Stowberry.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Teh hijau.

Pada buah lemon atau jeruk ditemukan zat flavonoid yang berfungsi dalam pembentukan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen.

4. Ikan Gabus

Ikan gabus mempunyai khasiat untuk membantu proses penyembuhan luka
Ikan gabus mempunyai khasiat untuk membantu proses penyembuhan luka. (Img: youtube.com/kitchen-foods)

Tidak hanya dari jenis makanan nabati saja yang dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka.

Ikan gabus dapat dijadikan sebagai “obat tradisional” penyembuhan berbagai jenis luka seperti luka operasi, luka bakar, luka bernanah dan sebagainya.

Ikan gabus atau nama latinnya Channa Striata ini mempunyai kandungan protein mencapai 25 persen dan kandungan albumin sebanyak 6.200 gram dari 100 gram berat ikan gabus.

Lebih lanjut, berikut kandungan lengkap dalam satu ekor ikan gabus dengan berat 100 gram:

  • 69 kalori.
  • 2 gram protein.
  • 1,7 gram lemak.
  • 0,9 ml zat besi.
  • 62 ml kalsium.
  • 76 ml fosfor.
  • 150 ml vitamin A.
  • 0,04 ml vitamin B.
  • 69 ml air.

Berkat kandungan nutrisi yang cukup lengkap tersebut maka tak heran ikan gabus sering dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan luka.

5. Cokelat

Cokelat hitam untuk penderita tekanan darah tinggi
Cokelat hitam untuk membantu proses penyembuhan luka. (medicalnewstoday.com)

Banyak yang mengira bahwa orang yang mempunyai luka tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi cokelat atau makanan yang manis. Anggapan tersebut memang benar, namun tidak berlaku terhadap makanan yang terbuat dari biji kakao ini.

Salah satu jenis cokelat yang dapat dimakan untuk membantu proses penyembuhan luka adalah cokelat hitam. Selain membantu mempercepat proses penyembuhan luka, cokelat hitam dapat bermanfaat untuk:

  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan.
  • Mengurangi risiko infeksi di tubuh khususnya pada luka.

Hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian tentang cokelat hitam yang dilakukan oleh Contemporary Reviews in Cardiovascular Medicine.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care