HomeKesehatanCara Meredakan Sakit Gigi Menggunakan Obat Paling Mujarab Berikut...

Cara Meredakan Sakit Gigi Menggunakan Obat Paling Mujarab Berikut Ini

Sakit gigi

Timbul rasa nyeri atau peradangan di dalam atau sekitar gigi sering yang disebabkan oleh kerusakan, iritasi hingga infeksi gigi akibat bakteri sangat umum di masyarakat.

Baik muda atau pun dewasa, semua orang dapat mengalami sakit gigi. Ketika rasa sakit gigi muncul, gigi sangat sakit ketika digunakan untuk makan.

Jangan kan untuk makan, diam saja rasanya tidak tertahankan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sakit gigi, seperti gejala, kondisi sakit gigi, mencegah sakit gigi hingga mengobati sakit gigi menggunakan obat paling mujarab, dapat disimak pada artikel berikut ini.

Gejala sakit gigi

Sakit gigi dapat menimbulkan berbagai keluhan tergantung dari kondisi gigi itu sendiri. Keluhan sakit gigi dapat berupa nyeri ringan hingga menimbulkan rasa yang begitu tidak nyaman.

Terkadang sakit gigi dapat menyebabkan sensasi seperti ditusuk-tusuk pada bagian gigi atau gusi yang sakit hingga timbul sakit kepala dan demam.

Jika kondisi ini berlanjut hingga lebih dari dua hari, segera periksakan ke dokter untuk mendpatkan pertolongan yang tepat.

Baca nanti:

Ada pun gejala sakit gigi juga dapat disertai dengan beragam keluhan seperti di bawah ini:

  • Mulut menimbulkan bau tidak sedap
  • Timbul rasa nyeri saat mengunyah
  • Terjadi pembengkakak pada gusi
  • Sulit dan sakit saat menelan
  • Sulit dan sakit ketika membuka mulut
  • Merasakan sesak napas
  • Sakit hingga ke telinga

Kondisi yang dapat menjadi penyebab sakit gigi

Sakit gigi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang dialami oleh gigi atau pun gusi. Lebih lanjut, dapat di baca di bawah ini.

1. Karies gigi

Karies Gigi

Kondisi kerusakan pada struktur jaringan keras pada gigi yang diakibatkan oleh adanya infeksi dan ditandai dengan lubang kecil pada gigi hingga terjadinya kerusakan secara permanen.

Karies gigi disebabkan oleh adanya bakteri, makanan ringan, minuman manis dan kurangnya dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut yang mengakibatkan timbulnya gigi berlubang.

Munculnya lubang kecil pada gigi jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera maka dapat menyebabkan sakit gigi, infeksi dan tanggalnya gigi.

2. Gigi sensitif

Gigi Sensitif

Kondisi yang menimbulkan rasa tidak nyaman seperti sensasi ngilu dan nyeri pada gigi yang diakibatkan oleh makanan atau minuman dengan suhu yang dingin atau panas.

Sensasi ngilu atau nyeri dapat bertahan dalam beberapa saat atau dalam jangka yang cukup panjang yang terjadi pada satu gigi atau beberapa gigi sekaligus.

Gigi sensitif dapat terjadi ketika lapisan gigi terluar (email) mengalami penipisan yang diakibatkan oleh makanan dan minuman yang manis atau asam, minuman bersoda hingga konsumsi vitamin C yang berlebihan.

3. Impaksi Gigi

Impaksi gigi
Impaksi gigi

Kondisi gigi geraham bungsu pada orang dewasa yang sulit untuk muncul dan berakhir dengan terjebak atau terpendam di dalam gusi. Kondisi impaksi gigi ini dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami sakit gigi geraham akibat gigi rusak dan penyakit gusi.

Orang dewasa yang berusia antara 17-20 tahun akan memunculkan gigi geraham bungsu dan menjadi gigi terakhir yang muncul genap berjumlah 32 gigi.

Penyebab impaksi gigi dapat terjadi karena beberapa alasan, yaitu karena 1) rahang terlalu kecil sehingga tidak cukup untuk memunculkan gigi geraham bungsu. 2) Ketika tidak ada ruang dan gigi tetap tumbuh maka akan terjadi pembengkokan atau kemiringan gigi. 3) Susunan gigi dalam keadaan tidak beraturan sehingga menghalangi gigi geraham bungsu untuk tumbuh.

4. Periodontitis

Periodontitis
Periodontitis

Infeksi pada gusi yang dapat menimbulkan kerusakan jaringan lunak dan tulang penyangga gigi hingga mengakibatkan terjadinya gigi tanggal jika tidak diobati dengan segera.

Kerusakan jaringan yang terjadi di area sekitar gigi disebabkan oleh penumpukan plak dari bakteri, jika tidak segera diobati akan menyebabkan abses gigi hingga risiko kerusakan tulang.

Terbentuknya plak atau karang gigi dihasilkan dari konsentrasi bakteri pada gusi di sekitar gigi, semakin lama kondisi tersebut dapat menciptakan celah atau kantong pada gusi dan menjadi pemisah antara jaringan gusi dengan gigi hingga menyebabkan gigi gampang tanggal.

5. Gingivitis

Gingivitis
Gingivitis

Radang gusi atau gingivitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab gusi bengkak hingga terjadi peradangan berwarna kemarahan pada gusi.

Penyebab timbulnya penyakit gingivitis atau radang gusi adalah karena kurang menjaga kebersihan mulut, jarang menggosok gigi, mengkonsumsi makanan manis dan asam, jarang atau tidak pernah cek kesehatan gigi ke dokter.

Jika kondisi gingivitis tidak segera disembuhkan maka dapat menyebabkan penyakit periodontitis atau infeksi gusi yang lebih serius hingga menyebabkan gigi tanggal dan muncul masalah gigi dan gusi lainnya.

Mencegah Sakit Gigi

Melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati, untuk mencegah sakit gigi sebaiknya perhatikan kebersihan dan kesehatan gigi.

1. Rajin Sikat Gigi

Rajin menggosok atau menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan bila perlu berkumur menggunakan obat kumur antikuman.

2. Hindari makanan dan minuman manis

Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman manis khususnya camilan seperti permen, kue, cokelat dan minuman bersoda. Makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang pemicu timbulnya peradangan hingga menjadi penyebab sakit gigi.

3. Periksa ke dokter

Mulai budayakan untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter minimal enam bulan sekali untuk mengetahui kesehatan gigi dan mulut secara akurat.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi maka segala kemungkinan timbulnya keluhan sakit gigi dapat dinatisipasi lebih dini.

Dokter gigi mungkin akan melakukan perawatan fluoridasi gel atau varnish pada gigi yang sehat, hal ini untuk mencegah timbulnya karang gigi atau gigi berlubang.

Mengatasi sakit gigi

Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan melakukan pemeriksaan kepada dokter gigi. Namun ketika seseorang mengalami sakit gigi maka dokter gigi tidak akan melakukan pengobatan pada saat itu juga.

Dokter akan melakukan tindakan pengobatan ketika seseorang tidak lagi merasakan sakit gigi, oleh sebab itu sebelum Anda memeriksakan gigi yang sakit ke dokter, maka lakukanlah pengobatan sakit gigi secara mandiri.

Cara meredakan dan mengobati sakit gigi

Sakit gigi menimbulkan sensasi yang sangat tidak nyaman, berbagai cara pun kadang dilakukan untuk mendapatkan obat sakit gigi paling ampuh sedunia demi kesembuhan dari sakit gigi.

Pada dasarnya obat sakit gigi dapat dengan mudah didapatkan, baik di apotik atau pun dapur rumah.

Obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotik untuk dewasa biasanya adalah sebagai berikut:

  • Antalgin
  • Cataflam
  • Ibuprofen
  • Aspirin
  • Ponstan
  • Asam Mefenamat
  • Kalium Diclofenac
  • Dentasol (Obat kumur)
  • Naproxen
  • Acetaminophen
  • Paracetamol

Untuk menggunakan obat-obatan sakit gigi di atas sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi untuk mendapatkan obat yang tepat sesuai dengan kondisi sakit gigi yang Anda derita.

Obat sakit gigi paling ampuh menggunakan bahan alami

Mengobati dan meredakan sakit gigi tidak harus menggunakan obat sakit gigi yang dijual di apotik. Cukup menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur rumah.

Berikut 5 bahan alami untuk mengobati sakit gigi paling ampuh untuk orang dewasa atau pun anak dan ibu hamil.

  • Garam. Larutkan garam sebanyak setengah sendok teh ke dalam satu gelas berisi air hangat sebanyak 240 ml. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur dan konsentrasikan pada bagian gigi yang sakit.
  • Es batu. Ambil sebongkah es batu atau jika hanya mempunyai es batu dalam ukuran balok kecil-kecil maka masukkan ke kantong kresek dan lapisi menggunakan kain. Kompres pada pipi atau bagian gigi yang sakit.
  • Bawang putih. Kupas bawang putih lalu kunyah dan ratakan pada bagian gigi yang sakit. Pastikan bagian gigi yang sakit terdapat kunyahan bawah putih mentah tersebut.
  • Cuka. Larutkan cuku dapur atau cuka apel sebanyak setengah sendok teh ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dan tahan selama 30 detik dan segera bunga. Lakukan beberapa kali.
  • Minyak cengkeh. Hati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi. Buatlah bola-bola kapas berukuran kecil untuk ditetesi minyak cengkeh. Tempelkan atau masukkan bola kapas tersebut ke gigi yang sakit. Cengkeh bubuk atau utuh juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, cukup letakkan cengkeh pada bagian gigi yang sakit. Jangan lupa untuk berkumur setelah mengobati sakit gigi menggunakan cengkeh.

Mencari jasa perawat home care untuk merawat dan mengasuh orang tercinta di rumah? Gunakan saja home care Insan Medika. Seluruh perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit, perawat bayi & anak berkebutuhan khusus telah berpengalaman dan siap kerja. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.* Pesan sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care