HomeKesehatanOspek Mahasiswa Minum Air Liur, Berikut 5 Penyakit Yang...

Ospek Mahasiswa Minum Air Liur, Berikut 5 Penyakit Yang Dapat Menular Melalui Air Liur

Beberapa hari yang lalu netizen Indonesia dihebohkan dengan video ospek yang tidak wajar. Ya, kejadian tersebut terjadi di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara.

Dalam video perploncoan tersebut terlihat bahwa mahasiswa baru diharuskan untuk meminum air lalu memuntahkannya kembali ke dalam satu gelas.

Satu persatu mahasiswa baru akan mendapatkan giliran untuk melakukan hal tersebut. Selain menjijikkan juga berbahaya untuk kesehatan khususnya penularan penyakit melalui air liur.

Beberapa penyakit yang bisa menular melalui air liur

Para pakar kesehatan sepakat jika beberapa penyakit dapat menular melalui air ludah dan ada yang tergolong ke penyakit serius, berikut di antaranya:

Baca nanti:

1. Terserang virus influenza

Semua orang pasti pernah merasakan flu yang disebabkan oleh virus influenza ini, pasalnya penyebaran atau penularannya yang sangat mudah dapat menginveksi siapa saja.

Virus influenza dapat menular melalui partikel yang sangat kecil di dalam cairan. Umumnya cairan yang berisi virus influenza tersebut keluar melalui bersin atau batuk.

Jika salah satu orang terserang virus influenza lalu melakukan kontak melalui ciuman atau pertukaran air liur dengan orang lain maka dapat dipastikan akan terjadi penularan virus influenza ini.

2. Terserang virus Epstein-Barr

Disebut juga dengan Infectious Mononucleosis mungkin asing terdengar bagi sebagian orang pada umumnya, namun penyakit ini cukup sering muncul. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa demam, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri tenggorokan dan rasa lelah yang dapat berlangsung lama.

Virus Epstein Barr ini hampir mirip dengan radang tenggorokan yang membuatnya sulit untuk dideteksi sejak dini. Penularan dapat melalui pertukaran air liur atau saat berciuman.

3. Tertular Virus Cytomegalovirus

Cytomegalovirus atau CMV adalah salah satu kelompok virus yang bisa menginfeksi manusia hingga menimbulkan keluhan penyakit. Sekalinya orang terserang virus ini maka dapat terinfeksi seumur hidup.

Walau demikian, orang yang mempunyai imunitas cukup baik tidak akan mengakibatkan virus ini menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Namun jika seseorang mempunyai imun tubuh tidak baik yang disebabkan oleh komplikasi atau pasca menjalani operasi maka virus CMV ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Jika virus di dalam tubuh penderita aktif maka virus ini dapat menular melalui cairan tubuh manusia seperti air liur, darah dan urin.

4. Terkena Penyakit Pnemonia

Pneumonia adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur yang menginfeksi di salah satu kantung paru atau keduanya. Kantung paru-paru yang terkena infeksi akan meradang dan mengeluarkan lendir atau cairan.

Penularan penyakit pneumonia sangat mudah terjadi hanya melalui udara, ketika seseorang batuk atau bersin maka dapat melontarkan penyakit ini beserta air liur ke udara.

Baca selengkapnya Paru-Paru Basah atau Pneumonia, Ini Penyebab dan Pencegahannya

5. Terkena Tuberkulosis

Kasus tuberkulosis atau TBC masih cukup banyak di Indonesia, bahkan menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2017 menempatkan negara kita di posisi ke dua di dunia yang mempunyai kasus tuberkulosis terbanyak.

Penularan penyakit tuberkulosis sangat mudah dan cepat, hanya melalui cairan liur, dahak, batuk dan bersin maka dapat menginfeksi banyak orang.

Hindari untuk berkontak dengan orang lain melalui lendir atau pun cairan seperti air liur agar tidak terinfeksi berbagai penyakit di atas.

Jika timbul beberapa keluhan kesehatan setelah terkena air liur dari bersin atau batuk dari orang lain, maka segera periksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosa lebih dini.

Butuh perawat home care live-in 24 jam di rumah kamu? Insan Medika menghadirkan layanan jasa perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi/anak berkebutuhan khusus di seluruh Indonesia. Dapatkan dengan harga terbaik, transparan dan garansi tak terbatas. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial,* pesan sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care