Cara agar orang tua panjang umur
Cara agar orang tua panjang umur

Apakah kamu sedang tidak tinggal dengan orang tua dikarenakan kuliah atau bekerja di luar kota? Jika benar maka mulailah untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang tua yang ada di kampung halaman.

Berkomunikasi dengan orang tua secara intens akan membuat umur mereka jauh lebih panjang daripada orang tua yang jarang berkomunikasi dengan anak atau anggota keluarganya.

Kesepian akibat tidak adanya interaksi dengan orang lain menyebabkan gangguan kognitif atau penurunan fungsional hingga kematian dini.

Sebubah riset yang dilakukan oleh University of California, San Fransisco yang berjudul “Loneliness in Older Persons” tahun 2012 dimuat pada The JAMA Netowrk menyebutkan bahwa kesepian pada orang tua (lansia) dapat menyebabkan penurunan fungsional dan kematian dini.

Para ahli menggunakan partisipan sebanyak 1.600 orang tua dengan usia rata-rata 60-71 tahun, hasilnya mengungkapkan bahwa hampir 23% partisipan yang merasa kesepian meninggal dalam waktu enam tahun saat penelitian. Sedangkan sebanyak 43% lansia yang usia di atas 60 tahun merasa terisolasi.

Di lain tempat, Brigham Young University, Utah tahun 2010 mengungkapkan jika ikatan sosial sangat penting dalam memperpanjang usia para lansia.

Lansia yang mempunyai banyak teman dekat dan mempunyai kehangatan dalam keluarga cenderung akan hidup lebih lama dibandingakn dengan lansia yang kesepian.

Baca juga:

Cara agar orang tua panjang umur

Banyak orang tua yang kehilangan kegirangannya dan cenderung lebih sedikit bergaul dengan lingkungan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Salah satunya adalah hilangnya rasa percaya diri akibat penurunan fungsional atau muncul egoisme.

Membuat orang tua mau untuk melakukan berbagai kegiatan sosial dan banyak berkomunikasi dengan orang lain harus dibangun dari dalam rumah.

Berikut 5 cara agar orang tua panjang umur

1. Jalin komunikasi secara aktif

Sebagai anggota keluarga, anak-anak harus membiasakan untuk berkomunikasi dengan orang tua dalam berbagai hal. Tujuannya agar orang tua tetap aktif dan tidak kehilangan rasa percaya dirinya.

Jika Anda berada di luar kota karena tuntutan pekerjaan atau sedang mengambil studi, maka lakukanlah panggilan telepon atau pun video call.

Lakukan setiap hari dan pastikan orang tua tidak merasa kesepian. Jika tidak sempat untuk melakukan panggilan telepon atau video, hubungilah mereka melalui pesan singkat atau pesan WhatsApp.

2. Bertemu sesering mungkin

Walau banyak kesibukan yang kamu alami di luar kota, baik itu pekerjaan atau studi, sempatkanlah untuk membuat jadwal rutin untuk pulang ke rumah.

Bertemu langsung dengan orang tua tidak ada duanya. Walau pun kamu tidak membawakan apa-apa, namun kehadiranmu sudah lebih dari cukup untuk orang tua.

3. Ikutkan orang tua ke dalam komunitas

Menawarkan orang tua untuk bergabung dengan komunitas sesama lansia akan membuatnya lebih aktif berada di luar rumah. Hal ini jauh lebih baik karena ketika di luar rumah, mereka dapat melakukan berbagai kegiatan yang positif.

Jika tidak menemukan komunitas yang tepat untuk orang tua, coba tawarkan untuk ikut senior club di kotanya. Beberapa senior club mempunyai program harian sangat baik untuk orang tua.

Baca juga: Tiga Panti Werdha Eksklusif Terbaik Untuk Para Senior/Lansia

4. Ajak orang tua piknik

Walau fisiknya tidak lagi prima, namun orang tua agak suka jika diajak bertamasya ke tempat-tempat baru seperti ke alam terbuka baik itu pantai atau pun objek wisata lainnya.

Pastikan saat akan melakukan piknik, kesehatan orang tua benar-benar siap untuk melakukan aktifitas yang jauh dari rumah. Siapkan juga obat-obatan pribadinya untuk antisipasi jika dibutuhkan.

5. Ajari orang tua menggunakan teknologi masa kini

Biasanya orang tua tidak mau belajar hal-hal baru di luar kemampuannya, bahkan mereka rela menggunakan teknologi lama seperti handphone yang tidak lagi diproduksi dari pada menggunakan smartphone.

Padahal fungsi dari handphone zaman dulu tidak lagi bisa mengikuti perkembangan teknologi di zaman sekarang. Jika handphone dahulu hanya dapat digunakan untuk SMS dan panggilan, sedangkan saat ini sudah dapat untuk panggilan video.

Ajarilah orang tua untuk menggunakan teknologi zaman sekarang minimal smartphone yang dapat digunakan untuk berinternetan.

Itulah 5 cara agar orang tua panjang umur, lakukanlah hal-hal sederhana walau itu singkat untuk orang tua yang penting intensitasnya tetap terjaga. Jangan biarkan orang tua menjalani kehidupan di masa senjanya sendirian dan kesepian.

Anda membutuhkan pengasuh sekaligus perawat orang tua/lansia di rumah live-in 24 jam? Gunakan layanan home care Insan Medika, pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Tersedia juga layanan perawat medis, perawat orang sakit dan perawat bayi/anak panggilan dan tinggal di rumah Anda. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial,* pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here