HomeFakta KesehatanBenarkah Boba Sebabkan Batu Empedu Seperti Ini? Berikut Penjelasannya

Benarkah Boba Sebabkan Batu Empedu Seperti Ini? Berikut Penjelasannya

Benarkah boba atau bola-bola yang terbuat dari tapioka bisa masuk dan mengendap di dalam kantung empedu seperti yang sedang heboh di media sosial sekarang ini?

Terdapat sebuah video berdurasi 42 detik menampilkan seseorang sedang membedah organ dalam manusia (kantung empedu) yang dipenuhi dengan bola-bola mirip boba.

Banyak komentar dari para warga net mempertanyakan kebenaran video tersebut. Menurut Ahli pencernaan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH berpendapat bahwa tidak mungkin ada boba di dalam kantung empedu.

“Jadi secara pencernaan itu tidak mungkin boba ada di dalam kantung empedu seperti itu. Kantung empedu itu bisa muncul batu-batu seperti itu karena kolesterol yang tinggi.Kemudian makin lama dia akan berbentuk seperti pasir dan lama-lama membatu,” terang Prof Ari dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) seperti yang dikutip dari Detikcom.

Baca juga: Bahaya Penggunaan Plastik Pada Kemasan Makanan, Salah Satunya Kanker Ini

Selain itu, ia menambahkan jika boba yang terbuat dari karbohidrat tidak akan berubah menjadi batu empedu seperti yang ditampilkan pada video. Pasalnya, batu empedu hanya dapat tercipta karena kolesterol yang begitu tinggi.

Semakin tinggi kolesterol maka semakin banyak pula bola-bola batu di dalam kantung empedu. Kolesterol dapat disebabkan oleh jenis makanan yang tidak sehat, seperti cokelat, keju dan makanan berlemak tinggi.

“Jadi orang-orang yang makan cokelat, keju yang tinggi lemak itu akan menyebabkan kolesterol tinggi. Kalau itu banyak kita temukan kasus-kasus (batu emepedu) seperti itu. Jadi tidak mungkin boba yang kandungannya itu karbohidrat, tidak berubah bentuknya di dalam kantung emepedu,” imbuh Prof Ari.

Meski kabar mengenai boba di dalam kantung empedu tidak benar, mengkonsumsi minuman manis dengan topping boba terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes di usia muda.

Tak hanya meningkatkan risiko diabetes, minuman manis juga dapat menyebabkan gagal ginjal. Semakin tinggi kadar gula pada minuman dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental.

Darah yang mengental ini akan memaksa ginjal bekerja keras untuk menyaring darah dari zat beracun atau zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care