5 Jenis Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Dihindari
5 Jenis Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Dihindari. (Img: aaurology.com)

Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah meterial keras menyerupai batu yang tercipta dari endapan mineral dan garam di dalam ginjal.

Batu ginjal dapat terjadi pada saluran urine, ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih akibat proses penumpukan limbah darah berbentuk kristal.

Seiring berjalannya waktu, penumpukan kristal limbah darah tersebut akan bertumpuk dan berbentuk menyerupai batu yang keras hingga dapat mengganggu sirkulasi cairan pada saluran yang diendapi.

Pada akhirnya, batu ginjal dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius hingga berujung pada kematian. Gejala paling umum dari penyakit batu ginjal adalah timbulnya rasa nyeri pada area pinggang bawah hingga pinggul.

Baca juga: Kanker Ginjal: Jenis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Penyebab Batu Ginjal

Setidaknya terdapat empat jenis penyebab batu ginjal yang patut Anda waspadai, yaitu:

  • Batu kalsium: Paling umum terjadi dan mempunyai dua bentuk, yaitu Kalsium Oksalat dan Kalsium Fosfat.
  • Batu asam Uric: Disebabkan oleh pH urine yang terlalu asam dalam jangka panjang.
  • Batu Struvite: Terjadi akibat dari infeksi pada ginjal.
  • Batu Crystine: Terjadi akibat kelainan genetik.

Setiap orang berisiko mengalami penyakit batu ginjal apa bila tidak memperhatikan gaya hidup dan pola makan. Beberapa jenis makanan berikut ini berisiko menjadi penyebab batu ginjal.

Makanan Penyebab Batu Ginjal

Hindari jenis makanan dan minuman berikut ini untuk menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal sejak dini.

1. Makanan Mengandung Tinggi Sodium

Hindari makanan yang banyak mengandung sodium seperti garam dan makanan dalam kemasan. Jenis makanan ini sangat berisiko meningkatkan terjadinya batu ginjal.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung sodium adalah:

  • Kacang yang telah dibuat asin.
  • Makanan instan seperti mie instan.
  • Makanan dalam kemasan kaleng.
  • Produk olahan daging seperti sosis, nugget dan ham.
  • Kecap dan saus.

2. Makanan Mengandung Protein Hewani

Ternyata daging, telur dan seafood dapat meningkatkan risiko terciptanya batu ginjal akibat kandungan purin pada makanan tersebut.

Purin akan diproses menjadi asam urat yang merupakan salah satu bahan pembentuk batu ginjal.

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi tiga jenis makanan tersebut, khususnya daging hanya disarankan untuk dikonsumsi kurang dari 170 gram.

3. Makanan Mengandung Tinggi Oksalat

Oksalat dapat dihasilkan oleh tubuh dari sampingan pemecahan vitamin C yang berisiko meningkatkan pembentukan batu ginjal.

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung oksalat dapat menyatu dengan kalsium pembentuk batu ginjal.

Beberapa jenis makanan berikut ini sebaiknya Anda perhatikan untuk menghindari terbentuknya batu ginjal akibat mengkonsumsi:

  • Kadang mede dan almond.
  • Produk olahan kedelai.
  • Bayam.
  • Okra, Beet dan Kiwi.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C.
  • Teh.

4. Minuman Berkarbonasi

Minuman yang mempunyai kandungan soda banyak mengandung pemanis buatan, asam fosfat dan asam nitrat. Kandungan-kandungan tersebut sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh, ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengolahnya.

Lambat laun ginjal akan mengalami penurunan fungsi sehingga sulit mengurai asam fosfat sehingga membuatnya dapat bereaksi dengan kalsium yang ada di dalam ginjal.

Kondisi tersebut dapat berisiko meningkatkan endapan kristal hingga akhirnya berbentuk batu ginjal hingga risiko penyakit ginjal kronis.

5. Suplemen Berkalsium

Beberapa artikel menyebutkan bahwa mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium tidaklah baik khususnya bagi mereka yang telah menderita batu ginjal.

Faktanya produk susu yang diciptakan khusus untuk penderita batu ginjal tetap aman dikonsumsi setidaknya 800 mg kalsium per hari.

Kalsium yang patut diwaspadai adalah kalsium yang dihasilkan dari suplemen, perhatikan pula cara menggunakannya. Sebaiknya dibarengi dengan makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat atau suplemen tersebut.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here