Gus Miftah terpaksa dirawat di RSUD Rembang
Gus Miftah terpaksa dirawat di RSUD Rembang. (nurfmrembang.com & Wikipedia.org)

Gus Miftah atau dengan nama lengkap KH Miftah Maulana Habiburrahman dikabarkan dirawat di RSUD dr R Soetrasno Rembang pada hari Jumat, 10 Januari 2020 sekitar pukul 01:00 WIB dini hari.

Pada hari sebelumnya, Kamis, 09 Januari 2010, Gus Miftah sempat memberikan ceramah pada pengajian yang dilakukan di dua tempat sekaligus, yaitu lapangan Palapa Pamotan dan lapangan Pancur.

Menurut Suparno salah seorang warga yang mengikuti pengajian, Gus Miftah sempat mengatakan bahwa ia sedang sakit atau tidak enak badan.

“Gus Miftah pas ceramah memang secara langsung bilang kalau sedang sakit, nggak enak badan. Kebetulan pas pengajian di Pamotan itu hujan, beliau lepas sorban mungkin kena air hujan banyak,” kata Saparno seperti yang dikutip dari Gelora.co.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit, Gus Miftah didiagnosa mengalami dehidrasi.

“Jadi Jumat dini hari, sekitar jam 1 ditangani di IGD. Oleh IGD didiagnosa mengalami dehidrasi. Jadi ada tanda-tanda dehidrasi di antaranya hipotensi,” kata Nurdin yang menjabat sebagai Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan RSUD dr R Soetrasno Rembang yang dilansir dari Detik.com.

Bahaya Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan yang mengganggu keseimbangan zat gula dan garam sehingga organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal.

Dianjurkan para ahli untuk mengkonsumsi cairan atau minum air sebanyak 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan jenis aktivitas. Apa bila aktivitas berat maka wajib menambah jumlah cairan tubuh dengan banyak minum.

Dehidrasi yang tidak ditangani dengan serius dapat menimbulkan masalah komplikasi yang fatal seperti:

  • Gangguan organ dalam seperti ginjal.
  • Kehilangan kesadaran.
  • Syok.
  • Risiko kram otot, kelelahan, sakit kepala hingga heat stroke.
  • Abnormalitas elektrolit.

Segera penuhi cairan tubuh Anda setelah melakukan segala aktivitas atau olahraga seperti lari, sepak bola, bersepeda dan lain sebagainya.

Gejala dehidrasi

Jangan pernah meremehkan dehidrasi apa bila tidak ingin mengalami beberapa gejala seperti berikut:

  • Haus yang berlebihan hingga menyebabkan pusing.
  • Mulut kering.
  • Kulit kering yang dapat terlihat seperti keriput karena kehilangan kelembabannya.
  • Mengalami kelelahan dan lesu.
  • Saat buang air kecil maka urine berwarna gelap dan bau.

Mengatasi dehidrasi

Pada kondisi yang ekstrem, penanganan penderita dehidrasi dapat dilarikan ke Istalasi Gawat Darurat untuk diberikan infus. Metode ini sangat efektif untuk menggantikan cairan tubuh dan mineral secara cepat.

Dehidrasi yang disebabkan oleh penyakit seperti diare dapat diatasi dengan minum banyak air putih ditambah dengan jus buah dan susu yang mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau soda untuk menghindari masalah yang lebih serius seperti kejang, kerusakan otak hingga kematian.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here