HomeKesehatan5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan,...

5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan, Yuk Lakukan!

Indonesia khususnya di wilayah Sumatra, Jawa dan Nusa Tenggara telah memasuki musim hujan mulai akhir tahun 2019 hingga mencapai puncaknya pada bulan Februari-Maret 2020.

Perubahan cuaca ini harus disikapi dengan cara menyiapkan diri dan mulai menerapkan pola hidup sehat yang sesuai di musim penghujan agar tidak mudah jatuh sakit.

Beberapa penyakit yang marak terjadi di musim hujan bisa berupaya penyakit ringan hingga berat seperti batuk, pilek (flu), demam, diare, tifus hingga DBD atau malaria.

Lalu bagaimana kiat-kiat tetap sehat di musim hujan? Berikut 5 tips menjaga tubuh tetap fit di musim hujan yang harus Anda lakukan.

Tips menjaga kesehatan di musim hujan

Setiap orang mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda-beda, namun ada kalanya “sedia payung sebelum hujan” agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit.

1. Hindari terkena hujan

Hindari terkena hujan
Hindari terkena hujan. (baaz.com)

Menyediakan payung atau jas hujan amatlah penting karena kedua benda tersebut akan sangat berguna ketika tiba-tiba turun hujan apa lagi ketika Anda tengah dalam perjalanan menggunakan kendaraan tanpa atap.

Tidak ada salahnya selalu membawa payung atau jas hujan meski pagi cerah tanpa ada tanda-tanda akan turun hujan. Menggunakan payung atau jas hujan dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan.

Apa bila Anda tidak membawa kedua benda tersebut, alangkah baiknya Anda menunggu hujan mereda terlebih dahulu dan jangan memaksakan untuk menerobos hujan.

2. Makan dan minum sehat

Makan dan minum sehat
Makan dan minum sehat. (Shutterstock)

Hujan sering kali turun di pagi, siang, sore atau malam hari yang menyebabkan suhu lebih dingin, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori dan nutrisi agar tubuh tidak jatuh sakit.

Selain itu, tingkatkan untuk makan makanan yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan dari buah, sayur atau suplemen untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski musim hujan, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan air minum yang dibutuhkan oleh tubuh, minum air putih minimal 8 gelas sehari sengat dianjurkan. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi minuman seperti teh, cokelat atau kopi dalam keadaan hangat.

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (hawaiipacifichealth.org)

Kondisi lembab dan dingin membuat sebagian orang enggan untuk terlalu sering berurusan dengan air.

Padahal menjaga kebersihan diri seperti rutin mencuci tangan sebelum makan wajib hukumnya agar tidak terserang virus, bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan diare dan masalah kesehatan lainnya.

Penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan apa lagi ketika terdampak banjir yang dapat membawa berbagai benda kotor masuk ke dalam rumah.

Benda-benda tersebut umumnya telah terkontaminasi dengan berbagai jenis penyakit yang cukup berbahaya untuk kesehatan. Segera bersihkan rumah atau halaman setelah banjir surut dari lumpur, benda kotor dan sejenisnya.

4. Menjaga tubuh tetap hangat

Menjaga tubuh tetap hangat
Menjaga tubuh tetap hangat. (iStock)

Sering kali hujan turun selama seharian, ini akan membuat suhu semakin dingin dan lembab.

Kenakanlah pakaian hangat seperti sweater, jaket, kaos kaki dan aksesoris lainnya agar tubuh tidak kedinginan.

Apa bila Anda telah basah kuyup karena menerjang lebatnya hujan untuk pulang ke rumah, sebaiknya untuk segera mandi menggunakan air hangat lalu makan atau minum hangat dan selimuti diri dengan pakaian hangat.

5. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Istirahat yang cukup dan berkualitas
Istirahat yang cukup dan berkualitas. (healthline.com)

Hujan sering kali terjadi di jam pulang kerja atau pulang sekolah, badan lelah, letih dan capek ditambah lagi dengan terguyur air hujan selama perjalanan pulang.

Setiap hari selama musim penghujan hal seperti itu akan umum terjadi, oleh sebab itu menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup dan berkualitas sangat dibutuhkan.

Dikutip dari Kompas Lifestyle, orang dewasa harus tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam dan anak-anak membutuhkan waktu 9-11 jam. Beberapa orang yang sulit tidur dapat melakukan cara tidur cepat dalam 30 detik dengan metode 4-7-8.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[socialpoll id=”2578549″]

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care