HomeKesehatanLakukan 5 Tips Berikut Ini Agar Tidak Mudah Terserang...

Lakukan 5 Tips Berikut Ini Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit Ketika Banjir

Berkembangnya penyakit akan semakin parah ketika banjir mulai surut, karena akan banyak sekali lumpur, sampah dan kotoran yang terpapar udara bebas.

Selain itu, daya tahan tubuh juga akan menurun karena tidak dapat berisitrahat dengan aman dan nyaman.

Beberapa penyakit seperti diare, tifus, kulit gatal-gatal hingga infeksi dapat terjadi apa bila tidak menjaga kebersihan diri.

Agar tubuh tidak mudah sakit saat dilanda banjir, lakukan 5 tips berikut ini.

1. Selalu menggunakan pakaian kering

Pakaian basah baik itu baju, celana atau kaos kaki dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada kulit seperti jamur, iritasi, gatal-gatal hingga infeksi bakteri.

Pakaian basah yang dikenakan terlalu lama dapat memicu perkembangan jamur dengan cepat di area tubuh tertentu khususnya pada bagian lipatan seperti selangkangan, paha bagian dalam dan pantat.

2. Membersihkan diri

Setelah basah kuyup terkena banjir atau hujan maka segeralah untuk membersihkan diri dengan mandi air bersih, tak lupa untuk menggosok bagian kaki sampai bersih agar tidak timbul infeksi.

Gunakan sabun yang mengandung antiseptik untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari berbagai jenis kumat, bakteri atau virus yang terbawa oleh banjir.

Ketika selesai mandi jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bagian tubuh khususnya bagian rambut kepala agar tidak menyebabkan penyakit flu.

3. Minum dan maka dalam kondisi hangat

Beberapa jenis minuman yang dapat dijadikan untuk menghangatkan tubuh adalah teh dan jahe.

Buatlah minuman teh atau jahe hangat yang berkhasiat menghangatkan tubuh sekaligus menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit di musim penghujan.

Meski musim hujan atau tengah dalam kondisi banjir, jagan lupa untuk terus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.

Mintalah bantuan kepada tim SAR atau kunjungi posko terdekat untuk mendapatkan pertolongan khususnya makanan apa bila di tempat Anda terdampak banjir.

4. Perhatikan kepersihan

Banjir sering membawa berbagai jenis benda kotor yang telah terkontaminasi oleh bakteri, virus atau kuman penyebab penyakit. Memperhatikan kebersihan sekitar amatlah sangat penting.

Segera bersihkan rumah dan halaman dari lumpur atau benda kotor apa bila banjir sudah surut untuk menghindari berkembangnya penyakit.

Gunakan sabun pembersih khusus lantai yang mengandung antiseptik untuk membunuh kuman atau virus yang terbawa oleh banjir.

4. Konsumsi vitamin

Bila hujan atau banjir menyebabkan kondisi tubuh mulai tidak prima maka mengkonsumsi vitamin dapat dihandalkan. Memenuhi kebutuhan vitamin C dapat membuat tubuh terhindar dari demam hingga flu.

Meski begitu, konsumsilah vitamin C yang bisa didapatkan dari suplemen, minuman, obat-obatan atau dari bahan alami seperti buah dan sayur dalam dosis yang tepat.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan keperawatan profesional, seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[socialpoll id=”2578549″]

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care