HomeKesehatan3 Cara Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah...

3 Cara Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang berbeda-beda, seseorang dengan sistem imun yang lemah lebih mudah terserang penyakit.

Beberapa penyakit seperti batuk, flu, demam, diare dan sakit kepala sering dialami oleh orang dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak terlalu kuat untuk melawan virus, bakteri atau kuman.

Agar tidak mudah jatuh sakit, maka dapat menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan sehat, mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengelola stres dengan baik.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 cara mengatasi sistem imun yang lemah dan mengembalikan sistem imun yang rusak:

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat (Img: oncozine.com)

Seseorang yang menerapkan gaya hidup sehat tentu mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Beberapa cara sederhana untuk menerapkan gaya hidup sehat dapat dimulai dengan:

  • Melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari.
  • Mencukupkan waktu istirahat atau tidur minimal 7-8 jam sehari.
  • Mengelola stres dengan baik dan jangan membiarkan stres berlarut-larut.
  • Menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras.

Baca juga: Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Pikun di Usia Muda, Ini Penelitiannya

Kebiasaan buruk seperti merokok telah terbukti secara klinis dapat merusak sistem kekebalan dan organ tubuh terutama sistem pernapasan seperti paru-paru.

Selain rokok konvensional (rokok tembakau), dewasa ini hadir rokok elektrik yang diklaim jauh lebih aman daripada rokok tembakau.

Faktanya tidak ada yang lebih aman, baru-baru ini masyarakat dunia dikejutkan dengan adanya ribuan orang terserang penyakit Evali akibat rokok elektrik atau vape di Amerika Serikat.

2. Makan Makanan Sehat

Makan Makanan Sehat
Makan Makanan Sehat. (Img: Getty)

Penting sekali mengkonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan sistem imun yang lemah. Mulailah untuk mengkonsumsi buah dan sayur segar dan hindari mengkonsumsi makanan junk food, berminyak, terlalu manis dan asin.

Seseorang yang rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah terbukti mempunyai sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik daripada mereka yang jarang mengkonsumsi makanan tersebut.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada sayur dan buah sangat baik mengembalikan sistem imun yang rusak akibat penyakit dari virus atau bakteri.

Baca juga: Golongan Darah O: Jangan Konsumsi 8 Jenis Makanan Berikut Ini

3. Suplemen untuk Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Suplemen untuk Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh
Suplemen untuk Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh. (Img: keckmedicine.org)

Mengkonsumsi obat daya tahan tubuh yang bagus seperti suplemen atau vitamin dapat menjadi pelengkap untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sebelum mulai mengkonsumsi suplemen atau vitamin sebaiknya Anda perhatikan dulu kandungannya. Lebih baik, Anda dapat melakukan konsultasi kepada ahli gizi terlebih dahulu.

Dirangkum dari Alodokter, berikut 4 jenis suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh:

  • Echinacea. Kandungan yang miliki oleh suplemen ini bermanfaat sebagai antivirus, antiinflamasi dan antioksidan untuk melawan virus penyebab flu hingga membantu tubuh meningkatkan pertumbuhan sel.
  • Morinda Citrifolia. Disebut juga dengan mengkudu yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh hingga memperbaiki kerusakan sel.
  • Phylantus. Kandungan antioksidan yang ada pada daun meniran atau Phylantus ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Vitamin B6, C dan E. Beberapa produk multivitamin saat ini telah mengikutsertakan ke tiga vitamin tersebut. Vitamin B6, C dan E terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh.

Harap melakukan konsultasi kepada dokter sebelum mengkonsumsi suplemen di atas karena beberapa jenis obat atau suplemen sangat dilarang untuk orang dengan penyakit ginjal, jantung atau liver.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care