HomeKesehatanPengertian Wabah, Epidemi dan Pandemi pada Suatu Penyakit

Pengertian Wabah, Epidemi dan Pandemi pada Suatu Penyakit

Sudah sejak ribuan tahun yang lalu manusia berperang terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus atau kuman. Terakhir, umat manusia dihadapkan dengan Novel Coronavirus nCoV-2019 atau Covid-19 yang pertama kali muncul di China pada Desember 2019.

Tepat pada hari Rabu (11/3/2020) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan secara resmi Covid-19 sebagai pandemi global. Hal tersebut didasari oleh jumlah korban virus corona yang terus bertambah dan sulit dikendalikan.

Pada Kamis (12/3/2020) tercatat sebanyak 126.273 total kasus infeksi virus corona di seluruh dunia dan sebanyak 4.633 harus meregang nyawa. Meski begitu, seluruh negara terus berupaya untuk menyembuhkan para korban.

Dari keputusan WHO tersebut menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global, apa arti pandemi, epidemi dan wabah?

Pengertian Wabah, Epidemi dan Pandemi

Berikut penjelasan dari masing-masing yang disadur dari The Conversation, Asisten Profesor Epidemiologi Universitas Texas A&M, Rebecca S.B. Fischer.

1. Wabah

Pengertian wabah adalah jumlah korban sedikit namun dampaknya luar biasa, “Kecil-kecil cabai rawit”.

Suatu penyakit dapat disebut sebagai wabah apa bila terdapat peningkatan jumlah kasus yang dilihat dari periode waktu, tempat dan populasi.

Pada awal kemunculan kasus virus corona atau Covid-19 dapat dikatakan sebagai wabah karena jumlah kasus yang diantisipasi tidak ada.

Penyakit yang pernah dianggap sebagai wabah adalah: Cacar, Disentri dan Kolera.

2. Epidemi

Pengertian epidemi adalah jumlah korban dari suatu penyakit sangat banyak dan penyakit ini dapat menular ke wilayah yang lebih luas.

Pada kasus sebelumnya virus corona hanya terjadi di Wuhan namun seiring berjalannya waktu virus tersebut sangat cepat meluas ke wilayah yang lebih besar.

Pada kondisi seperti itu, virus corona telah dapat dikatakan sebagai epidemi.

3. Pandemi

Pandemi adalah penyebaran virus secara luas bahkan ke seluruh dunia dengan sangat cepat dan sulit untuk dikendalikan atau dalam kata sederhana, suatu penyakit yang telah menyebar luas hingga keluar negeri dapat dikatakan sebagai penyakit pandemi.

Meski begitu, beberapa ahli ada yang bersilang pendapat. Ada yang mengatakan suatu penyakit dapat dikatakan sebagai pandemi apa bila di suatu wilayah terdapat kasus baru melalui penularan setempat.

Contoh, apa bila ada WNI yang baru saja terjangkit virus corona sepulang dari Wuhan maka hal ini belum bisa dikatakan sebagai pandemi.

Namun apa bila WNI tersebut menularkan penyakit virus corona ke keluarga, kerabat atau teman saat ada di Indonesia maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai pandemi.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putra
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care