17 Penyakit Pada Lansia Yang Patut Diwaspadai
17 Penyakit Pada Lansia Yang Patut Diwaspadai (Img: sunnybrook.ca)

Seseorang yang telah memasuki lanjut usia (lansia) akan mengalami kemunduran kesehatan fisik, mental dan sosial secara bertahap hingga tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Dibutuhkan pendampingan dan perawatan kepada lansia untuk membantunya tetap aktif dan produktif, salah satu layanan kesehatan di rumah yang paling populer saat ini adalah home care perawat lansia.

Perawat lansia atau disebut juga dengan caregiver adalah perawat yang ditugaskan khusus untuk merawat orang tua (lansia) di rumah secara langsung selama 24 jam.

Seluruh kebutuhan dan keinginan lansia akan dibantu oleh caregiver, mulai dari bangun tidur, sarapan atau makan, membersihkan pakaian hingga tempat tidur, menyiapkan obat hingga tidur kembali.

Penggunaan jasa layanan home care ini sangat tepat sekali digunakan untuk keluarga yang tidak mempunyai cukup waktu dalam mengurus dan merawat orang tua di rumah.

Selain itu, merawat orang tua harus ditingkatkan apabila orang tua telah didiagnosa menderita penyakit tertentu. Berikut 17 penyakit yang umum terjadi pada lansia di Indonesia yang patut diwaspadai.

Baca juga: 5 Daftar Penyakit Kronis Lansia Ini Akan Kita Alami Saat Menua

17 Penyakit Pada Lansia

Melansir dari berbagai sumber, berikut 17 penyakit pada lansia yang wajib diperhatikan dan diwaspadai:

  1. Stroke.
  2. Diabetes.
  3. Hipertensi.
  4. Gagal Jantung.
  5. Gagal Ginjal.
  6. Jantung Koroner.
  7. Arthritis.
  8. Osteoporosis.
  9. Batu Ginjal
  10. Kanker.
  11. Katarak.
  12. Alzheimer dan Demensia.
  13. Malnutrisi.
  14. Mengompol.
  15. Penyakit Mental.
  16. Insomnia.
  17. Penyakit Paru Obstrukti Kronis (PPOK).

Menurut dokter spesialis penuaan (Geriatri) Siti Setiati yang dilansir dari Liputan6.com, penyakit seperti Hipertensi, Diabetes Melitus dan Penyakit Jantung Koroner menjadi penyakit paling utama yang wajib diperhatikan.

Ketiga penyakit tersebut sangat mempengaruhi kualitas hidup lansia, bahkan pengobatan dan perawatan pada lansia yang mengalami penyakit tersebut harus ditangani secara khusus.

Pencegahan penyakit pada lansia dapat dilakukan sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin melakukan olahraga serta tidak merokok.

Selain itu, beberapa jenis makanan harus dihindari oleh lansia seperti makanan yang mengandung banyak garam, gula, minyak dan lemak. Langkah terakhir, sempatkanlah untuk melakukan medical check-up di rumah sakit.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here