Inilah menu makanan untuk lansia
Inilah menu makanan untuk lansia. (amano-enzyme.com)

Orang tua yang telah memasuki lanjut usia (lansia) membutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang khusus. Berbeda dengan anak-anak atau orang dewasa, makanan yang harus dikonsumsi oleh lansia harus memperhatikan kondisi kesehatan.

Lansia dengan kondisi sakit seperti diabetes tentu harus mengindari jenis makanan yang banyak mengandung gula dan lemak. Meski seorang lansia tidak mempunyai keluhan kesehatan, namun harus tetap memerhatikan jenis makanan yang cocok dan menyehatkan.

Selain itu, waktu makan pun harus dijadwalkan agar tidak telat. Berikan menu makanan bergizi untuk orang tua menyesuaikan dengan kondisi kesehatannya.

Berikut menu makanan untuk lansia dalam satu hari baik pagi, siang dan malam yang dapat Anda terapkan demi kesehatan orang tua tercinta di rumah.

Baca juga: 4 Menu Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia. Nomor 3 Bahaya!

1. Menu sarapan lansia

Pada pagi hari, Anda dapat membuatkan menu sarapan untuk lansia yang banyak mengandung nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan kalsium.

Dapatkan nutrisi yang dibutuhkan lansia dengan memberikan menu sarapan seperti:

  • Lebih baik mengganti nasi putih dengan nasi merah, oatmeal atau gandum untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.
  • Sayuran seperti sup wortel dengan kaldum minim garam sangat beik untuk dijadikan menu sarapan pagi.
  • Berikan buah untuk memenuhi kebutuhan serat harian orang tua seperti pisang, pepaya, jeruk atau apel.
  • Berikan susu rendah lemak dan gula untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Jam sarapan lansia dapat dijadwalkan antara pukul 07:00-09:00 pagi setelah mandi dan melakukan olahraga ringan atau pun setelah berjemur di bawah sinar matahari pagi.

2. Menu makan siang lansia

Menjelang siang hari, persiapkan menu makanan yang lebih kompleks seperti nasi, ikan, tahu, tempe, sayuran dan buah-buahan.

Beberapa jenis ikan seperti salmon, patin atau lele sangat baik untuk memenuhi protein harian lansia. Anda dapat mengolah ikan-ikan tersebut dengan cara dipepes atau pun goreng.

Harap perhatikan kualitas minyak goreng yang digunakan, jangan menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali.

Pada siang hari, Anda dapat memberikan jus buah-buahan agar mudah untuk dicerna oleh pencernaan lansia, harap hindari penggunaan gula.

Berikan makan siang untuk lansia antara pukul 12:00-13:00 dan hindari untuk memberikan makanan dalam porsi banyak.

3. Menu makan malam lansia

Saat malam hari, berikan menu makan malam yang mudah untuk dicerna oleh perut seperti kacang-kacangan, gandum, tempe, sayuran dan buah-buahan.

Jam makan malam lansia maksimal pukul 19:00 malam dan tidak boleh diberikan makanan berat setelah makan malam.

Cukup berikan susu rendah lemak menjelang tidur agar kesehatan dan kekuatan tulang terjaga baiknya.

4. Menu selingan untuk lansia

Menu makanan selingan sangat penting untuk lansia agar di antara jam makan tidak mengalami kelaparan dan kehabisan energi.

Beberapa jenis makanan camilan yang dapat diberikan kepada lansia adalah buah-buahan, umbi atau pisang rebus dan jus buah atau sayur.

Agar lansia tidak bosan terhadap menu camilan, maka Anda dapat berkreasi dengan membuat menu baru seperti salad buah.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here