Rahasia Panjang Umur Yang Ternyata Sederhana
Rahasia Panjang Umur Yang Ternyata Sederhana. (Img: awisermind.com)

Banyak orang yang rela melakukan apa pun untuk mendapatkan umur yang lebih panjang dan terbebas dari berbagai jenis penyakit. Tak jarang, beberapa orang rela mengeluarkan uang berjuta-juta untuk awet muda.

Membeli produk kecantikan, menggunakan dokter pribadi, mengkonsumsi ramuan atau resep mahal untuk panjang umur dan lain sebagainya.

Padahal rahasia panjang umur itu ternyata sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja sejak dini. Berikut 5 resep umur panjang yang patut Anda coba.

Baca juga: Kenapa Orang Tua (Lansia) Dapat Berperilaku Seperti Anak Kecil?

Cara Mempunyai Umur Panjang

Menjadi lansia yang bahagia, sehat dan produktif
Menjadi lansia yang mempunyai umur panjang. (aginginplace.org)

1. Tetap Aktif dan Bekerja

Berdasarkan pengalaman dari dr Shigeaki Hinohara seorang peneliti medis asal Jepang mengungkapkan rahasia panjang umurnya yang berhasil hidup hingga 105 tahun.

Padahal rata-rata masyarakat Jepang hanya hidup selama 84 tahun saja. Dr Shigeaki mengatakan tetap aktif atau tetap bekerja hingga usia senja sangat penting untuk hidup lebih lama.

Orang yang tetap aktif dan bekerja minimal sampai usia 65 tahun lebih mempunyai tujuan dan harapan hidup untuk hari ini, besok dan hari-hari selanjutnya.

Alasan itulah yang menjadikan Dr Shigeaki mempunyai usia hingga 21 tahun lebih lama daripada orang lain.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

5 Terapi Modalitas untuk lansia
Menjaga berat badan tetap ideal pada lansia. (Img: bethesdahealth.org)

Ketika sudah memasuki usia lanjut, hal yang harus segera dibenahi adalah berat badan. Lansia tidak boleh mempunyai berat badan melebihi hitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) demi kesehatan.

Mulailah untuk mengatur menu makan harian yang direkomendasikan untuk Anda. Kurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, gula, lemak dari daging dan makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur sebagai menu harian untuk program diet agar tidak mempunyai berat badan yang overweight.

Baca juga: Inilah Menu Makanan untuk Lansia dalam Satu Hari

3. Bahagia dan Jangan Stres

Perawat lansia harian
Pentingnya kebahagiaan untuk orang tua agar mempunyai umur panjang.

Cara punya umur panjang satu ini cukup sulit untuk dilakukan oleh orang lanjut usia mengingat keadaan dan kondisi setiap lansia tentu berbeda-beda.

Ada yang tinggal sendirian atau tinggal di panti jompo jauh dari keluarga dan sanak saudara. Meski begitu, bahagia dapat didapat dari kehidupan sehari-hari.

Melakukan interaksi sosial dengan tetangga atau sesama lansia dapat menghindari kondisi kesepian penyebab stres. Kegiatan sosial ini terbukti mampu meningkatkan peluang umur lebih panjang hingga 50 persen.

Selain itu, membuat diri bahagia dan menghindari stres juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dari suatu penyakit.

4. Latih Kemampuan Berpikir

Terapi kognitif untuk lansia
Terapi kognitif untuk lansia. (best-alzheimers-products.com)

Melakukan kegiatan melatih pikiran tetap aktif sangat penting untuk lansia, mulailah rajin membaca buku, surat kabar (koran), majalah atau mengisi soal Teka-Teki Silang (TTS).

Selain itu, Anda juga dapat melakukan permainan kartu bersama dengan komunitas atau keluarga agar kemampuan berpikir tetap terasah dengan kritis.

Kegiatan melatih kemampuan otak untuk tetap aktif dalam berpikir, belajar, menganalisa dan mengontrol omosional dapat menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti pikun, alzheimer atau demensia.

5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Senam untuk lansia
Olahraga senam untuk lansia demi umur yang lebih panjang.

Hal yang paling penting untuk tetap hidup sehat dan mempunyai umur panjang adalah dengan memperhatikan gaya hidup.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan jarang olahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Mulailah aktif melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit di pagi hari, bisa dengan melalukan jalan sehat di sekitar rumah atau mengikuti senam lansia.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here