Manfaat dan Pengaruh Senam Terhadap Kesehatan Lansia
Pengaruh Senam Lansia dan Manfaatnya. (Img: sunshinestudiosheboygan.com)

Lansia yang aktif bergerak, seperti dengan senam, memiliki sedikit potensi terkena gangguan fisik, penyakit kronis, serta gangguan kognitif lainnya.

Pula, British Journal Sport Medicine pada tahun 2014 lalu menyatakan bahwa mental yang baik pun timbul dari senam yang sering dilakukan oleh seorang lansia.

Aktivitas dari senam lansia meliputi kegiatan yang tidak banyak mengambil resiko.

Terlepas dari gerakan melompat, kaki menyilang, menyentak, serta maju-mundur dengan cepat, senam lansia memiliki intensitas gerak yang ringan dan sedang, namun berdampak untuk mengoptimalkan sistem kerja jantung ke taraf normal.

Senam untuk lansia
Manfaat senam untuk lansia

Baca Juga : Cara Menjadi Lansia Yang Bahagia dan Produktif

Jenis senam yang biasa dilakukan pun meliputi:

  1. Senam kebugaran.
  2. Senam osteoporosis.
  3. Senam otak.
  4. Senam diabetes mellitus.
  5. Senam persendian.

Jika dilakukan secara teratur, senam lansia bermanfaat untuk:

  1. Menghambat proses penuaan.
  2. Kesegaran jasmani yang lebih baik.
  3. Mencegah kehilangan massa tulang.
  4. Memelihara otot yang kuat.
  5. Menjaga daya tahan tubuh.
  6. Melenturkan persendian.
  7. Menjaga sistim kerja jantung.
  8. Melancarkan pernapasan lebih baik.
  9. Menstabilkan tekanan darah.
  10. Pikiran tetap segar, sehingga membawa rasa bahagia.
olahraga Yoga untuk lansia
Manfaat olahraga untuk lansia

Namun, ada pula alasan penting mengapa bagi lansia dianjurkan untuk mengikuti atau melakukan senam ini, yaitu:

  1. Pengaktifan Anggota Gerak. Terutama pada bagian persendian, sistem gerak tubuh harus terus dilatih untuk meningkatkan fleksibilitas gerak.
  2. Meningkatkan Fungsi Organ Pernapasan. Olahraga ringan dalam senam lansia memberi relaksasi pada tubuh dan melatih pernapasan ketika tubuh bergerak aktif. Memperlancar peredaran darah, paru-paru, serta jantung.
  3. Melatih Keseimbangan. Menciptakan keseimbangan motorik, karena lansia yang sering terjatuh dapat dipungkiri hal tersebut bisa terjadi dikarenakan keseimbangan yang perlu lebih dilatih.
  4. Meningkatkan Koordinasi Anggota Tubuh. Penurunan yang dialami oleh koordinasi antar anggota tubuh terjadi pada lansia. Dalam mengatasinya, senam ialah cara paling efektif dalam peningkatan koordinasi tersebut. Dengan latihan yang baik maka berbagai hal dapat dilakukan, serta setiap rangsangan dapat direspon dengan baik termasuk keterlambatan.
  5. Melatih Kelenturan. Resiko kesehatan terkait anggota gerak tubuh mampu ditanggulangi lewat senam yang berkala serta berkelanjutan. Dengan latihan kelenturan gerak tubuh, membantu seorang lansia terhindar dari salah urat, nyeri sendi, nyeri otot, dan gangguan saraf, dikarenakan tubuh yang terbiasa melakukan sebuah gerakan optimal dan tidak terlalu ekstrem.
  6. Meningkatkan Sistem Imun. Tubuh yang kebal atau imun yang tidak kurang menjauhi badan dari segal virus atau cibal-bakal penyakit. Sistem pertahanan yang diciptakan oleh olahraga yang rutin berperan untuk melawan bakteri atau virus yang membandel, karena kegiatan pertahanan ini pun dipicu oleh aktivitas olahraga rutin dan teratur.
  7. Melatih Kekuatan Tubuh. Kekuatan tulang, otot, dan sendi perlu mengalami pembentukan agar lebih kuat dan optimal lewat senam lansia agar menjauhi seorang lansia dari cedera.
Jalan santai lansia
Manfaat jalan santai bagi lansia

Ada pun beberapa gerakan pada senam lansia yang terlansir pada tautan reviewbukalapak.co, yaitu:

Merenggangkan Pergelangan Kaki

Gerakan yang meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki, serta memperlancara peredaran darah di bagian bawah.

Dengan posisi duduk regangkan salah satu kaki tanpa menyentuh lantai-arahkan ujung jari kaki ke depan-tahan selama 10 samapai 30 detik-lalu tarik kembali ujung jari ke arahmu-tahan selama 10 sampai 30 detik.

Ulangi gerakan ini 3 sampai 5 kali.

Angkat Lengan

Tegakkan badan dan rentangkan kaki selebar bahu-genggam barbel ringan atau botol minum yang berisikan air-angkat kedua tangan ke arah depan – ambil nafas yang dalam-tekuk kedua siku-angkat beban secra perlahan sembari menghembuskan nafas-tahan selama beberapa detik-lalu turunkan bebab tersebut dengan mengambil nafas secara perlahan.

Ulangi gerakan ini 10 hingga 15 kali.

Regangkan Leher

Putar kepala dengan perlahan ke arah kanan atupun kiri – tahan 10 sampai 30 detik hingga bagian leher terasa meregang.

Ulangi gerakan ini hingga 3 kali atu lebih sampai leher terasa lebih lentur dan lebih mudah digerakan.

Angkat Kaki Ke Belakang

Dalam senam ini tidak perlu terburu-buru dalam melakukannya agar menghindari cedera otot, lakukan secara perlahan-lahan.

Rentangkan kedua tangan ke samping – angkat salah satu kaki sejajar dengan pinggul dan tahan selama beberapa detik – turunkan kaki yang direntangkan secara perlahan – lalu lakukan secara bergantian.

Gerakan ini melatih keseimbangan tubuh bagi para lansia, juga melatih otot dan pinggulnya.

Baca Juga : 5 Terapi Modalitas yang Wajib Dilakukan oleh Lansia

Menjadi lansia yang bahagia, sehat dan produktif
Menjadi lansia yang bahagia, sehat dan produktif. (aginginplace.org)

Senam lansia dapat dilakukan secara berkelompok ataupun sendiri, misalkan di rumah, di taman, ataupun dilakukan di lapangan bersamaan dengan kerabat yang lainnya.

Dan dalam menjaga gerakan yang dinamis serta bertahap, untuk memulainya diharapkan untuk jangan melupakan pemanasan dan pendinginan sebanyak 15 sampai dengan 60 menit.

Namun, yang jangan sampai dilupakan ialah minum air mineral untuk menggantikan keringat yang hilang sesudah ataupun sebelum memulai kegiatan senam.

Kegiatan ini dapat dilakukan baiknya 3 kali dalam 1 minggu, tapi tidak dianjurkan bagi yang memiliki penyakit berat atupun memiliki tekanan darah yang lebih dar 180 mmHg.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here