HomeKesehatan LansiaKenapa Orang Tua (Lansia) Dapat Berperilaku Seperti Anak Kecil?

Kenapa Orang Tua (Lansia) Dapat Berperilaku Seperti Anak Kecil?

Pernahkah kamu bertanya tentang orang tua yang telah lanjut usia (lansia) kadang mempunyai sifat kekanak-kanakan? Mulai dari cara berpikir, bersikap hingga berperilaku kembali seperti anak kecil.

Hal tersebut dapat dijelaskan secara medis dan psikologis, semakin bertambah tua usia seseorang maka dapat memengaruhi pola pikir yang tak lagi sama seperti ketika masih muda.

Baca juga: Tiga Jenis Gangguan Kesehatan Kejiwaan dan Mental Pada Lansia

Kemampuan otak untuk menerima, menyimpan dan memproses sebuah informasi kadang akan sedikit kesulitan dan bahkan gagal paham. Beberapa di antarnya disebabkan oleh penyakit seperti pikun, alzheimer dan demensia.

Dikutip dari Lifestyle Kompas bahwa adanya hubungan antara penuaan usia dan penurunan kognitif. Hasil penelitian membuktikan bahwa sel induk saraf yang terletak di dalam otak tertentu memiliki peran utama dalam fungsi kognitif seperti memori, pembelajaran dan perilaku emosional.

Tak hanya kemampuan kognitif saja yang memengaruhi perilaku dan sifat orang tua seperti anak kecil, melainkan juga kekuatan dan kesehatan tubuh yang ia miliki.

Menurunnya kekuatan atau kesehatan fisik dan tak lagi mempunyai aktivitas rutin harian seperti bekerja akan membuat lansia merasa tersisih, kesepian dan beranggapan bahwa dirinya tak lagi dibutuhkan orang lain.

Ditambah lagi jika lansia tak ada yang menemani dalam kesehariannya, tidak ada lagi anak-anak di rumah yang selalu ada untuknya karena sibuk bekerja dan tak ada lagi sang kekasih akan sangat memukul psikologisnya.

Dalam kondisi seperti ini, lansia harus mengambil sikap antara menerima dan menyesuaikan dengan keadaan atau menolak keadaan dengan mengambil sikap melawan (bereaksi berlebihan ) dan menarik diri (menyendiri).

Tak ayal, beberapa lansia ada yang mempunyai perilaku seperti anak kecil. Sulit untuk diberitahu atau dinasehati, misalnya seperti melarang orang tua untuk membersihkan kamar mandi namun tetap saja ia akan melakukannya.

Risikonya adalah terjatuh atau terpeleset yang akhirnya melukai dirinya sendiri. Tidak hanya itu saja, kadang orang tua sangat “membandel” karena sudah berulang kali diberitahu namun tetap saja melakukan hal yang sama.

Baca nanti:

Cara menghadapi orang tua yang sudah lanjut usia

1. Meluangkan waktu

Pada dasarnya orang tua sangat membutuhkan kehadiran orang lain khususnya dari anak-anaknya. Meluangkan waktu bagi orang tua seperti menemaninya bercerita, membuatkan makanan kesukaannya atau hanya sekadar mengawasinya saja sudah lebih dari cukup.

2. Mendengarkan dan meresponnya

Beberapa lansia mungkin akan mengulangi setiap cerita atau omongannya secara terus menerus walau hal tersebut sudah pernah dibahas sebelumnya.

Cukup dengarkan dan berusahalah untuk merespon setiap apa yang ia ungkapnya, seperti mengatakan “Oh begitu ya, lalu bagaimana selanjutnya?”.

Jangan pernah menyuruhnya untuk menghentikan obrolan yang selalu dia katakan berulang kali, biarkan dia bercerita tanpa harus merasa tersinggung.

3. Memberikan tanggung jawab

Walau pun sudah tidak lagi muda, ternyata orang tua atau lansia masih suka untuk menerima tanggung jawab.

Berikanlah tanggung jawab yang sekiranya dia mau dan bisa jalankan, memberikan peran yang berfungsi di dalam keluarga akan membuat orang tua merasa lebih dihargai dan dipercayai.

4. Mengajak orang tua berkegiatan

Jika fisik dan kesehatan orang tua masih memungkinkan untuk melakukan kegiatan ringan, jangan sungkan untuk mengajaknya melakukan aktivitas fisik seperti berkebun, membersihkan dan merapikan ruangan atau hanya sekadar berjalan-jalan.

Ajaklah ia sesekali berlibur ke tempat yang ia sukai, mungkin di alam yang bebas atau hanya sekadar berbelanja di mall itu sudah cukup lebih baik dari pada membiarkan orang tua tetap di rumah saja.

5. Menggunakan jasa home care perawat lansia

Alternatif di saat seluruh anggota keluarga tidak bisa selalu ada di samping orang tua untuk mengasuh, merawat dan menemaninya adalah dengan menggunakan layanan jasa home care perawat lansia (caregiver).

Seluruh kebutuhan dan keinginan orang tua seperti memandikan, memberikan makan, mengenakan pakaian, olahraga atau mengobrol dan memberikan permainan akan dilakukan oleh para caregiver.

Insan Medika adalah satu-satunya perusahaan home care terbaik di Indonesia yang mempunyai caregiver paling berkualitas serta berpengalaman dalam bidangnya.

6. Mendaftarkan orang tua ke panti jompo

Selain menggunakan layanan home care perawat lansia live-in 24 jam di rumah, ada alternatif lainnya yaitu menempatkan orang tua di panti jompo (panti werdha) atau bisa juga disebut dengan senior living.

Saat ini banyak senior living di Jakarta yang mampu memenuhi kebutuhan para lansia dengan menyediakan hunian, suasana dan pelayanan yang dikhususkan untuk para lansia (senior).

Baca juga: Tiga Panti Jompo Eksklusif Terbaik Untuk Para Senior di Jakarta


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care