Jasa Perawat Lansia
Jasa Perawat Lansia

Lanjut Usia (Lansia) adalah usia atau umur dari seseorang yang telah memasuki umur 60 tahun. Seorang manusia yang telah memasuki umur 60 tahun ke atas rentan akan penyakit, virus dan tenaga yang tidak lagi prima.

“Dari Pengertian Lansia secara umum, dapat kita simpulkan bahwa seseorang disebut lansia jika ia telah berusia 65 tahun ke atas. Namun, terdapat beberapa batasan-batasan umur yang mencakup batasan umur orang yang masuk di dalam kategori lansia, diantaranya adalah 60 tahun (UU No. 13 Tahun 1998) dan 60-74 tahun (WHO).” – www.referensibebas.com

Oleh sebab itu, seorang lansia harus mendapatkan perawatan atau perhatian khusus agar tetap sehat dan bahagia oleh orang terdekat atau seorang yang ahli dalam merawat lansia.

Baca juga: Lowongan Kerja Perawat 2019 di Jepang dan Belanda, Gaji Minim 21-30 Juta

Seorang yang telah lansia pada umumnya akan mengalami penurunan kinerga dan tenaga secara fisik, baik ringan, sedang hingga berat. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan khusus apa lagi jika lansia terkena penyakit berat.

Beberapa lansia rentan terhadap penyakit berat seperti stroke, jantung, diabetes dan lain sebagainya. Sebagai orang terdekat seperti anak kandung, maka wajib hukumnya merawat dan senantiasa mendampinginya setiap saat.

Namun ada beberapa orang terdekat karena mempunyai kesibukan seperti tugas dan tanggung jawab yang tidak bisa dihindari, maka pilihan terbaik adalah dengan menghubungi home care perawat lansia.

Dewasa ini, banyak pihak-pihak baik sebagai perusahaan atau perorangan yang menyediakan jasa perawat lansia. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur telah banyak perusahaan yang menyediakan jasa perawat untuk berbagai kebutuhan kesehatan.

Di Jakarta sendiri, Anda dapat mempercayakan Insan Medika sebagai provider kesehatan terbaik di Indonesia. Perusahaan ini telah mempunyai banyak pengalaman dan penghargaan baik nasional atau pun internasional.

Insan Medika mempunyai berbagai layanan kesehatan, baik secara medis maupun non medis. Layanan Home Care Non Medis Insan Medika adalah pilihan yang tepat untuk membantu, merawat dan menjaga orang tercinta.

Standar Perawat Lansia

Standar Perawat Lansia terbaik di Indonesia
Standar Perawat Lansia terbaik di Indonesia. Credit: nurse.org

Insan Medika telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan dengan akreditasi terbaik untuk merangkul para perawat yang berprestasi.

Memperhatikan lansia yang membutuhkan perawatan khusus, maka perawat harus mempunyai standar sesuai dengan SOP yang berlaku di Insan Medika.

Baca juga: Fakta dan 10 Manfaat Bawang Putih Yang Mampu Memberantas Penyakit Mematikan Ini. Nomor 6 Tak Terduga!

Berikut adalah standar wajib bagi perawat yang dimiliki oleh Insan Medika untuk bertugas merawat lansia.

  • Tenaga wanita dan pria lulusan SMK Kesehatan dan D1 Asisten Perawat Terbaik di Indonesia.
  • Tenaga yang disediakan meliputi Perawat Junior, Perawat Medium hingga Perawat Senior.

Tugas dan Tanggung Jawab Perawat Lansia

Tugas dan Tanggung Jawab Perawat Lansia
Tugas dan Tanggung Jawab Perawat Lansia. Credit: voa.org

Perawat lansia pada umumnya bertugas merawat pasien lansia baik sehat secara fisik maupun psikis seperti alzheimer. Tugas keseharian perawat lansia adalah memandikan, menyiapkan pakaian, memberi makan, membersihkan kamar pasien, mengajak bicara, jalan-jalan atau olahraga ringan yang dibutuhkan pasien.

Untuk lebih lengkap, berikut adalah poin-poin dari tugas dan tanggung jawab perawat lansia.

  • Memberikan perawatan dan kebutuhan kebersihan pasien sehari-hari
  • Mengatur porsi dan asupan gizi serta diet pasien
  • Membantu pasien ke toilet
  • Membantu pasien saat makan
  • Membantu aktivitas pasien untuk melakukan mobilitas dengan tongkat atau kursi roda.
  • Mendampingi pasien untuk bercurhat, bercerita atau hanya sekedar teman mengobrol
  • Mendampingi pasien untuk berobat ke dokter
  • Mendampingi pasien saat melakukan rekreasi atau jalan-jalan
  • Mendampingi pasien aktivitas merangsang otak seperti memberikan permainan, membaca, menulis, berhitung dan lain-lain
  • Mempertahakan tingkat kenyamanan pasien
  • Memeriksa tanda-tanda vital seperti tensi, suhu, nadi, respiratori dan spo-spo
  • Mengatur jadwal minum obat
  • Dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Jasa Perawat Lansia

Cara Menggunakan Jasa Perawat Lansia
Cara Menggunakan Jasa Perawat Lansia. Credit: onlinenursing.duq.edu

Untuk menggunakan jasa perawat lansia, Anda dapat melakukan panggilan telepon, menggunakan pesan WhatsApp atau di aplikasi Android Insan Medika.

Insan Medika adalah platform layanan home care terbesar di Indonesia yang menghadirkan layanan kesehatan di rumah dalam satu genggaman.

Selain itu di platform pencari perawat lansia ini, Anda dapat melakukan pencarian perawat, melihat profil, pengalaman, lulusan hingga ulasan singkat perawat.

Selain itu, Anda juga bisa langusng melakukan pemesanan perawat melalui website Insan Medika.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here