Cara merawat orang tua di rumah
Cara merawat orang tua di rumah

Satu orang tua mampu merawat 10 anak, namun 10 anak belum tentu mampu merawat satu orang tua. Begitulah ungkapan yang sering kita dengar.

Peran anak-anak sangat dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat. Apakah orang tua tetap ingin dirawat di rumah bersama anak-anaknya atau ingin dirawat di rumah sakit yang mempunyai fasilitas memadai.

Cara menghadapi orang tua yang sakit tentu juga akan menjadi tantangan bagi anggota keluarga. Pasalnya jika orang tua sakit haruslah dihadapi dengan penuh kesabaran.

Tentu diskusi seperti itu sangat dibutuhkan agar orang tua ketika sakit dapat segera mendapatkan pengobatan demi kesehatan yang lebih baik.

Baca nanti: Ingin Gunakan Perawat Lansia? Yuk Cari Tahu 5 Keterampilan Yang Wajib Dimiliki Seorang Caregiver Berikut Ini

Berikut adalah 5 tips jitu merawat orang tua di rumah

1. Buat kesepakatan bersama

Melakukan pembicaraan secara terbuka untuk mendapatkan kesepakatan bersama keluarga adalah cara terbaik. Bicarakan mulai siapa yang dapat merawat orang tua secara intensif hingga yang dapat melakukan perawatan secara bergantian.

Buat kesepakatan mengenai biaya harian yang dibutuhkan orang tua, mulai dari kebutuhan lansia seperti popok, obat dan kontrol ke dokter.

Rinci semua kebutuhan yang mungkin akan dilakukan untuk merawat orang tua di rumah agar ke depannya tidak timbul perselisihan antar pihak.

2. Jalankan kesepakatan sebaik mungkin

Jika telah mendapatkan hasil dari kesepakatan yang dirembuk bersama seluruh pihak, mulailah untuk menjalankannya sebaik mungkin.

Jika ada sesuatu hal dapat dikomunikasikan sesegera mungkin melalui telepon atau pun group WhatsApp keluarga.

Jangan pernah memendamnya sendiri atau pun membicarakan dengan pihak tertentu tanpa seluruh pihak mengetahuinya. Kekompakan antar anggota keluarga sangat dibutuhkan.

Baca nanti: Cara Menghadapi Orang Tua Yang Pikun dan Keras Kepala Akibat Alzheimer atau Demensia

3. Bicarakan mengenai harta langsung kepada orang tua

Hal yang sering menjadi perdebatan dan kerenggangan antar keluarga ketika orang tua telah tiada dan harta warisan. Tak jarang sesama anggota keluarga saling berebut harga warisan orang tua.

Membicarakan mengenai harta warisan dan utang (jika ada) bersama orang tua yang sakit tentu hal yang wajib dilakukan. Siapa yang tahu jika esok hari orang yang kita cintai tersebut sudah tiada?

4. Tawarkan tinggal di panti werdha

Seperti pada kalimat pembuka tulisan ini jika banyak anak belum tentu mampu merawat satu orang tua. Banyak hal yang menyebabkan anak tidak dapat merawat orang tua ketika sakit.

Alasan pekerjaan dan tempat tinggal yang mungkin tidak dapat ditinggalkan. Inilah yang membuat banyak anak kerepotan mengurus orang tua.

Solusinya adalah memberikan penawaran kepada orang tua untuk tinggal di panti werdha (senior living) yang mana di sana terdapat banyak kegiatan yang positif untuk lansia.

Baca nanti: Tiga Panti Jompo Eksklusif Terbaik Untuk Para Senior di Jakarta

5. Gunakan jasa perawat profesional

Jika orang tua tidak mau untuk tinggal di panti werdha, maka solusinya adalah dengan menggunakan jasa perawat home care profesional.

Saat ini banyak perusahaan home care yang memberikan pelayanan kesehatan dan perawatan langsung ke rumah pasien.

Pekerjaan atau merawat orang tua yang dilakukan oleh perawat home care sangatlah disiplin dan penuh dengan kasih sayang. Seluruh perawat di Insan Medika telah mendapatkan pelatihan baik secara teori dan praktik langsung.

Ketika Perawat home care bertugas maka akan dapat tinggal (live-in) di rumah pasien selama 24 jam, jika terdapat hal-hal yang perlu tindakan oleh perawat maka dapat langsung dilakukan tanpa harus menunggu petugas perawat datang ke rumah.

Baca nanti: Kapan Waktu Yang Tepat untuk Menggunakan Perawat Lansia?

Itulah 5 tips jitu untuk merawat orang tua di rumah. Beberapa tindakan mungkin perlu dilakukan di rumah sakit seperti operasi atau pembedahan, menggunakan jasa perawat home care juga dapat dilakukan di rumah sakit untuk menggantikan peran Anda selama di rumah sakit.

Ingin menggunakan jasa perawat home care terbaik di Indonesia? Terdapat 4 jenis layanan home care: perawat orang sakit, perawat medis, perawat lansia dan perawat anak berkebutuhan khusus. Pemesanan cepat, garansi tak terbatas dan harga transparan. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan spesial.* Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here