Mengenal Hukuman Kebiri Permanen dan Kebiri Kimia Beserta Dampaknya Pada Kesehatan

0
1006
Hukuman kebiri adalah
Hukuman kebiri

Pertama kali di Indonesia, hukuman kebiri dilakukan kepada Muhammad Aris pria asal kebupaten Mojokerto yang telah memperkosa 9 anak.

Hukuman kebiri dijatuhkan kepada Aris setelah Hakim Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto memutuskan Aris bersalah karena melanggar Pasal 76 D juncto Pasal 81 ayat (2) UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dikutip dari Detik.com.

Banyak pro-kontra untuk penggunaan hukuman kebiri kepada pelaku kejahatan seksual. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendukung hukuman kebiri kepada pelaku namun mereka juga tidak ingin terlibat dalam proses kebiri.

Bagaimana pun hasilnya di pengadilan, itulah yang harus diterima dan dilaksanakan semua pihak. Untuk mengenal lebih jauh tentang kebiri, berikut penjelasan mengenai hukuman kebiri pada manusia.

Baca nanti: Tidak ingin mudah sakit? Yuk lakukan 5 tips sederhana ini untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit.

Apa itu kebiri?

Jika kamu tengah bingung dan bertanya “kebiri itu apa?” berikut definisi kebiri menurut para ahli:

  • Mencabut kekuatan, semangat dan melemahkan sesuatu
  • Mencabut sifat kejantanan atau memandulkan pada manusia

Dikutip dari Wikipedia bahwa kebiri atau disebut juga dengan pengebirian dan kastrasi adalah tindakan bedah dan atau penggunaan bahan kimia untuk tujuan menghilangkan testis pada pria atau fungsi ovarium pada wanita.

Jenis-Jenis Kebiri

Terdapat dua metode pengebirian yang dapat dilakukan pada manusia, yaitu melalui operasi dan menggunakan bahan kimia (disebut juga dengan kebiri kimia).

Berikut pengertian mengenai jenis kebiri permanen dan kebiri kimia:

Kebiri Permanen

Kebiri permanen adalah tindakan pembedahan atau operasi untuk menghilangkan alat genetial secara permanen, hal ini akan menyebabkan seseorang mengalami kemandulan atau tidak akan bisa mempunyai keturunan.

Selain menyebabkan kemandulan, kebiri permanen juga akan menghilangkan gairah seksual secara drastis di karena hilangnya testis pada pria dan hilangnya ovarium pada wanita.

Tindakan kebiri permanen tidak akan menghilangkan secara penuh dorongan seksual, dikutip dari Merdeka.com, Heru Prasetyo mengetakan “Kalau secara operasi ini memang penurunan dorongan seksual turun drasti. Jadi hormon dia hanya 10% saja. Tapi akan tetap timbul lagi jika dia lihat pornografi, walau pun jumlahnya kecil,” jelasnya.

Baca nanti: Jangan Biarkan Orang Tua Kita Terkena Demensia, Berikut Pencegahan dan Cara Merawatnya

Kebiri Kimia

Kebiri kimia adalah proses menghilangkan dorongan seksual dalam jangka waktu tertentu atau tidak permanen menggunakan zat kimia.

Kebiri kimia dapat dilakukan dengan menyuntikkan zat kimia ke tubuh manusia atau pun dengan pemberian pil.

Zat kimia yang digunakan untuk kebiri adalah antiandrogen berfungsi untuk mengurangi hormon testosteron pada pria dan menghilangkan dorongan seksualnya.

Tindakan kebiri kimia ini tidaklah permanen, sehingga setelah efek pemberian zat kimia hilang maka hasrat seksualnya akan muncul kembali.

Biaya kebiri menggunakan zat kimia ini jauh lebih murah dan mudah daripada kebiri secara permanen.

Dampak Kebiri pada Manusia

Secara umum dampak kebiri pada manusia adalah hilangnya hasrat seksual secara permanen atau pun sementara.

Kebiri permanen akan menekan secara penuh dorongan seksual terhadap manusia selamanya sedangkan kebiri kimia hanya saat terpengaruh oleh zat kimia saja.

Dampak kebiri kimia mempunyai efek samping yang paling krusial bagi kesehatan seseorang.

Dampak Kebiri Kimia bagi Manusia

Walau biaya yang dibutuhkan lebih murah daripada kebiri permanen, namun dibalik murah dan mudahnya kebiri kimia mempunyai efek samping yang serius bagi manusia, berikut di antaranya:

  • Menyebabkan hilangnya kepadatan tulang atau osteoporosis
  • Hilangnya kekuatan otot
  • Menimbulkan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah)
  • Menimbulkan rasa depresi
  • timbul rasa panas dan anemia
  • Mempengaruhi fungsi otak

Itulah penjelasan mengenai kebiri permanen dan kebiri kimia beserta dampak dari kebiri pada manusia.

Anda membutuhkan perawat home care yang cekatan dan penuh kasih untuk merawat orang tercinta di rumah? Kini Insan Medika menjadi satu-satunya home care terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan puluhan penghargaan. Tersedia layanan jasa perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit dan perawat bayi atau anak berkebutuhan khusus. Dapatkan harga spesial khusus pembaca artikel ini dengan melakukan pemesana melalui link Pesan Sekarang!*

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here