Begini Cara Tepat Menambah Nafsu Makan Pada Lansia

0
3654
Cara Menambah nafsu makan pada lansia
Cara Menambah nafsu makan pada lansia

Menjadi orang tua yang telah memasuki masa lanjut usia (lansia) harus mendapatkan nutrisi dari makanan dan minuman yang tepat.

Banyak lansia jatuh sakit dikarenakan tidak mendapatkan asupan makanan yang dibutuhkan dalam setiap harinya.

Jika hal tersebut terus berlanjut maka berbagai penyakit kronis dapat menyerang. Sebaiknya sebagai seorang anak atau pengasuh lansia (caregiver) memperhatikan asupan gizi lansia setiap harinya.

Namun jika lansia tidak nafsu makan dalam beberapa hari, maka apa solusi untuk mengatasi orang tua malas makan tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya harap diketahui terlebih dahulu penyebab lansia malas atau tidak nafsu makan.

Baca nanti: 3 Jenis Olahraga Yang Mudah Dilakukan Oleh Orang Tua dan Wajib Dilakukan

Penyebab Lansia Tidak Nafsu Makan

1. Gangguan Psiko Kognitif

Faktor psiko kognitif dapat menyebabkan gangguan cara berpikir oleh lansia. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Agasjtya Wisjnu Wardhana, SpPD, Finasim, Humas Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) dikutip dari doktersehat.com.

2. Penurunan Kemampuan Saraf Pengecap

Bertambahnya usia tentu akan mempengaruhi setiap saraf terutama saraf pengecap yang acap kali menyulitkan lansia membedakan berbagai rasa. Oleh sebab itu tidak jarang lansia tidak nafsu makan karena setiap rasa makanan akan terasa hambar.

3. Penurunan Fungsi Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan mulai dari mulut hingga lambung bisa mengalami penurunan fungsinya. Seperti gigi yang tidak lagi utuh menyebabkan sulitnya mengunyah makanan hingga menyebabkan makanan dapat tersangkut pada tenggorokan.

Fungsi lambung pada lansia juga dapat mengalami penurunan produksi lendir yang berfungsi untuk melindungi lambung. Jika hal tersebut terus terjadi maka lambung akan terasa penuh dan dapat memicu rasa mual.

4. Perubahaan Hormon

Timbulnya perubahan jumlah hormon seperti peptida YY yang terus meningkat secara drastis dapat menekan rasa lapar pada lansia.

Perubahan tersebutlah yang membuat sebagian besar lansia kehilangan nafsu makan karena merasa tetap kenyang.

5. Makanan Tidak Cocok

Setiap anggota keluarga tentu menginginkan makanan yang enak dan cocok untuk sebagian besar orang. Hal tersebut yang menjadi masalah lansia enggan makan dikarenakan ketidakcocokan makanan yang dimasak.

Mungkin terlalu keras, terlalu manis atau pedas dapat menjadi faktor makanan yang tidak cocok untuk lansia.

Baca nanti: Makanan untuk orang tua lanjut usia yang tidak boleh dikonsumsi. Yuk cari tahu apa saja

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab lansia tidak nafsu makan seperti di atas, sebaiknya bicarakan lebih lanjut kepada orang tua untuk mengetahui apa yang sedang ia ingin makan.

Mengikuti selera makanan orang tua atau memasakkan secara khusus makanan lansia jauh lebih baik.

Berikut cara tepat untuk membangkitkan nafsu makan lansia

Apa yang harus dilakukan bila orang lansia tidak mau makan minum? Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kebanyakan anak atau pengasuh lansia.

Berikut 3 cara membangkitkan nafsu makan lansia agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

1. Vitamin untuk lansia susah makan

Memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan lansia amatlah sangat penting. Ketika lansia mendapatkan cukup nutrisi yang didapat dari vitamin maka akan membantu sistem imunnya terjaga.

Pemberian vitamin kepada lansia tentu dapat menggugah nafsu makannya. Pemberian vitamin yang tepat dengan memperhatikan kandungannya seperti vitamin B9, B1, Zinc atau vitamin K dapat mempengaruhi nafsu makan lansia.

Baca nanti: Seberapa Penting Lansia Mengkonsumsi Susu untuk Menjaga Kesehatannya?

2. Susu penambah nafsu makan untuk lansia

Pemberian susu kepada lansia pada umumnya tidak dapat mengubah nafsu makan menjadi bagus, namun dengan pemberian susu yang tepat dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan.

Terdapat berbagai jenis susu khusus lansia yang dapat Anda pilih sebagai pengganti makanan untuk mendapatkan kandungan yang seimbang seperti protein, karbohidrat, lemak dan lain sebagainya.

Kunjungi: Insan Medika Store untuk Membeli Susu Khusus Lansia

3. Obat alami penambah nafsu makan untuk lansia

Pemberian obat untuk menambah nafsu makan pada lansia dapat dilakukan sebagai solusi alternatifnya.

Pemberian minyak ikan yang mengandung kaya akan omega-3 dapat membantu menambah nafsu makan sekaligus mengurangi rasa penuh pada lambung.

Tambahkan obat alami seperti ekstrak temu lawak yang telah dipercaya sejak lama sebagai obat herbal untuk meningkatkan nafsu makan lansia. Selain itu juga ekstrak temu lawak dapat menjaga kesehatan pada pencernaan lansia.

Baca nanti: 5 Cara Mencegah Lansia Kekurangan Nutrisi (Malnutrisi)

Itulah penyebab lansia susah makan dan solusi agar lansia mau makan demi menjaga kesehatannya. Jika kamu punya tips tambahan, dapat disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Anda butuh perawat lansia yang sigap dan siap kerja di rumah Anda live-in 24 jam? Yuk gunakan layanan home care Insan Medika. Selain menyediakan layanan tersebut juga terdapat layanan kesehatan dari perawat medis, perawat orang sakit dan perawat anak. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here