Alasan baju operasi warna hijau dan biru
Alasan baju operasi warna hijau dan biru

Baju operasi atau disebut juga dengan baju OK dalam bahasa Belanda disebut dengan Operation Kamer (Kamar Operasi) adalah pakaian khusus yang digunakan saat melakukan tindakan medis di ruangan operasi.

Sesuai dengan fungsinya, pakaian ini harus bersih dan steril dari kuman, virus dan bakteri, makanya setiap dokter atau perawat yang hendak melakukan tindakan medis di kamar operasi selalu menggunakan baju OK.

Pernahkah kamu berpikir kenapa baju OK yang dikenakan oleh dokter dan perawat selalu berwarna hijau atau biru kehijauan (biru laut)?

Sebelum baju operasi berwarna hijau atau biru laut wajib digunakan oleh para dokter dan perawat dalam melakukan tindakan operasi ternyata baju warna putihlah yang telah populer digunakan.

Baca nanti: 6 Macam Jurusan dan Jenjang Karier untuk Para Lulusan Keperawatan & Kesehatan

Alasan baju OK berwarna hijau atau biru laut

Lantas kenapa yang semula berwarna putih lalu diganti dengan pakaian berwarna hijau atau biru laut? Para ahli psikologi memaparkan jika warna hijau atau biru laut dapat menyegarkan pandangan dan sistem saraf dalam otak.

Dikutip dari Liputan6.com bahwa warna hijau dan biru dapat membantu dokter dalam melihat dan berkonsentrasi penuh saat melakukan operasi.

Pasalnya, ketika sedang melakukan tindakan operasi (pembedahan) maka akan banyak darah yang dilihat oleh dokter, warna darah pun berbeda-beda, ada yang berwarna merah muda, merah biasa dan merah gelap.

Semakin lama melihat warna merah maka otak akan sulit membedakan berbagai variasi warna. Apa lagi ketika dokter langsung berpaling melihat warna putih, maka seketika pandangan akan tampak seperti warna hijau.

Warna hijau atau biru laut dipilih karena berseberangan dengan warna merah sehingga dapat menyegarkan pandangan dan membuat penglihatan lebih sensitif terhadap gradasi warna.

Model baju OK

Model baju oke secara khusus didesain sedemikian rupa agar mudah dipakai atau dilepas sehingga mendapatkan fungsi kepraktisan hingga mudah untuk dibersihkan.

Pemilihan bahan baju OK terbuat dari kain yang lembut, kuat, dapat menyerap keringat dengan baik dan mudah untuk dibersihkan dari noda atau darah, maka dipilihah kain katun atau linen.

Perawatan baju OK

Dalam proses perawatan atau pencucian baju OK sebenarnya sama saja seperti mencuci pakaian pada umumnya yaitu menggunakan sabun atau deterjen lalu dikeringkan menggunakan alat pengering.

Perbedaanya terletak pada tindakan pasca pengerigan saja, yaitu harus disterilkan dari kuman, bakteri dan virus terlebih dahulu sebelum akhirnya dikenakan saat melakukan operasi.


Ingin berkarier menjadi perawat home care yang handal dan terampil? Bergabunglah bersama Insan Medika, satu-satunya perusahaan home care terbaik di tanah air yang telah mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri. Daftarkan diri kamu menjadi Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia, Perawat Bayi/Anak sekarang juga. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here