6 Macam Jurusan dan Jenjang Karier untuk Para Lulusan Keperawatan & Kesehatan
6 Macam Jurusan dan Jenjang Karier untuk Para Lulusan Keperawatan & Kesehatan

Dalam dunia kesehatan terdapat banyak profesi yang diisi oleh para profesional dari berbagai bidang, salah satunya adalah perawat.

Perawat (nurse) adalah profesi yang berfokus pada tindakan keperawatan terhadap individu, keluarga atau masyarakat untuk melakukan pengasuh dan mengembalikan kesehatan secara optimal.

Seseorang yang mempunyai profesi perawat akan bekerja sama dengan pihak lain seperti dokter, terapis, pasien, keluarga pasien serta berbagai pihak lainnya demi mencapai tujuan perawatan penyakit dan mengembalikan kualitas hidup.

Menjadi seorang perawat haruslah melalui tahap pembelajaran yang didapat dari dunia pendidikan seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan, Program Diploma III, Sarjana Muda (S1) Ners (Ns), Program Pasca Sarjana (S2) dan Program Doktoral (S3).

Universitas dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) saat ini telah banyak membuka jurusan dalam bidang keperawatan, berikut 6 daftar jurusan keperawatan dan kesehatan yang wajib diketahui oleh para calon perawat.

Baca nanti: Resmi Ditandatangani, Program Kerja Sambil Kuliah Bisa Diikut Oleh Siapa Saja. Daftar Sekarang!

6 Macam jurusan dan Jenjang Karier untuk Lulusan Keperawatan dan Kesehatan

1. Ilmu Keperawatan

Studi untuk mengambil jurusan Ilmu Keperawatan dapat ditempuh selama 8 semeter atau 4 tahun dan akan mempelajari mengenai perawatan terhadap individu untuk mencapai, mempertahankan dan mengembalikan kesehatan secara optimal.

Selain itu, kuliah jurusan Ilmu Keperawatan juga akan mempelajari mengenai kebutuhan dasar manusia seperti bio, psiko, sosio, spiritual dan kultural.

Peluang kerja Ilmu Keperawatan masih terbuka lebar, pasalnya profesi perawat termasuk ke dalam pasar bebas ASEAN. Sehingga dapat bekerja di seluruh negara ASEAN.

Selain itu, kebutuhan dari seorang perawat di Indonesia sendiri masih sangat banyak. Beberapa lapangan pekerjaan yang sangat membutuhkan perawat adalah rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, panti jompo, home care dan lain sebagainya.

2. Kesehatan Masyarakat

Lama studi jurusan Kesehatan Masyarakat dapat ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun, pembelajaran akan fokus terhadap preventif dan promotif.

Secara umum, preventif dan promotif adalah menciptakan kesedaran terhadap pencegahan, penerapan, penanganan kesehatan kepada masyarakat.

Beberapa mata kuliah yang wajib ditempuh saat mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat adalah Ilmu Kependudukan, Sosio-Antro Kesehatan, Psikologi Kesehatan, Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Higiene Lingkungan Kerja, Pemberdayaan Masyarakat dan masih banyak lagi.

Peluang kerja sebagai seorang lulusan Kesehatan Masyarakat sangat terbuka lebar tidak hanya di Puskesmas atau rumah sakit saja melainkan perusahaan tambang, gas, perminyakan, industri dan organisasi swasta sejenisnya.

3. Ilmu Gizi

Lama studi ketika mengambil kuliah jurusan Ilmu Gizi dapat ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun, beberapa matakuliah yang akan dipelajari hampir mirip dengan jurusan kedokteran. Meski begitu jurusan Ilmu Gizi hanya mempelajari dasarnya saja tidak semendalam pada jurusan kedokteran.

Mata kuliah seperti biokimia-biomolekuler dan anatomi fisiologi akan langsung di dapatkan pada semester awal, kemudian pada semester kedua akan mempelajari mengenai interaksi antara obat dan makanan.

Tahun ketiga beberapa universitas mengadakan Problem Based Learning (PBL) dan pada tahun yang sama mahasiswa jurusan Ilmu Gizi akan diberikan pilihan untuk mengambil konsentrasi seperti: Gizi Klinik, Gizi Komunitas dan Food Service.

Peluang kerja dari para lulusan jurusan Ilmu Gizi dapat bekerja di berbagai sektor kesehatan dan makanan seperti Puskesmas, rumah sakit, perusahaan makan atau obat dan lain sebagainya.

4. Kebidanan

Lama studi pada jurusan Kebidanan dapat ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun untuk D 3 dan 8 semester atau 4 tahun untuk D 4. Jurusan Kebidanan akan mempelajari mengenai berbagai fungsi reproduksi dan ilmu yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Dikutip dari Quipper Campus ada pun beberapa mata kuliah yang wajib diambil mahasiswa Kebidanan adalah: Anatomi Fisiologi, Biorep & Mikrobiologi, Keterampilan Dasar Kebidanan, Komunikasi dalam Praktik Kebidanan, Etikolegal dalam Praktik Kebidanan, Obstetri & Ginikologi hingga Pengasuhan Kebidanan pada Ibu Hamil, Persalinan, Perawatan Bayi Baru Lahir dan lain sebagainya.

Peluang kerja dari lulusan Kebidanan terdiri dari berbagai sektor, mulai dari Bidan, Dosen, Perawat Bayi, Pengasuh Anak, Perawat Lansia (Caregiver) dan Home care.

5. Teknik Radiologi

Jurusan yang masih sedikit peminat dan peluang kerja yang masih sangat terbuka lebar, pasalnya banyak rumah sakit yang sangat membutuhkan seorang Teknik Radiologi.

Bekerja langsung menggunakan berbagai alat kesehatan canggih seperti rontgen, CT Scan, MRI dan sebagainya tentu membutuhkan orang yang benar-benar tepat, tidak sembarang orang bisa menggunakan alat tersebut.

Tidak hanya harus pandai dalam mengoperasikan alat kesehatan namun juga dituntut mampu mengerti mengenai anatomi tubuh manusia, radigrafi, ilmu keperawatan, teknik diagnostik, ilmu kesehatan dan kemampuan komunikasi.

6. Farmasi

Mengambil jurusan Farmasi membutuhkan waktu studi selama 8 semester atau 4 tahun untuk kemudian dapat menyandang sebagai Sarjana Farmasi.

Jurusan Farmasi akan fokus terhadap ilmu kefarmasian obat dan makanan, yaitu: Kimia Organik, Kimia Sintesis, Farmakologi & Toksikologi, Farmakognosi, Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida & Likuida, Kimia Analitik, Fitokimia dan sejenisnya.

Peluang kerja lulusan Farmasi terbuka lebar, mulai dari berkarier di perusahaan makanan dan obat atau BPOM, kecantikan, peneliti bioteknologi, apoteker di puskesma, rumah sakit, klinik hingga membuka apotek sendiri.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia dengan 4 layanan utama yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak selalu membuka kesempatan untuk berkarier sebagai perawat home care profesional. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here