Tanda Tangan MoU Kerja Sambil Kuliah
Penandatanganan Momorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Tri Wibowo sebagai CEO Insan Medika (kanan) dengan Prof. Tri Budi Wahyuni Raharjo sebagai Rektor URINDO (kiri) di Kampus Universitas Respati Indonesia (8/4)

Menurut data dari Biro Pusat Statistik, Lulusan SMK adalah penyumbang angka pengangguran tertinggi di Indonesia pada tahun 2018. Tidak terkecuali lulusan SMK Kesehatan yang banyak menganggur karena sulit terserap di lapangan pekerjaan seperti rumah sakit, klinik dan sejenisnya.

Melihat permasalah ini, Insan Medika membuka peluang kerja bagi lulusan SMK Kesehatan untuk bekerja sebagai caregiver.

Para caregiver yang telah direkrut dan disalurkan ke lapangan pekerjaan juga dapat mengikuti Program Kerja Sambil Kuliah bekerjasama dengan Universitas Respati Indonesia di Jakarta.

Menurut Try Wibowo, direktur PT Insan Medika, tiap tahun Insan Medika menerima 800 lulusan SMK Kesehatan dan sebagian dari mereka bekerja sambil kuliah.

“Rata-rata mereka yang bekerja dapat ikut kuliah 1 kali seminggu pada saat cuti, selama 4 tahun hingga lulus ” kata Try

Menurut Profesor Dr. drg. Tri Budi Wahyuni Raharjo, MS, rektor Universitas Respati Indonesia Jakarta, jurusan yang dapat diikuti oleh caregiver Insan Medika adalah jurusan prodi S1 Kesehatan Masyarakat.

Menurut beliau yang juga Guru Besar Universitas Indonesia serta ketua Kelompok Kerja (Pokja) Penelitian di Komisi Nasional Lanjut Usia Republik Indonesia, diharapkan program ini dapat meningkatkan derajat para caregiver Indonesia agar dapat lebih berkualitas dalam memberikan kontribusi untuk lansia di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here