10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Nomor 4 Penting Banget!

0
279
Manfaat Jahe Merah
10 Manfaat jahe merah untuk kesehatan. (Img: deltomed.id)

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) seperti saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Belakangan banyak masyarakat mulai memburu jahe khususnya jahe merah di pasaran.

Menurut Masteria Yunovilsa Putra, Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI jahe merah mampu meredakan gejala Covid-19 berkat kandungan immunomodulator.

“Efek inilah yang bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari virus corona,” kata Masteria.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari jahe merah yang dapat digunakan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Berikut 10 manfaat mengkonsumsi jahe merah secara rutin.

Baca juga: 11+ Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Yang Wajib Dicoba!

10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Jahe merah mengandung flavonoid, oleoresin, minyak atsiri, gingerol dan shogaol yang merupakan merupakan senyawa dalam efek immunomodulator.

Segudang kandungan yang bermanfaat tersebut mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit atau keluhan. Apa saja manfaat jahe merah? Berikut ulasannya.

1. Meredakan Nyeri saat Haid

Selalu mengalami nyeri saat haid atau menstruasi? Konsumsi saja jahe dengan cara membuat tumbuhan rimpang ini menjadi sajian minuman (wedang jahe).

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa minum wedang jahe mampu mengurangi rasa nyeri saat haid seperti mengkonsumsi obat pereda nyeri ibuprofen atau asam mefenamat.

2. Mencegah Infeksi

Jahe merah mengandung gingerol yang mampu untuk mencegah terjadinya infeksi baik dari bakteri atau virus seperti shigela, E. Coli, dan lain sebagainya.

3. Memperkuat Imunitas Tubuh

Mengkonsumsi jahe merah secara rutin mampu memperkuat sistem imun tubuh secara alami, hal ini karena jahe merah mengandung banyak vitamin C, magnesium, gingerols, shagaols dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga tubuh semakin kuat dari serangan bakteri, kuman, virus atau microorganisme lainnya.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Semua orang berisiko mengalami penyakit jantung, bahkan banyak tokoh terkenal seperti Didi Kempot, Ashraf Sinclair dan Lina istri Sule pun tidak menjadi korban keganasan penyakit satu ini.

Mengkonsumsi jahe merah secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung.

5. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Georgia, Amerika Serikat, jahe merah mempunyai efek antiperadangan alami untuk meredakan nyeri sendi atau otot.

Konsumilah secara rutin jahe merah untuk membantu sendi dan otot menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti rematik, asam urat atau flu tulang.

6. Meredakan Sakit Kepala

Tak perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakan atau meringankan sakit kepala, cukup konsumsi jahe merah tanpa efek samping.

Kandungan kamfena dan efek hangat saat meminum air rebusan jahe merah terbukti mampu mengurangi rasa sakit kepala secara alami.

7. Membantu Diet

Sedang menjalankan program diet? Cobalah untuk menambahkan menu minuman jahe merah setelah mengkonsumsi makanan. Jahe merah mampu memberikan efek rasa kenyang lebih lama sehingga tidak cepat membuat lapar.

8. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Punya masalah dengan pencernaan seperti sakit perut, diare atau sembelit? Kandungan antibakteri, antiperadangan yang dimiliki oleh jahe merah terbukti ampuh menyehatkan saluran pencernaan secara alami.

Selain itu, rutin mengkonsumsi jahe merah juga sangat bagus untuk penderita asam lambung karena mampu menstabilkan kadar asam lambung dan mencegah mual atau muntah.

9. Mencegah Radang Usus

Salah satu kandungan zat zingeron pada jahe merah terbukti dapat menghambat enzim penyebab radang usus.

Oleh karena itu, cara terbaik dan alami mencegah risiko radang usus dapat dengan rutin mengkonsumsi jahe merah, dapat dengan mencampurkan dalam setiap masakan atau membuatnya menjadi wedang jahe.

10. Mengobati Asma dan Sesak Nafas

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah sangat bagus untuk membantu meredakan sekaligus mencegah penyakit asma atau sesak nafas.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak atsiri pada jahe merah membantu melegakan saluran pernapasan. Cukup rebus jahe merah menggunakan air hingga mendidih dan seduhlah saat sudah hangat.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here