10 Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan. Nomor 5 Luar Biasa!

0
6693
Gambar daun ungu
10 Manfaat Daun Ungu. Nomor 5 Luar Biasa! (Img: FaktualNews.co)

Daun ungu atau Graptophyllum Pictum adalah tumbuhan yang dibudidayakan dan kini dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat alami untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir.

Daun ungu berasal dari Polinesia dan Papua Indonesia, di tempat asalnya tumbuhan ini kerap dijadikan sebagai “apotek hidup” yang ada di pekarangan rumah masyarakat.

Diketahui, daun ungu mempunyai banyak kandungan zat aktif seperti flavonoid, steroid, saponin, tanin dan alkoloid yang dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Baca juga: Benarkah 3 Jenis Obat Herbal Ini Mampu Cegah Virus Corona?

10 Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan

Meski secara umum obat herbal tidak mempunyai efek samping, namun Anda perlu untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

1. Mengobati Ambeien

Kandungan bahan aktif yang dimiliki oleh daun ungu berupa flavonoid, steroid, saponin, tanin dan alkaloid mampu menjadi obat antiinflamasi sekaligus analgesik untuk mengatasi gejala ambeien.

Cara konsumsi daun ungu untuk ambeien dapat dengan merebus sebanyak 15 lembar daun ungu ke dalam dua gelas air putih dan biarkan sampai airnya menyusut menjadi satu gelas. Minumlah secara rutin selama 1 hingga 2 bulan.

Selain mengkonsumsi kapsul daun ungu, imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat serta jaga cairan tubuh dengan minum banyak air putih.

2. Mengatasi Sembelit

Selain mengobati ambeien atau wasir, daun ungu juga mampu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Kandungan yang bersifat laksatif dapat membantu usus untuk berkontraksi lebih kuat ketika mendorong kotoran di dalam usus.

Baca juga: Cara Tepat dan Cepat Mengatasi Sembelit Pada Anak

3. Mengobati Bisul

Bisul adalah benjolan di bawah kulit yang berisi nanah dan dapat menyebabkan rasa nyeri, demam, menggigil dan kulit berwarna kemerahan.

Cara mengobati bisul menggunakan daun ungu sangat mudah, ambil selembar daun lalu tumbuk halus dan tempelkan pada bagian bisul. Lakukan secara rutin minimal dua kali sehari, bisa pagi dan sore hari.

Baca juga: 5 Obat Bisul Alami Ampuh dan Terbukti Cepat Sembuh

4. Meredakan Nyeri Akibat Rematik

Rematik adalah kondisi peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada otot dan sendi yang menimbulkan rasa sakit atau nyeri di persendian.

Konsumsilah kapsul daun ungun sesuai anjuran pada kemasan untuk mendapatkan hasil yang dinginkan. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal ini!

5. Mengobati Diabetes

Dalam beberapa artikel menyebutkan bahwa daun ungu mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit diabetes. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat sebenarnya.

Anda dapat mengkonsumsi kapsul daun ungu yang banyak dijual di apotek atau merebus sendiri daun ungu lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur minimal sehari sekali.

Baca juga: Obat Diabetes Alami Ini Ampuh Kontrol Gula Darah

6. Menurunkan Demam

Salah satu kandungan yang ada pada daun ungu adalah sifat antipiretik. Kandungan ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat demam.

Konsumsilah satu gelas air rebusan daun ungu dan imbangi dengan cukup istirahat. Umumnya kondisi akan membaik ketika bangun tidur.

7. Mengatasi Pembengkakan

Apakah Anda mempunyai kondisi pembengkakan dan menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman pada area tubuh tertentu? Salah satu cara mudah untuk mengatasi pembengkakan seperti ini dapat dengan mengkonsumsi daun ungu.

Konsumsilah satu gelas air rebusan daun ungu secara rutin minimal sehari sekali. Selain dengan cara diminum, daun ungu dapat ditumbuk lalu tempelkan pada area tubuh yang mengalami pembengkakan.

8. Mengobati Luka

Mempunyai luka yang sulit kering dan sembuh seperti borok amatlah mengganggu. Daripada menggunakan obat bahan kimia, tidak ada salahnya menggunakan obat alami seperti daun ungu.

Daun ungu dapat berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara menempelkan daun ungu yang telah ditumbuk pada bagian luka. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca juga: Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

9. Memperlancar Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh wanita ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Siklus ini umumnya terjadi secara rutin namun ada kalanya mengalami ketidakpastian.

Agar menstruasi menjadi rutin dan tepat waktu, konsumsilah rebusan daun ungu. Caranya, rebus 12 gram daun ungu menggunakan dua gelas air, tunggu sampai mendidih dan jadi satu gelas air rebusan daun ungu.

10. Menyehatkan Kulit

Beberapa orang mempunyai jenis kulit yang mudah kering dan tak jarang berubah menjadi kasar. Untuk mengatasi masalah kulit seperti itu dapat menggunakan daun ungu.

Kandungan emolien yang ada pada duan ungu dapat berfungsi untuk melembabkan serta melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Sehingga kulit nampak lebih lembut serta sehat.

Baca juga: Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki Yang Hitam dan Keras

Q & A (Questions and Answer) tentang Daun Ungu

Q: Apakah daun ungu bisa mengobati ambeien?
A: Beberapa obat herbal yang terbuat dari daun ungu mengklaim mampu mengobati penyakit ambeien. Hal ini masih ditubuhkan penelitian lebih lanjut.

Q: Daun ungu itu seperti apa?
A: Tumbuhan daun ungu mempunyai ciri khas berwarna ungu dan banyak ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia.

Q: Bolehkah bumil minum rebusan daun ungu?
A: Daripada merebus daun ungu sebaiknya mengkonsumsi daun ungu dalam bentuk kapsul yang telah dibuat dan dikemas sedemikian rupa.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here