HomeKesehatanBenarkah 3 Jenis Obat Herbal Ini Mampu Cegah Virus...

Benarkah 3 Jenis Obat Herbal Ini Mampu Cegah Virus Corona?

Pandemik virus corona atau Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, pun begitu dengan penemuan obat atau vaksin virus corona yang tak kunjung membuahkan hasil positif.

Tempo hari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan uji coba vaksin kepada manusia untuk pertama kalinya, namun hasilnya baru bisa diterapkan setidaknya 12 bulan ke depan.

Sambil menunggu proses uji coba vaksin virus corona, tidak ada salahnya menggunakan beberapa bahan alami berikut untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah jatuh sakit khususnya terserang virus corona.

Baru-baru ini sebuah penelitian gabungan multidisiplin Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menawarkan jambu biji daging merah menjadi pencegah virus corona.

Tidak hanya jambu biji yang diyakini mampu cegah virus corona, beberapa bahan alami seperti propolis dan empon-empon pun sempat menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Meski belum melewati uji klinis dan terbukti ampuh mencegah virus corona, jambu biji, propolis dan empon-empon layak untuk dicoba. Selain tidak menimbulkan efek samping, ketiganya juga terbukti berkhasiat untuk kesehatan.

Baca juga: Indonesia Borong Jutaan Obat Virus Corona Avigan dan Klorokuin

1. Jambu Biji

Jambu biji daging merah
Jambu biji daging merah. (Img: medicalnewstoday.com)

Seperti kalimat sebelumnya, ternyata jambu biji mempunyai senyawa protein yang diyakini mampu menghambat patogen jahat termasuk virus corona.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia dan IPB University menggunakan metode bioinformatika memanfaatkan basisdata yang dimiliki oleh Laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI.

Dari hasil penelitian tersebut dipaparkan bahwa beberapa golongan dengan senyawa berpotensi menghambat hingga mencegah virus corona pada manusia.

Dijelaskan oleh Fadilah dari Departemen Kimia Kedokteran FKUI bahwa senyawa yang dimaksud adalah hesperidia, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin.

2. Propolis

Propolis
Propolis. (Img: Wikipedia.org)

Propolis dihasilkan oleh lebah Tetragonula Biroi Aff diyakini mempunyai potensi untuk menghambat infeksi virus corona pada manusia secara alami.

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Muhamad Sahlan dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pria bergelar doktor tersebut telah melakukan penelitian terhadap propolis selama sembilan tahun.

Sahlan merujuk dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan Shanghai Tect University pada Januari 2020 yang lalu.

“Propolis yang saya teliti memiliki sifat menghambat proses menempelnya virus terhadap sel manusia yang mirip dengan senyawa N3,” ucap Sahla.

3. Empon-Empon (Curcumin)

Kunyit untuk obat sakit yang ada di bumbu dapur
Empon-empon atau curcumin untuk cegah virus corona. (Img: shutterstock.com)

Rimpang yang tumbuh subur di Indonesia ini layak untuk dikonsumsi karena diyakini mampu cegah infeksi virus terutama Covid-19.

Dalam sebuah kajian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Professor Nidom Foundation (PNF) menemukan zat aktif yang terkandung di dalam empon-empon mampu melawan patogen seperti virus, bakteri dan parasit.

Meski penelitian tersebut baru diterapkan pada seekor hewan, namun tidak ada salahnya mencoba empon-empon atau curcumin sebagai penambah stamina tubuh di tengah pandemik Covid-19.

Bisakah Virus Corona Disembuhkan dengan Obat Herbal?

5 Obat Stroke Herbal Dari Tanaman Tradisional Paling Ampuh
Benarkah obat herbal ampuh cegah virus corona? (Img: pureherbalayurved.com)

Sejauh ini belum ada bukti klinis terhadap pengobatan menggunakan herbal yang mampu mengatasi infeksi virus corona pada manusia.

Penelitian Klaster Bioinformatika Indonesian Medical Education and Research (IMERI) Fakultas Kedokteran UI mengungkapkan bahwa obat herbal tidak bisa untuk mengobati penyakit Covid-19.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Rafika Indah Paramita dari IMERI FKUI, “Senyawa herbal tidak bisa terapi pengobatan apa pun, hanya membantu saja,” kata dosen di Departemen Kimia Kedokteran FKUI tersebut.

Selain itu, Rafika juga menegaskan bahwa hanya obat kimia yang telah melalui uji klinis saja yang bisa diklaim mampu menyebuhkan suatu penyakit.

Bahan alami seperti obat herbal hanya menjadi komponen pendukung saja, selebihnya fungsi obat kimialah yang berperan penting untuk kesembuhan.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putra
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang