WHO dan China Mulai Uji Coba Vaksin Virus Corona, Ini Hasilnya
WHO dan China Mulai Uji Coba Vaksin Virus Corona, Ini Hasilnya. (Img: Manjurul/Getty Images)

Pandemi virus corona atau Covid-19 sampai saat ini telah menginfeksi sebanyak 244.919 orang dan menewaskan kurang lebih 10.031 korban jiwa dan 87.408 orang sembuh di seluruh dunia.

Melihat kondisi yang semakin genting seperti ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menjadwalkan untuk melakukan uji coba vaksin virus corona kepada manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (18/3/2020).

“Uji coba dimulai setelah 60 hari virus corona menyebar ke hampir seluruh dunia, percobaan pertama akan dilakukan di China,” kata Tedros.

Negeri Tirai Bambu sendiri saat ini telah menekan angka orang yang terinfeksi virus corona hingga 0 kasus dan akan segera melakukan penelitian pada minggu ini.

Penelitian tersebut akan berlangsung hingga bulan Desember 2020 yang dikerjakan oleh perusahaan bioteknologi CanSino Bioloics di Hong Kong dengan Akademi Ilmu Kedokteran Militer China.

Baca juga: Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Relawan Yang Mau Disuntik Virus Corona

Guna mendukung uji coba vaksin virus corona, beberapa orang tergerak untuk menjadi relawan. Para relawan ini nantinya akan disuntikkan virus corona ke dalam tubuh.

Sangat mengerikan namun sampai saat ini setidaknya terdapat 45 orang sehat yang siap melakukan hal tersebut. Neal Browning, satu dari puluhan relawan mengatakan ingin menyelamatkan dunia dari virus corona.

“Saya ingin membuat ini selesai secepat mungkin di seluruh dunia. Jika saya cukup sehat untuk berkontribusi dalam riset ini dengan harapan dapat menemukan vaksin corona secepat mungkin, mengapa saya tidak melakukannya,” ungkap Browning dilkutip dari CNN.

Saat ini Browning telah mengikuti uji coba fase pertama dan telah mendapatkan dosis perdana dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) dan perusahaan bioteknologi Moderna Inc di Kaiser Permanente Washington.

Pada fase pertama, seluruh relawan telah disuntikkan vaksin dengan tujuan untuk mengetahui seberapa aman dan bagaimana vaksin bereaksi terhadap sistem kekebalan tubuh manusia.

Peneliti menyampaikan kepada para relawan bahwa tidak ada virus dalam vaksin pertama ini.

Penelitian terbaru ini menggunakan teknik mengajarkan sel-sel di dalam tubuh untuk membangun struktur protein yang mirip kulit luar virus corona.

Kapan Hasil Penelitian Atas Vaksin Virus Corona Tersedia Secara Masal?

Meski terlihat menjanjikan, para pejabat kesehatan WHO mengatakan bahwa vaksin virus corona baru akan tersedia paling cepat 12-18 bulan ke depan.

Selama waktu tunggu, diharapkan masyarakat terus melakukan pembatasan fisik (physical distancing) atau menjaga jarak antara satu individu dengan yang lain.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here