HomeKesehatanBegini Proses Virus Corona Menjangkiti Tubuh Manusia

Begini Proses Virus Corona Menjangkiti Tubuh Manusia

Virus corona atau (Covid-19) adalah virus yang menginfeksi saluran pernapasan dan menyebabkan sistem pernapasan mengalami masalah akut seperti pnuemonia hingga berisiko kematian.

Virus corona dapat menyerang siapa saja seperti balita, remaja, orang dewasa atau pun orang lanjut usia (lansia) dan dapat menular antar manusia melalui udara atau sentuhan.

Orang lanjut usia dengan kesehatan yang buruk atau mempunyai penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes atau jantung sangat berisiko dan dapat mengancam nyawa.

Baca juga: Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Gejala Virus Corona

Seseorang yang dinyatakan positif virus corona mempunyai gejala utama seperti gangguan pernapasan, selain itu Covid-19 dapat menyebabkan penderitanya mengalami:

  • Gejala flu.
  • Nyeri dada dan sesak napas.
  • Batuk berdahak.
  • Lemas, kelelahan atau tidak bertenaga.
  • Tidak nafsu makan.
  • Sakit kepala.
  • Sakit tenggorokan.
  • Pilek.
  • Diare ringan.
  • Demam hingga suhu tubuh di atas 38°.

Gejala virus corona dapat muncul dalam kurun waktu 2 hingga 14 hari setelah terinfeksi.

Beberapa orang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik tidak menunjukkan gejala seperti di atas dan kebanyakan kasus dapat sembuh tanpa perawatan khusus.

Bagaimana Covid-19 Menyerang Tubuh?

Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV2) yang saat ini dikenal dengan virus corona atau Covid-19 menyebar melalui tetesan air ketika seseorang bersin atau batuk.

Virus corona menyerang tubuh manusia mirip dengan virus SARS yang mempunyai tiga fase, yaitu replika virus, hiperaktif imun dan perusakan paru-paru.

Masa inkubasi virus

Masa inkubasi virus corona rata-rata 5,1 hari, pada awal seseorang terinfeksi maka akan mempunyai banyak virus corona di dalam tubuhnya.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa Covid-19 mempunyai mekanisme bereplika sangat efisien di dalam saluran pernapasan bagian atas.

Ketika seseorang terinfeksi virus corona maka sistem kekebalan tubuh akan memicu respon sitokin atau sel-sel kekebalan tubuh akan mulai menyerang virus corona.

Dalam kondisi seperti ini virus corona akan menjadi lebih reaktif dan menghambat proses pemulihan tubuh.

Virus mulai aktif

Covid-19 menyerang tubuh manusia melalui tiga pola yang dimulai dari gejala ringan seperti yang menyerang saluran pernapasan bagian atas seperti batuk kering, pilek, demam dan sakit kepala hingga menimbulkan pneumonia.

Satu minggu setelahnya gejala pnuemonia semakin memburuk dan menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut yang membutuhkan perawatan khusus dengan pemasangan alat bantu pernapasan.

Masa pemulihan

Para ahli berpendapat seseorang yang terserang virus corona membutuhkan waktu sekitar 20 hari sejak pertama kali terinfeksi hingga memasuki fase pemulihan secara penuh.

Meski begitu, para ahli masih terus melakukan penelitian untuk mendapatkan data epidemiologis guna mengetahui pasien telah kebal terhadap virus tersebut atau tidak.

Harus dipahami bahwa virus influenza dan Covid-19 mempunyai gejala yang hampir sama yaitu menyerang sistem pernapasan namun virus corona mempunyai karakteristik yang unik sehingga harus ditangani secara berbeda dari virus influenza.

Perbedaan Virus Corona dengan Virus Influenza

Virus influenza pernah dinyatakan sebagai virus yang mematikan pada awal kemunculannya karena mampu menewaskan jutaan orang. Kini virus ini sudah dapat ditangani dengan cukup mudah.

Hal berbeda terjadi pada virus corona yang tergolong baru dan masih membutuhkan penelitian dan pengobatan secara khusus.

Berdasarkan hasil penelitian, kedua jenis virus ini mempunyai tiga ciri atau kondisi utama yaitu:

  1. Virus corona tidak bisa menyebar atau menular seefisien virus influenza.
  2. Virus corona belum mempunyai vaksin sedangkan virus influenza sudah.
  3. Saat ini virus corona dinyatakan sebagai pandemi global yang mengancam masyarakat internasional.

Mencegah Virus Corona

Semua orang berisiko terinfeksi virus corona namun semua orang dapat mencegah virus corona sejak dini dengan melakukan beberapa tindakan berikut ini:

  1. Rutin mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Gunakan juga hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk membasmi kuman yang ada di tangan.
  2. Menggunakan masker ketika mempunyai gejala sakit seperti batuk, pilek, flu, demam atau tidak enak badan. Masker yang direkomendasikan adalah masker N95.
  3. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan hidup sehat, makan makanan sehat dan istirahat yang cukup. Bila perlu konsumsilah suplemen tambahan dan menghentikan kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol.
  4. Tidak melakukan aktivitas di keramaian seperti pasar, mall, stasiun, halte, bandara rumah sakit dan jangan melakukan kontak dengan orang sakit.
  5. Hindari melakukan interaksi atau kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus corona seperti mamalia atau reptil.

Bila muncul gejala flu seperti batuk, pilek, demam, letih, sesak napas dan tidak napsu makan segera untuk melakukan konsultasi ke dokter.

Penanganan atau pengobatan sedini mungkin dapat mengurangi risiko yang lebih buruk.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care