Makanan kaya akan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit
Makanan kaya akan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. (Img: thedoctorweighsin.com)

Dalam keadaan seperti ini masyarakat dihimbau untuk mempertahankan sekaligus memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit apa lagi sampai terkena virus corona (Covid-19).

Tindakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, olahraga teratur, tidak bepergian ke tempat umum dan istirahat yang cukup.

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Baca juga: Golongan Darah O: Jangan Konsumsi 8 Jenis Makanan Berikut Ini

1. Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Buah lemon untuk membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit
Buah yang banyak mengandung vitamin C untuk kekebalan tubuh. (Img: natural-cure.org)

Vitamin C atau biasa disebut dengan Ascorbic Acid sangat baik untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah drop.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin C adalah:

  • Apel.
  • Wortel.
  • Lemon.
  • Jeruk.
  • Brokoli.
  • Kiwi.
  • Pepaya.

Sebaiknya dikonsumsi secara langsung daripada dijus agar nutrisi yang dikandung tidak hilang atau rusak.

2. Makanan Yang Mengandung Zinc

Daging merah dengan kandungan zinc baik untuk daya tahan tubuh
Daging merah dengan kandungan zinc baik untuk daya tahan tubuh. (Img: Africa Studio/Shutterstock)

Zinc terbukti ampuh untuk menjaga tubuh tetap fit dan lebih kebal dari berbagai jenis virus penyebab flu, pilek dan mengurangi risiko alergi hingga demam.

Zinc bekerja dengan cara menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel serta enzim baru yang dibutuhkan untuk memproses karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc seperti:

  • Daging merah.
  • Telur.
  • Kacang-kacangan.
  • Biji-bijian.

Dapat berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Sangat cocok untuk mereka yang mempunyai luka terbuka seperti pasca operasi.

3. Makanan Yang Difermentasi

Yogurt makanan untuk penderita hipertensi
Konsumsi makanan yang difermentasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Berkat kandungannya seperti vitamin B kompleks, vitamin B12, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium dan zink bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf bekerja lebih maksimal.

Selain itu, dalam makanan fermentasi ini juga dapat meningkatkan produksi sel T untuk melawan penyakit dan memperkuat sistem imun untuk melawan infeksi atau bakteri jahat.

Makanan fermentasi seperti miso, kefir, yoghurt atau minuman probiotik sangat bagus untuk dikonsumsi guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Tambahkan beberapa sendok makanan yang telah difermentasi ke menu makanan setiap harinya.

4. Jahe dan Kunyit

Jahe, Kunyit dan Temulawak Ampuh Tangkal Virus Corona Ini Penjelasannya
Jahe dan Kunyit untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (img: healthline.com)

Tidak asing lagi kan dengan minuman jahe? Ya jahe mengandung banyak kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas sehingga badan jadi lebih sehat dan bugar.

Dalam sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2013 membuktikan bahwa mengkonsumsi jahe mampu melindungi sistem pernapasan dan menyehatkan sistem pencernaan dari sembelit.

Tidak hanya jahe, kunyit juga mempunyai khasiat sama baiknya untuk mempertahankan imun tubuh. Saat ini telah banyak minuman yang dibuat dari kunyit.

Salah satunya adalah susu kunyit, minuman yang berasal dari India ini mampu melawan berbagai jenis penyakit berkat kandungan anti-inflamasi dari kurkumin.

Baca juga: Jahe, Kunyit dan Temulawak Ampuh Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasannya

5. Bawang Putih

Bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Konsumsi bawang putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi. (Img: wikipedia.org)

Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih mengandung vitamin B6, vitamin C, selenium dan serat.

Bawang putih dapat digunakan untuk melawan infeksi akibat virus dari dalam atau luar tubuh berkat kandungan senyawa yang dikandungnya yaitu anti-virus dan anti-jamur.

Konsumsilah bawang putih dengan mendambahkannya ke dalam menu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih lebih cepat sembuh daripada yang tidak mengkonsumsinya.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here