Jahe, Kunyit dan Temulawak Ampuh Tangkal Virus Corona Ini Penjelasannya
Jahe, Kunyit dan Temulawak Ampuh Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasannya. (img: healthline.com)

Tidak hanya alat pelindung pernapasan seperti masker saja yang tengah diburu oleh masyarakat saat ini, tumbuhan rimpang seperti jahe, kunyit dan temulawak pun tak luput dari incaran.

Beredar kabar menyebutkan bahwa ketiga tumbuhan tersebut berkhasiat untuk menangkal virus corona (Covid-19) yang mewabah di seluruh dunia bahkan Indonesia baru saja melamporkan secara resmi dua warga negaranya positif.

Baca juga: Gawat! Dua Orang Indonesia Positif Virus Corona, Begini Kronologinya

Dilansir dari Detik.com, harga jahe merah yang ada di beberapa pasar di Jakarta mengalami kenaikan yang semula Rp 50 ribu per Kg kini menjadi Rp 70 ribu per Kg.

Para pedagang menuturkan bahwa banyak konsumen yang membeli jahe dalam jumlah banyak untuk dijadikan sebagai jamu penangkal virus corona.

Menurut Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga Prof. Dr. drh. Chaerul Anwar Nidom mengatakan bahwa jahe, kunyit dan temulawak dapat menghambat sitokin di paru-paru karena ketiga bahan tersebut mengandung curcumin.

“Virus corona itu ada dua macam, yang low pathogenic dan high pathogenic. Bisa menghambat badai sitokin di paru-paru itu bahan-bahan curcumin, adanya pada jahe, kunyit, temulawak, biasanya pakai untuk bumbu masak atau minuman segar,” papar Chaerul dikutip dari tagar.id.

Meski begitu, ketiga bahan yang sering digunakan sebagai bahan masakan tersebut belum secara klinis terbukti bisa menangkal virus corona. Namun jahe, kunyit dan temulawak terbukti berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Syahrizal Syarif bahwa jahe, kunyit dan temulawak baik untuk imunitas tubuh.

“Manfaatnya meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh,” ucap Syarizal menukil dari Liputan6.com.

Namun Syarizal tidak membenarkan bahwa ketiga bahan tersebut bisa mencegah masuknya virus khususnya virus corona.

“Jangan punya pandangan bahwa rempah-rempah bisa mencegah masuknya virus, khususnya virus corona. Enggak ada bukti,” ucap Syarizal.

Baca juga: Kerap Dijadikan Obat Herbal, Berikut Manfaat Jahe, Kencur & Kunyit Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Manfaat Jahe, Kunyit dan Temulawak

Kerap Dijadikan Obat Herbal,Berikut
Manfaat mengkonsumsi jahe, kunyit dan temulawak untuk tubuh. (Img: medicalnewstoday.com)

Secara umum, ketiga jenis rimpang ini biasa dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan atau minuman hangat penambah stamina tubuh. salin itu, berikut manfaat masing-masing dari mengkonsumsi jahe, kunyit dan temulawak.

1. Manfaat jahe

Meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sakit akibat peradangan dan mengatasi asam lambung berkat senyawa Gingerol yang dikandung oleh jahe.

2. Manfaat kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif curcumin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan sel terhadap infeksi, peradangan dan mencegah penyakit degeneratif.

3. Manfaat Temulawak

Sudah dikenal sejak lama bahwa temulawak telah digunakan sebagai bahan obat herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti masuk angin, mencegah kanker hingga meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here