HomeKesehatanTenang, Berikut Cara Menyikapi Wabah Virus Corona di Indonesia

Tenang, Berikut Cara Menyikapi Wabah Virus Corona di Indonesia

Indonesia telah secara resmi mengumumkan atas adanya dua kasus virus corona (Covid-19), hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (2/3/2020) kemarin.

Berdasarkan informasi dari Menteri Kesehatan, dua pasien virus corona berasal dari Depok, Jawa Barat dan keduanya langsung dirawat secara intensif di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso Jakarta Utara.

Atas peristiwa tersebut, nampak beberapa orang mulai panik dengan memborong beraneka ragam kebutuhan pokok di toko swalayan.

Di saat yang bersamaan pelindung alat pernapasan atau masker mendadak langka dan harganya terlampau jauh.

Baca Juga : Meski Virus Corona Mewabah Tak Terkendali, Risiko Kematiannya Lebih Kecil dari SARS & Mers

Ini baru permulaan, kepanikkan massal yang terjadi pada masyarakat hanya akan membuat berbagai masalah baru di hari kemudian hari.

Salah contohnya adalah diskriminasi yang dengan mudah terjadi, walau lewat guyonan, seperti misalnya di Italia baru-baru ini, di mana sekelompok orang China mengakui sebagian masyarakat Italia bertindak rasial ke pada mereka.

Atau mungkin contoh kecil lainnya adalah ketika mendengar orang batuk sedikit dalam satu ruangan langsung dijauhi dan diasingkan, mungkin juga dicibiri.

Pun kalau iya orang tersebut tnpa sepengetahunnya ia mengidap Corona (Covid19), baiknya adalah kita yang kembali pada kepercayaan bahwa tubuh yang bersih dan sehat akan tidak mudah dan tidak juga gampang terkena penyakit.

Sadar juga kah kita bahwa penyakit yang dengan mudah masuk adalah ketika kebersihan dan kekurangan daya tahan tubuh sedang menggandrungi?

Kemungkinan besar ini adalah kesempatan yang tidak lagi bisa kita elakkan, di mana memulai untuk hidup lebih bersih adalah tanggung jawab mendasar atas diri sendiri.

Seperti yang diajarkan dalam pelajaran PLKJ sewaktu sekolah dasar, bersih pangkal sehat.

Kebersihan Mendasar

  1. Cuci tangan secara teratur & cuci kau punya tangan dengan benar.
  2. Cobalah untuk tidak menyentuh wajah dan mata.
  3. Tutupi mulut dan hidung dengan tisu setiap kali batuk atau bersin.
  4. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit jika memungkinkan.
  5. Tetap tinggal di rumah jika sedang sakit.
  6. Sediakan juga disinfektan.
  7. Siapkan selalu tisu kering dan tisu basah jika berpergian. Untuk apa? untuk membersihkan tangan yang kotor atau basah dan menutupi bersin dan batuk yang kau alami.

Baca Juga: Virus Corona Mengganas, Korban Tewas di Korsel, Italia dan Iran Berjatuhan

Jangan Mengeruhkan Suasana

Erlina Burhan, dokter spesialis paru-paru di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, mengatkan bahwa tingkat kematian akibat virus corona sangat rendah.

Ia melanjutkan “Orang yang terinfeksi virus ini bisa sembuh, walau belum ada vaksin yang dibuat khusus untuk menjinakkannya”

“Kalau infeksi ringan, peluang kesembuhannya besar sekali. Yang kategori berat, cirinya adalah jumlah virus banyak dan sistem imun sangat rendah. Itulah yang menimbulkan kematian” ucapnya.

Sebagian besar korban meninggal dalam kasus virus corona, kata Erlina, merupakan orang-orang berusia lanjut yang sistem imun tubuhnya rendah karena mengidap penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, gagal ginjal, dan stroke.

“Fatalitasnya virus corona rendah, antara 3-5%. Ada lebih dari 6000 kasus, kematian mencapai 130-an kasus, dan semuanya di China.”

“Bandingkan dengan flu burung yang tingkat kematiannya di atas 80%. Di Indonesia belum ada kasusnya tapi heboh luar biasa,” kata Erlina, dokter di satu dari tiga rumah sakit yang dirujuk Kementerian Kesehatan menangani pasien terjangkit virus corona.

Meski begitu, pencegahan dengan cara menjaga kebersihan tubuh disebutnya tetap penting.

Selalu menyantap makanan berbahan daging yang matang dan menghindari kontak erat dengan pasien terjangkit virus corona adalah kunci lainnya.

Baca Juga: Hati-Hati! Dugaan 112 Kasus Virus Corona Ada di Indonesia

Tenangkan Diri Dari Kecemasan

Cemas itu normal, resah itu wajar. Tapi… ada hal-hal lain yang perlu diketahui dan dikontemplasikan sebelum menyikapi kecemasan tersebut lebih lanjut.

Secara umum, menurut Jane Timmons Mitchell, cemas adalah reaksi yang wajar saat menghadapi potensi bahaya.

Jane Timmons Mitchell, ahli kesehatan dari departemen psikiatri Case Western Reserve University School of Medicine menyarankan untuk membaca dan menggali artikel-artikel yang dirasa valid.

Kalau membaca artikel mengenai Covid-19 malah membuat semakin cemas, alihkan saja ke bacaan atau tontonan yang lain, yang lebih menghibur. Dan edukatif sifatnya.

“Ada banyak cara kecemasan bisa terwujud. Tetapi jika kita berpikir tentang penyakit fisik, Anda tahu apa gejalanya, Anda bisa fokus atau menjadi terlalu sadar akan apa pun yang ada di tubuh anda yang bisa menjadi gejala-gejala tersebut,” tukasnya, seperti dilansir Antara dari The Verge.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi cemas?

Jane menyarankan kamu memahami semua hal yang berpotensi meningkatkan risiko.

Untuk mencegah terinfeksi corona, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun dan mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, lakukan olahraga untuk memerangi kecemasan. Di sisi lain, menurut Jane, tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan melakukan sesuatu yang biasanya kamu lakukan adalah cara yang sangat baik agar tidak terlalu terpaku pada hal yang dikhawatirkan.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca Juga :

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care