Hati-Hati! Dugaan 112 Kasus Virus Corona Ada di Indonesia

0
682
Hati-Hati! Dugaan 112 Kasus Virus Corona Ada di Indonesia
Hati-Hati! Dugaan 112 Kasus Virus Corona Ada di Indonesia. (Img: headtopics.com)

Dunia sempat mempertanyakan Indonesia atas nihilnya kasus virus corona di negara dengan penduduk 264 jiwa tersebut. Pasalnya, seluruh negara tetangga Indonesia telah melaporkan kasus virus corona.

Singapura, tetangga paling dekat dengan Indonesia baru saja melaporkan tiga kasus baru mengenai virus corona pada Rabu, 19 Februari 2020. Dari tambahan kasus tersebut, kini Singapura mempunyai 84 orang yang positif terjangkit virus corona.

Sedangkan Negeri Jiran Malaysia melalui Menteri Kesehatan Malaysia juga telah melaporkan terdapat 22 orang positif virus corona dan sebanyak 17 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Sampai hari ini, Jumat 21 Februari 2020 kasus virus corona telah terkonfirmasi berada di 30 negara di seluruh dunia dan satu kasus berada di Kapal Diamond Princess.

Dilaporkan dari situs TheWuhanVirus.com, virus corona atau Covid-19 sampai saat ini telah menyebabkan sebanyak 75.715 orang positif virus corona dan sebanyak 2.124 orang meninggal dunia.

Dugaan 112 Kasus Virus Corona di Indonesia

Nampaknya Indonesia harus mulai berhati-hati terhadap virus corona yang tak kunjung mereda di seluruh dunia. Pada hari Rabu, 18 Februari 2020 yang lalu Kementerian Kesehatan tengah menguji sebanyak 112 suspek Covid-19.

Menurut dr Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, jumlah provinsi di Indonesia yang melaporkan dugaan virus corona terus bertambah.

Update pemeriksaan 18 Februari 2020, 18:00, sampai dengan saat ini spesimen yang sudah diterima 112 kasus itu berasal dari 41 rumah sakit di 21 provinsi, provinsinya makin banyak,” kata Achmad dilansir dari DetikHealth.

Meski jumlah spesimen dari provinsi terus bertambah, seluruhnya tidak ada yang positif virus corona. “Kita bersyukur sampai dengan hari ini, dari data yang kami terima di pukul 18:00 WIB kemarin, [hasilnya] negatif,” ujar Achmad dikutip dari Kontan.co.id.

Cegah Virus Corona, Indonesia Berlakukan Surveilans Aktif

Indonesia harus terus melakukan upaya untuk mencegah berbagai kemungkinan adanya virus corona atau penyakit baru dengan sistem surveilans aktif yang telah melibatkan sebanyak 100 rumah sakit.

Adanya sistem surveilans aktif ini maka dapat meningkatkan kerja sama antara kementerian guna melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap orang-orang yang dicurigai, mempunyai riwayat berinteraksi dengan terduga virus corona atau pernah melakukan perjalanan dari China.

Selain itu, Ahcmad juga memastikan pemerintah akan tetap memperketat pintu masuk terhadap turis asing ke Indonesia dengan melakukan tindakan deteksi suhu tubuh, pemberian health alert card hingga melakukan pemeriksaan kepada semua orang yang baru saja melakukan perjalanan dari negara-negara terdapat kasus virus corona.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here