Gawat! Dua Orang Indonesia Positif Virus Corona, Begini Kronologinya

0
1897
Dua orang Indonesia positif virus corona
Dua orang Indonesia positif virus corona. (Img: Antara Foto/Muhammad Adimaja)

Wabah virus corona atau Covid-19 telah memasuki babak baru, pada Sabtu (29/2/2020) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Covid-19 ke level maksimum.

Tindakan tersebut diambil setelah 57 negara melaporkan terjadi kasus virus corona di negaranya masing-masing. Sedangkan total orang yang terinfeksi Covid-19 telah mencapai 85.641 dan sebanyak 2.933 orang tewas.

Baru-baru ini, negara seperti Korea Selatan, Iran dan Italia tengah kuwalahan menghadapi wabah virus corona. Mereka serempak menutup seluruh sekolah, kampus, museum hingga mengisolasi kota untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas lagi.

Sebelumnya Indonesia selalu melaporkan nihil kasus Covid-19, namun pada Senin (2/3/2020) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terdapat dua orang Indonesia positif virus corona.

Baca juga: Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Dua WNI tersebut diketahui terinfeksi virus corona setelah ditelusuri dari Warga Negara Jepang. Berdasarkan kronologinya, WN Jepang positif virus corona setelah mengunjungi Indonesia.

“Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun” ucap Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020).

Berdasarkan informasi dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dua orang tersebut tinggal di Depok Jawa Barat. “Daerah Depok,” singkat Terawan saat berada di Istana Kepresidenan.

Pemerintah telah melakukan perawatan secara intensif terhadap dua orang positif virus corona tersebut di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” tambah Terawan.

Jokowi memastikan bahwa pemerintah telah melakukan persiapan yang matang untuk mencegah dan mengatasi wabah virus corona di tanah air.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan,” ucap Jowoki dilansir dari Liputan6.com.

Dari kasus ini, Indonesia dengan resmi mengumumkan adanya kasus virus corona untuk pertama kalinya sejak virus ini mewabah pada bulan Desember 2019 yang lalu di China.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here