Dua Pasien Positif Virus Corona Asal Depok Membaik, Sudah Boleh Pulang?

0
291
Dua Pasien Positif Virus Corona Asal Depok Membaik, Sudah Boleh Pulang
Dua Pasien Positif Virus Corona Asal Depok Membaik, Sudah Boleh Pulang? (Img: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ibu dan anak di Depok Jawa Barat pertama kali dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19) pada hari Senin (2/3/2020) dan langsung dirawat secara intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Berkat penanganan yang cepat dan tepat, dikabarkan kedua pasien tersebut sudah mulai membaik. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Dokter Achmad Yurianto Juru Bicara Khusus Penanganan Virus Corona.

“Sekarang dua pasien itu memang masih batuk. Tapi, suhu tubuhnya sudah tidak panas,” ungkapnya pada media di Pusat Informasi Terpadu Covid-19, Gedung Bina Grha, Jakarta Pusat pada hari Kamis kemarin (5/3/2020).

Ia juga mengatakan bahwa selama perawatan, kedua pasien tidak menggunakan alat oksigen karena tidak mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas.

“Data 3 hari berturut-turut yang saya dapatkan hari ini kedua pasien sejak datang pun sebenarnya hari ini sudah masih tidak menggunakan oksigen, tidak menggunakan kanal oksigen karena tidak sesak dan tidak menggunakan infus karena memang tidak ada kondisi yang berat,” terang Yurianto dilansir dari Suara.com.

Baca juga: Tenang, Berikut Cara Menyikapi Wabah Virus Corona di Indonesia

Pasien Diizinkan Pulang

Tepat hari ini, ibu dan anak telah menjalani perawatan dan pengobatan selama lima hari, apa bila hasilnya negatif maka pasien boleh diizinkan untuk pulang ke rumah pada dua hari ke depan.

Pada dua hari kedepan direncanakan menjadi hari terakhir pemeriksaan, apa bila dinyatakan negatif lagi maka pihak rumah sakit akan memulangkan kedua pasien tersebut.

“Manakala hasilnya negatif maka setelah 2 hari kemudian akan kita periksa lagi dan manakala hasilnya negatif maka kita pulangnya,” kata Yurianto.

Hal tersebut sesuai dengan Prosedur Standar Operasional (SOP) yang berlaku di seluruh dunia.

Tindakan pemulangan pasien virus corona yang sembuh atau tidak lagi positif virus corona setelah menjalani perawatan juga dilakukan oleh pemerintah Jepang kepada satu WNI eks kapal Diamond Princess.

“Hari ini satu pulang, karena sudah dinyatakan dua kali pemeriksaan negatif dan kemudian dipulangkan ke Indonesia,” ucap Yurianto.

Waspada Namun Tetap Tenang

Adanya kasus virus corona yang terjadi pada ibu dan anak di Depok Jawa Barat sangat mengejutkan mengingat selama itu Indonesia selalu nihil kasus virus corona di tanah air.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau masyarakat untuk waspada namun tetap tenang mengingat pemerintah telah melakukan upaya pencegahan dan penanganan secara maksimal.

“Pemerintah melakukan upaya maksimal untuk mencegah agar jangan sampai titik awal penularan meluas menjadi sebuah wabah. Kita sudah tahu siapa-siapa dan sudah dilakukan pengawasan terhadap yang telah berhubungan dengan kasus satu dan dua kasus,” kata Jokowi menukil CNN Indonesia.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here