Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki Yang Hitam dan Keras

0
8483
Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki Yang Hitam
Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki Yang Hitam

Mata kaki hitam atau gelap sangat mengganggu penampilan apa lagi saat dilihat orang lain ketika tidak sedang menggunakan celana panjang yang menutupi hingga bagian mata kaki.

Kulit mata kaki berubah menjadi hitam akan dibarengi dengan penebalan yang diakibatkan oleh tekanan dari kebisaan duduk bersila terlalu lama di tempat yang keras seperti lantai keramik.

Tidak hanya berubah menjadi hitam atau gelap, beberapa kondisi tertentu kulit pada mata kaki akan nampak pecah-pecah dibarengi dengan mengelupasnya kulit berwarna putih.

Hal tersebut wajar terjadi karena kulit pada area mata kaki banyak yang mati. Banyak cara untuk memutihkan mata kaki yang hitam dan keras dengan menggunakan bahan alami atau pun obat yang dijual di apotek.

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan hitam di mata kaki, sebaiknya ketahui terlebih dahulu faktor penyebab mata kaki berubah menjadi hitam dan menebal.

Baca juga: Ketahui Eksim dari Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Berikut Ini

Penyebab Mata Kaki Hitam

Mata kaki berubah menjadi hitam, tebal dan pecah-pecah atau bersisik disebabkan oleh kebiasaan duduk bersila terlalu lama di lantai yang keras seperti keramik.

Selain itu, mata kaki gelap juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Penumpukan sel kulit mati.
  • Kulit pada mata kaki terlalu kering.
  • Mendapat tekanan berlebih.
  • Terlalu sering terkena gesekan ketika menggunakan sepatu.
  • Adanya luka pada mata kaki.
  • Paparan sinar ultraviolet dari matahari.
  • Mengalami peradangan.

Kulit menghitam atau berubah menjadi gelap tidak hanya terjadi pada mata kaki saja melainkan juga bisa terjadi pada lutut atau siku.

Meski begitu, kondisi perubahan kulit menjadi hitam atau gelap yang terjadi pada mata kaki, lutut dan siku tidak bersifat permanen.

Artinya kulit masih dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan dan penggunaan salep khusus untuk menyamarkan warna kulit pada bagian yang hitam.

Cara Memutihkan Mata Kaki

Perawatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan hitam di mata kaki dapat dengan melakukan 3 langkah sederhana di rumah berikut ini:

1. Merendam Kaki di Air Garam Epsom

Merendam kaki menggunakan garam Epsom untuk memutihkan mata kaki yang hitam
Merendam kaki menggunakan garam Epsom untuk memutihkan mata kaki yang hitam. (Img: medicalnewstoday.com)

Garam Epsom adalah garam yang berasal dari Surrey, Inggris dan tidak untuk digunakan dalam bumbu masakan karena rasanya pahit.

Meski begitu, garam Epsom mempunyai manfaat yang baik untuk mengatasi masalah pada kaki khususnya mata kaki yang hitam.

Garam Epsom mempunyai dua kandungan mineral alami yang terdiri dari Magnesium Sulfat dan Oksigen. Keduanya mempunyai fungsi untuk mengangkat sel kulit mati hingga membuat kulit menjadi lebih lembab.

Cara Menggunakan Garam Epsom

Tuangkan garam epsom sebanyak setengah cangkir ke dalam sebaskom atau seember air hangat lalu aduk sampai garam benar-benar larut.

Rendam kaki sampai mata kaki masuk ke dalam air larutan garam Epsom selama 15-20 menit sambil dipijat-pijat.

Agar lebih maksimal bisa menggunakan sikat halus untuk membantu melepaskan sel kulit mati pada area mata kaki yang hitam.

Lakukan kegiatan merendam kaki di air garam epsom ini sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Apa bila Anda tidak mempunyai waktu atau kesempatan, cukup lakukan sekali sehari yaitu di malam hari.

2. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Melakukan Eksfoliasi untuk memutihkan kulit mata kaki yang hitam
Melakukan Eksfoliasi untuk memutihkan kulit mata kaki yang hitam. (Img: healthline.com)

Banyaknya sel kulit mati yang menempel dan menebal pada area mata kaki dapat diatasi dengan melalukan pengelupasan kulit dengan metode eksfoliasi.

Metode ini dapat menggunakan scrub kaki dan sikat khusus yang banyak dijual di toko kecantikan. Pilihlah produk scrub yang sesuai dengan kulit Anda agar tidak terjadi iritasi kulit.

Umumnya produk scrub eksfoliasi mengandung asam glikolat, asam laktat, asam alfa-hidroksi dan alkohol.

Apa bila Anda tidak yakin dengan jenis kulit Anda apakah sensitif dengan kandungan-kandungan tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit.

“Salah penggunaan scrub eksfoliasi yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan kulit kering, rapuh dan iritasi.”

Cara Menggunakan Scrub Eksfoliasi

Setelah kaki direndam menggunakan air garam epsom, keringkan kaki dan mulai oleskan scrub eksfoliasi pada mata kaki yang menghitam secara merata.

Biarkan beberapa menit hingga scrub cukup meresap ke kulit mata kaki dan bilas menggunakan air bersih sambil digosok perlahan menggunakan batu apung atau sikat lembut hingga bersih.

Lakukan secara rutin setiap hari minimal sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang cepat dan memuaskan.

3. Gunakan Pelembab Kulit

Menggunakan pelembab untuk memutihkan mata kaki yang hitam dan keras.
Menggunakan pelembab untuk memutihkan mata kaki yang hitam dan keras. (Img: medicalnewstoday.com)

Langkah terakhir untuk memutihkan mata kaki adalah dengan menggunakan pelembab kulit yang dapat dibeli di apotek atau toko kosmetik.

Gunakan pelembab kulit pada area mata kaki yang hitam setelah melakukan serangkaian ‘ritual’ sebelumnya yaitu merendam kaki ke dalam air garam Epsom dan Eksfoliasi.

Penggunaan pelembab kulit untuk menyamarkan kulit hitam pada mata kaki dapat dilakukan sesering mungkin khususnya ketika kulit dirasa perlu diberi pelembab.

Cara Menggunakan Pelembab Kulit

Oleskan krim pelembab kulit secukupnya pada area mata kaki khususnya ketika kulit kering. Anda bisa memilih produk pelembab kulit yang mengandung aloe vera gel.

Agar hasil yang didapat semakin maksimal, Anda bisa menggunakan produk pencerah kulit yang mengandung bahan aktif seperti vitamin B3, asam ellagic dan lignin.

Mencegah Mata Kaki Hitam

Jangan duduk bersila terlalu lama untuk menghindari mata kaki hitam
Jangan duduk bersila terlalu lama untuk menghindari mata kaki hitam. (Img: today.com)

Daripada menggunakan salep atau obat mata kaki hitam di apotik alangkah baiknya melakukan perawatan dan pencegahan yang dapat dilakukan secara mudah dan sederhana berikut ini:

  • Hindari duduk sila terlalu lama.
  • Hindari duduk sila di lantai yang keras tanpa alas.
  • Gunakan alas ketika duduk bersila yang terbuat dari bahan empuk dan halus.
  • Hindari menggunakan sepatu terlalu ketat terutama sepatu yang menutupi mata kaki.
  • Gunakan kaos kaki yang lembut untuk melindungi mata kaki dari gesekan sepatu.
  • Jangan menggosok terlalu kuat pada mata kaki ketika sedang melakukan perawatan.
  • Menjaga kebersihan kulit terutama mata kaki.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin E.

Perawatan Lanjutan pada Mata Kaki Hitam

Apa bila Anda telah melakukan perawatan dan pencegahan secara tepat namun kulit mata kaki tetap saja hitam, ada baiknya Anda melakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit.

Beberapa tindakan medis yang mungkin akan dilakukan oleh dokter kulit adalah:

  • Microdermabrasi.
  • Suntikan Steroid.
  • Tindakan laser.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here