Ketahui Eksim dari Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Berikut Ini

0
1083
Ketahui Eksim dari Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya Berikut Ini
Ketahui Eksim dari Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya Berikut Ini. (Img: the-dermatologist.com)

Apakah kulit Anda terasa gatal, muncul peradangan dan kulit kering atau bersisik? Kasus seperti itu disebut dengan Eksim atau Dermatitis yang tidak berbahaya.

Eksim (Dermatitis) adalah masalah kelainan pada kulit dengan gejala timbulnya peradangan pada kulit, kulit terasa gatal, kulit memerah dan kulit kering (bersisik).

Eksim banyak terjadi pada bagian kulit kepala, tangan, wajah terutama pipi dan banyak dialami oleh bayi atau anak-anak. Meski begitu, eksim juga dapat terjadi pada orang dewasa dan orang tua (lansia).

Pada kasus tertentu, eksim dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang ditandai dengan melepuhnya kulit disertai dengan keluarnya cairan. Selain itu, eksim kering dapat menyebabkan rasa gatal terutama di malam hari.

Jenis Eksim

Mengutip dari docdoc.com, eksim adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan masalah kulit pada kasus dermatitis. Ada pun jenis-jenis dermatitis dibagi menjadi 7, yaitu:

  1. Dermatitis Atopik. Jenis eksim ini banyak terjadi pada bayi atau anak-anak yang bersifat kronik sehingga dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik pada siku, lutut, leher dan wajah.
  2. Dermatitis Kontak. Jenis kelainan kulit ini terjadi ketika terpapar atau terkena zat tertentu sehingga menyebabkan iritasi.
  3. Dermatitis Seboroik. Sering terjadi pada area kepala dan menibulkan ruam yang menyerupai ketombe disertai dengan peradangan.
  4. Dermatitis Statis. Kelainan kulit ini juga sering disebut dengan dermatitis vena yang banyak terjadi pada kaki bagian bawah.
  5. Dermatitis Nummular. Kelainan kulit jenis ini dikenal juga dengan dermatitis discoid karena bentuknya seperti koin.
  6. Eksim Dishidrotik. Jenis kelainan kulit satu ini dapat menyebabkan lepuh pada bagian jari tangan atau kaki dan telapak tangan atau kaki.
  7. Eksim tangan. Jenis eksim satu ini sesuai dengan namanya, yaitu terjadi hanya pada bagian tangan saja.

Penyebab Eksim

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kulit mengalami eksim, namun para ahli menduga eksim terjadi akibat ketidakmampuan kulit untuk memperbaiki kerusakan karena mutasi gen filaggrin.

Hal tersebut diperkuat oleh temuan para ahli pada orang-orang yang mengalami eksim bahwa mereka hanya mempunyai satu gen filaggrin di kulit.

Padahal pada orang yang tidak menderita eksim, normalnya mempunyai sepasang filaggrin untuk memperkuat perbaikan kulit ketika adanya ancaman khususnya ketika kulit terluka sehingga efektif mencegah bakteri atau kuman.

Meski begitu, apa yang diyakini oleh para ahli tersebut belum sepenuhnya benar, beberapa faktor risiko berikut ini dapat menyebabkan seseorang mengalami eksim:

  • Mempunyai elergi terhadap makanan, cuaca atau benda-benda tertentu.
  • Mempunyai orang tua dengan riwayat eksim, alergi atau asma (faktor genetik).
  • Kulit kering, sering berkeringat dan kebiasaan menggaruk.
  • Penggunaan sabun atau pembersih kulit yang mengandung zat kimia penyebab iritasi.
  • Cuaca kering atau dingin.

Berdasarkan temuan para ahli, kasus eksim banyak dialami oleh mereka yang tinggal di daerah berpolusi tinggi atau iklim dingin. Penyakit kelainan kulit dermatitis atau eksim tidaklah menular.

Baca juga:

Gejala Eksim

Pada kebanyakan kasus, eksim sering mencul pada bagian wajah, kepala, leher, siku, lutut, pergelangan tangan atau kaki hingga pada area vital.

Pada setiap orang akan mengalami gejala eksim yang berbeda-beda. Eksim yang terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa atau lansia mempunyai gejalanya masing-masing.

Namun pada kebanyakan kasus, gejala eksim akan menimbulkan rasa gatal khususnya di malam hari hingga dapat mengakibatkan gangguan tidur dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala eksim pada masing-masing kelompok usia

Menukil dari Hellosehat.com, berikut gejala eksim pada bayi, anak-anak dan orang dewasa:

Eksim pada bayi

  • Muncul ruam secara tiba-tiba.
  • Kulit menjadi kering, bersisik dan terasa gatal.
  • Apa bila ditekan atau digaruk dapat mengeluarkan cairan.
  • Bayi rewel khususnya di malam hari karena mengalami rasa gatal.
  • Timbul infeksi pada bagian kulit yang terluka.

Eksim pada anak-anak

  • Eksim yang ditandai dengan ruam muncul pada leher, tangan, kaki, bokong atau bagian lipatan seperti siku dan lutut.
  • Pada kulit yang ruam akan timbul rasa gatal yang begitu hebat.
  • Pada bagian kulit yang mengalami eksim dapat bergelombang atau muncul tonjolan.
  • Pada area kulit yang mengalami eksim berwarna mencolok, bisa terang atau pun gelap.

Eksim pada orang dewasa

  • Eksim terjadi pada area lipatan seperti siku, lutut atau tengkuk.
  • Eksim terjadi lebih besar pada area yang cukup luas.
  • Eksim bisa terjadi pada area sekitar mata.
  • Eksim menyebabkan kulit sangat kering, bersisik dan rasa gatal yang hebat.
  • Dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang mengalami eksim.

Semakin dewasa seseorang maka semakin kecil kemungkinan mengalami eksim, bahkan risiko mengalami gangguan kulit ini dapat menurun hingga 50% pada orang dewasa yang pernah mengalami eksim di usia bayi atau anak-anak.

Pengobat Eksim

Sejauh ini belum ada obat yang efektif mengatasi penyakit ini. Beberapa obat atau tindakan medis hanya bertujuan untuk mengendalikan dan meredakan gejala eksim.

Karena eksim tidak dapat disembuhkan, bayi atau anak-anak yang mempunyai masalah kulit eksim ini akan terus berlanjut hingga ia tumbuh dewasa (seumur hidup).

Perawatan Eksim

Eksim dapat diatasi dengan penanganan atau perawatan secara mandiri dengan menghindari faktor risiko dan mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah.

Dilansir dari Alodokter.com, berikut perawatan tepat untuk mengatasi mengatasi eksim:

  • Jangan menggaruk. Hindari kebiasaan menggaruk pada kulit yang sedang mengalami eksim karena dapat menyebabkan infeksi. Sebagai solusinya, lakukan kompres menggunakan air hangat atau es batu selama 15 menit sebanyak 2 atau 3 kali sehari.
  • Gunakan pelembab kulit. Jaga kulit agar tidak kering dengan mengoleskan pelembab secara rutin ketika sehabis mandi, sebelum tidur atau ketika kulit terasa kering.
  • Hindari faktor risiko. Penting untuk mengetahui faktor risiko penyebab eksim kambuh, mengenai hal ini dapat dikonsultasikan kepada dokter.

Perlu diwaspadai apa bila gejala eksim sudah sangat mengganggu kesehatan seperti:

  • Mengalami gangguan tidur yang diakibatkan oleh timbulnya rasa gatal di malam hari.
  • Mengganggu penampilan hingga aktivitas sehari-hari.
  • Menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan infeksi pada kulit yang ditandai dengan keluarnya cairan, nanah, koreng atau garis-garis merah pada kulit.
  • Tidak ada hasil dari perawatan atau pengobatan yang dilakukan secara mandiri.
  • Mengalami gangguan pada penglihatan.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit agar dokter dapat memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat untuk kondisi Anda.

Obat Eksim

Dokter mungkin akan memberikan beberapa jenis obat untuk menyembuhkan eksim yang Anda alami, seperti:

  • Kortikosteroid atau tacrolimus.
  • Antihistamin untuk mengatasi rasa gatal.
  • Antibiotik untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Dapatkan obat-obatan tersebut hanya dari resep dokter. Ada pun obat yang akan diberikan bisa dalam bentuk salep atau pun oral.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here